10 Manfaat Jalan Kaki Pada Waktu Pagi Hari

10 Manfaat Jalan Kaki Pada Waktu Pagi Hari – Berjalan kaki saat pagi hari adalah bentuk olahraga yang sungguh bikin sehat tubuh, Anda sudah tahu bahwa jenis olahraga ini sangat mudah dikerjakan bagi orang banyak, dari anak kecil, anak remaja sampai orang tua lanjut usia tapi dengan aturan orang tua yang masih bisa berjalan.

10 manfaat jalan kaki ketika pagi hari

Waktu pagi hari tentu sangat bagus karena udara masih original tak tercemar oleh polutan, Lebih enak lagi jika kita bisa jalan kaki di kawasan yang masih terjaga kealamiannya contohnya di wilayah persawahan.

Ini sangat berlawanan dengan kawasan perkotaan yang sangat minim pepohonan dan tumbuhan alias kurang hijau. Saya dan Anda pasti mendambakan kesejukan yang ada di daerah pedesaan yang hijau sejuk dan damai.

Sangat menakjubkan kalau manfaat jalan kaki, apalagi saat pagi hari dapat memperlancar masuknya udara ke dalam tubuh kita yang selanjutnya berguna menyehatkan paru-paru.

Disamping itu pula, gerakan olahraga jalan kaki bisa membuat seseorang berkurang berat badannya, kalori dapat lebih gampang dibakar dan meningkatkan kualitas metabolisme tubuh.

Tak sekedar itu saja apa yang bisa kita peroleh dari jalan kaki, tapi kita bisa juga mendapatkan manfaat lain yaitu bisa mengurangi kadar glukosa yang ada dalam tubuh, memperbaiki aliran darah, otak jadi lebih berfungsi baik karena adanya suplai oksigen ke otak. Bisa kita bilang bahwa ada banyak manfaat dari jalan kaki ketika pagi hari.

Sebagian orang berkata bahwa jalan kaki adalah olahraga termurah disebabkan kemudahan yang sangat tinggi untuk dilakukan siapapun. Jika dibandingkan pada sore hari, jalan kaki pagi sangat berlimpah manfaatnya, karena suasana yang sejuk, semangat dan segar.

Berbeda kalau sore hari yang mungkin kurang enak jika dikerjakan apalagi udara sore sudah tidak sebagus pagi hari. Sore hari sudah sangat banyak orang lalu lalang berkendaraan dan ini cukup membuat kita yang ingin berjalan kaki jadi terganggu. Sangat baik jika jalan kaki dilakukan pagi hari.

10 Manfaat Jalan Kaki Pada Waktu Pagi Hari

Oke, lebih baik kita mulai fokus untuk mengetahui bersama apa saja 10 manfaat jalan kaki pada waktu pagi hari:

1. Semakin bagus peredaran darah pada tubuh Anda
Kegiatan berjalan pagi hari dapat menambah detak jantung Anda yang berguna dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh agar lebih lancar dan baik.

Gerakan olah tubuh ini pun berguna sekali dalam peningkatan peredaran darah yang bisa mengontrol tensi darah dan kadar kolesterol dalam waktu lama.

Salah satu yang terbaik untuk aktivitas kardiovaskuler adalah berjalan kaki pada pagi hari karena baik untuk jantung agar sehat, dimana pada saat berjalan kaki tubuh akan lebih bagus dalam level sirkulasinya selain itu pula kondisi hati lebih bagus kesehatannya.

Bila kita rutin berjalan kaki pagi hari maka kestabilan tekanan darah akan selalu baik dalam waktu seharian.

2. Kondisi otot jadi kuat dan tenaga makin oke
Seseorang yang berjalan kaki di pagi hari akan merasakan kemampuan dan ketahanan otot yang meningkat dan bertambahnya potensi sokongan oksigen darah yang berdampak pada membaiknya stamina atau tenaga secara total.

Aktivitas jalan kaki yang rutin di pagi hari tidak akan membuat khawatir timbulnya capek saat siang hari, karena telah terpenuhi waktu pagi hari.

3. Tingkat gula darah dapat terkendali
Bagi penderita diabetes dan penyakit atau masalah pada insulin, jangan khawatir karena ada solusinya yaitu berjalan kaki pagi. Gula darah akan dapat terkontrol sepanjang hari tersebut.

Untuk itu perlu sekali untuk menggiatkan jalan kaki pagi agar menjadi salah satu pendukung dalam kesembuhan.

4. Kesehatan pada kulit akan lebih baik
Penyakit pada wajah yang sering adalah jerawat, itu disebabkan salah satunya karena polusi udara seperti asap kendaraan, debu dan lain-lain.

Kulit yang sehat dan lembab adalah kondisi yang diimpikan, agar bisa memperolehnya berjalan pagi hari adalah jawabannya karena kulit bisa bernafas di dalam oksigen murni terhindar dari polusi udara.

Berbagai manfaat khasiat jalan kaki pagi menjadikan kulit Anda lebih baik dan sehat.

5. Tidur akan lebih baik kualitasnya
Tahukah Anda kalau orang yang gemar berjalan kaki saat pagi hari sangat mudah mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman di malam hari?

Ya, jika Anda ingin tidur yang lebih baik, maka berjalan kaki lah pada pagi hari. Inilah bukti bila berjalan kaki saat pagi hari dapat mendukung Anda dalam proses tidur pada malam hari.

Apakah Anda sekarang ingin mencobanya? Penasaran?

6. Tubuh akan mempunyai metabolism yang baik
Ketika seseorang tertidur, maka proses metabolisme tubuh akan melambat total. Langkah awal untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang paling bagus adalah jalan kaki pagi.

Sudah ada bukti fakta bahwa orang yang rutin dan biasa berjalan kaki pagi hari memiliki level metabolisme yang tinggi. Berbeda dengan orang yang jarang atau enggan berjalan kaki di pagi hari.

7. Level dalam konsentrasi dan kewaspadaan menjadi lebih baik
Otak yang kuat dapat diperoleh dengan berjalan kaki saat pagi hari, efek manfaatnya adalah diri kita akan meningkat kewaspadaan dan mudah dalam konsentrasi.

Sensasi setelah jalan kaki, kita akan merasa lebih semangat, aktif bergerak, tubuh terasa bugar dan tingkat kewaspadaan pun membaik selama sehari penuh.

Dalam berbagai riset pun menyatakan bahwa orang yang jalan kaki waktu pagi hari lebih condong mempunyai kondisi otak yang bagus dan tajam serta mampu memutuskan sesuatu hal lebih baik. Anda mau? Ayo berjalan kaki pagi hari.

8. Mental akan lebih sehat
Mental sehat itu juga penting disamping fisik yang sehat. Itu bisa diraih dengan aktivitas jalan kaki pagi hari yang mampu memunculkan tenaga baik dan positif serta menghilangkan rasa cemas dan depresi pada seseorang.

Kondisi tubuh dan jiwa yang sejuk, segar dan mood yang baik pun dapat kita rasakan sepanjang waktu. Pada saat seseorang berjalan waktu pagi hari, pada otak akan mencetuskan hormon endorphin dan serotonin yang terkenal mujarab dalam menambah perasaan hati menjadi lebih senang dan ceria serta menyingkirkan stress.

9. Sarana untuk proses terserapnya vitamin D ke dalam tubuh
Kegiatan mandi dan berada di luar ruangan untuk berjemur di saat sinar matahari pagi muncul sangat baik dalam proses masuknya vitamin D.

Selain itu, tulang akan terhindar dari kemerosotan zat kalsium sehingga mencegah dari penyakit tulang yaitu osteoporosis.

10. Antisipasi terhadap penyakit stroke
Apabila Anda sering melihat di pedesaan para orang tua berjalan-jalan kaki di pagi hari dan kondisinya sehat, maka itu salah satunya disebabkan karena rutin melakukan kegiatan pagi dengan jalan kaki.

Tujuannya pun bermacam-macam, ada yang ke kebun, sawah, berbelanja ke pasar dan lainnya. Uniknya, disana jarang sekali atau bahkan tak ada yang mengidap stroke. Hmm luar biasa kan?

Demikianlah ulasan dan informasi tentang 10 Manfaat Jalan Kaki Pada Waktu Pagi Hari, semoga bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Mari tingkatkan gerakan olahraga jalan kaki pagi hari.

Mungkin Anda juga menyukai