manfaat sehat jalan kaki dengan anak

10 Manfaat Jalan Kaki Bersama Anak

Pernahkah Anda mengajak anak berjalan kaki bersama? Hanya sekedar pergi ke rumah tetangga, ke sekolah, atau belanja ke warung terdekat. Jika ya, ini merupakan hal yang bagus dibiasakan kepada anak Anda.

Ternyata membiasakan anak untuk berolahraga jalan kaki bisa memperoleh ragam manfaat khususnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Lalu, apa saja ragam manfaat dari jalan kaki bersama anak? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Ada sebuah riset yang dilakukan psikolog Pretty dan Barton di tahun 2010 menyatakan bahwa berjalan kaki bisa menjadikan seseorang terjauhi dari rasa jenuh, sedih dan capek berkelanjutan. Oleh karena itu, menyertakan anak berjalan kaki bisa mendatangkan manfaat yang banyak meskipun ia berada di stoller.

Hubungan antara orang tua dengan anak pun jadi lebih erat dan dekat. Ditambah lagi bila Anda menerapkan metode efektif dan bernilai supaya 10 manfaat jalan kaki lebih bermakna.

1. Mengamati alam sekitar

Dimanapun keberadaan Anda, tetap bisa menikmati dan mengamati kondisi alam sekitar. Mata akan bisa dengan leluasa melihat semua kejadian alam yang ada. Suasana akan bervariasi jika sedang berjalan kaki dalam berbagai keadaan.

2. Mengajarkan kosa kata baru

Saat berjalan kaki, Anda bisa mengenalkan benda-benda atau hal baru kepada anak dengan menyebutkan kosa kata dalam bahasa daerah ataupun bahasa Indonesia. Anak pun akan bertambah kecerdasan bahasanya.

3. Mengajarkan ilmu alam yang simpel

Berjalan kaki di alam terbuka bisa digunakan sebagai kesempatan mengajarkan anak tentang ilmu pengetahuan alam, seperti arah mata angin, matahari yang terbit dari timur dan tenggelam di barat, membaca arah peta, arah mata angin, air yang mengalir, dan sebagainya.

4. Bisa belajar matematika

Saat berjalan kaki bersama anak, Anda bisa memberikan pertanyaan mudah mengenai berapa jumlah pohon yang dilalui, berapa pot bunga yang dilalui dan sebagainya. Dengan cara ini, anak akan menyenangi belajar matematika sambil mempraktikkannya.

5. Anak menjadi senang

Ketika berjalan kaki, Anda pun bisa membuat kejutan kecil pada anak. Dengan memberikan hadiah sederhana seperti mainan, makanan sehat, minuman sehat atau lainnya.

6. Menambah daya ingat anak

Dengan berjalan kaki, anak bisa mengamati dan mengingat tempat, orang, denah, berbagai macam pohon, tanaman, rumah, dan toko. Ditambah manfaat jalan kaki memang bisa memperkuat daya ingat.

Sesuatu yang baru ataupun lama akan bisa diingat. Segala perubahan lingkungan pun akan menjadi hal yang menarik. Hari ini belum tentu sama dengan hari esok. Apapun bisa berubah. Dengan itu, anak akan membayangkan dan mengingat hal yang telah lalu dan menegaskan kembali apakah masih sama atau berubah di masa sekarang.

7. Lebih mengenal lingkungan

Berjalan kaki bersama anak di sekitar lingkungan tempat tinggal bisa menjadi cara ampuh agar anak mengenal lingkungan dan orang-orangnya alias tetangga. Sebagai orang tua, Anda bisa mempraktikkan langsung atau mengajarkan kepada anak bagaimana cara menyapa orang, senyum, dan berbicara kepada orang lain dengan baik dan sopan.

Anak akan bisa belajar dari Anda sebagai orang tua yang melakukan interaksi terhadap orang-orang di sekitar. Dari sana anak Anda akan terinspirasi cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Perlu sekali mengajarkan pada anak cara bersosialisasi dan menanamkan nilai sosial.

8. Melatih anak pada hidup sehat dan aktif

Beberapa kali Anda perlu melatih anak berjalan kaki tanpa alas di atas rumput, tanah, pasir, bebatuan, dan aspal. Ini juga bagus untuk kesehatan anak dan membiasakan hidup sederhana dan kerendahan hati tanpa sandal atau sepatu. Karena berjalan dengan selalu memakai sandal juga tidak bagus.

9. Mengasah sensor indra anak

Berjalan kaki di luar ruangan adalah hal yang baik untuk melatih sensitifitas sensor pada indra anak. Pasti ada saja hal yang dirasakan anak selama berjalan kaki, seperti menyentuh tanaman, mencium aroma tertentu dari bunga, suara binatang, memandang benda dari jauh dan lainnya.

10. Bisa berbincang dengan anak

Asyik sekali jika orang tua bisa berbincang santai dengan anaknya sambil berjalan kaki. Jelas saja, sembari tubuh bergerak atau olahraga bisa sambil membahas berbagai hal yang memang ingin dibicarakan. Tapi tidak menutup kemungkinan saat berjalan kaki ada hal baru yang dibahas karena tempat yang dilewati atau kejadian yang ada.

Obrolan pun bisa diawali dengan pertanyaan seperti “kotoran apa ini ya nak?” atau “orang yang disana sedang apa ya nak?”. Pertanyaan semacam ini akan melatih anak berpikir kritis, berusaha melatih untuk menemukan jawaban dan penjelasannya serta menambah ikatan yang erat terhadap orang tua.

Penelitian pun sudah menyatakan bahwa anak di masa kecilnya yang rutin berbincang dengan orang tua akan lebih aman dari risiko depresi ketimbang anak yang jarang berbincang dengan orang tua.

Sebagai orang tua, perlu sekali mengajak anak bicara baik itu serius atau bercanda ringan agar kedekatan dengan anak lebih terjaga.

Dari hal terpenting dari berjalan kaki bersama anak adalah mencegah stres yang bisa saja menimpa. Karena orang yang banyak berada dalam ruangan, kamar, atau rumah bepeluang lebih besar mengalami stres daripada orang yang sering keluar ruangan atau rumah.

Semoga artikel tentang manfaat jalan kaki bersama anak ini bermanfaat untuk Anda dan anak Anda.

Share