10 manfaat dan khasiat dari jalan kaki

10 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

10 manfaat jalan kaki – Semua orang tentu saja setuju bahwa jalan kaki merupakan salah satu latihan aerobik yang teraman dan paling sederhana yang bisa kita lakukan.

Nah, tahukah Anda bahwa jalan kaki dapat membantu mengontrol berat badan, memperkuat tulang, dan kondisi paru-paru dan jantung? Melakukan jalan kaki secara rutin merupakan program aktivitas fisik yang menyehatkan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan sekitar 20-25 mil setiap minggu nya umurnya akan lebih panjang beberapa tahun jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Nah berikut ini 10 manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Menurunkan berat badan

Berjalan cepat selama 30 menit per hari dapat membakar sekitar 150 kalori per hari. Semakin Anda cepat melangkahkan kaki maka akan semakin banyaklah kalori yang akan terbakar. Anda juga perlu menunjangnya dengan menjalankan pola makan yang sehat.

2. Mencegah diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan jalan kaki selama 30 menit per hari. Dengan melakukan jalan kaki, Anda sudah memicu otot untuk lebih bekerja sehingga kemampuan menyerap glukosa pun meningkat.

3. Mengurangi stres

Mungkin tak terpikirkan oleh Anda sebelumnya bahwa berjalan kaki ternyata dapat membantu mencegah atau mengurangi stres. Jalan kaki dan aktifitas fisik yang lainnya bisa memicu endorfin sehingga mood Anda lebih baik dan dapat mengurangi depresi dan rasa cemas.

4. Mencegah osteoporosis

Dengan berjalan kaki secara rutin, Anda bisa membangun serta mempertahankan kesehatan tulang Anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jalan kaki selama 30 menit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Berjalan kaki bisa juga membuat Anda tidur nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuat kita lebih baik.

6. Menyehatkan paru-paru

Jalan kaki dengan tempo cepat dapat menyehatkan paru-paru. Hal ini karena, udara yang dihirup saat pagi hari merupakan udara yang belum terkontaminasi oleh polusi asap dan bersih.

7. Menurunkan Kolesterol

Ketika tubuh bergerak saat berjalan kaki di pagi hari, maka kolesterol yang baik dapat bekerja sebagai spons penyerap kolesterol yang jahat.

8. Menghindari Jerawat

Berjalan kaki di pagi hari dapat membuat kualitas kulit semakin baik begitu juga dengan masalah jerawat. Hal ini karena jalan kaki di pagi hari dapat membantu kulit untuk bernafas, dengan oksigen bersih dan memiliki efek melembabkan kulit.

9. Melancarkan sirkulasi darah

Jalan kaki akan mempercepat detak jantung dan juga memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan tetap terjaga.

10. Menjaga kebugaran tubuh

Jalan kaki 3 kali per minggu dapat menjadikan kebugaran tubuh kita terjaga. Dan tentu saja dengan tubuh yang senantiasa sehat dan bugar maka kita mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

Nah itu tadi 10 manfaat jalan kaki yang bisa kita dapatkan jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Semoga bermanfaat.