10 Manfaat Jalan Kaki

Ada fakta menarik bahwa berjalan kaki bisa memperpanjang hidup sampai 2 menit. Kaitan yang sangat menakjubkan. Disamping itu, sudah banyak kajian menyatakan bahwa orang yang rutin berjalan kaki berdampak baik pada kesehatan misalnya usia lebih panjang, penurunan berat badan, normalnya tekanan darah, dan merasakan keadaan tubuh yang lebih sehat dibanding orang yang tidak rutin berjalan kaki. Ada begitu banyak manfaat jalan kaki yang sebetulnya bisa didapatkan dengan mudah. Berdasarkan situs health.yahoo.net, ada 10 manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh:

10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Meraih Kesehatan Fisik dan Mental

10 manfaat jalan kaki untuk kesehatan

Manfaat jalan kaki bisa memperpanjang hidup
Berjalan kaki diatas 1 jam setiap hari menambah peluang dan harapan hidup, berdasarkan satu kajian di 2011. Para periset melakukan pengamatan terhadap 27.738 partisipan yang berusia antara 40 sampai 79 tahun selama 13 tahun. Menariknya, ongkos kesehatan mereka tidak naik walaupun hidup lebih panjang. Pelonjakan peluang hidup dengan berjalan kaki menuntun pada perubahan mencolok terhadap kesehatan dan ongkos kesehatan, itulah yang ditulis oleh para penulis riset.

Manfaat jalan kaki bisa menangkal diabetes
Perlu waktu 30 menit saja berjalan kaki bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2, sebuah riset 2002 melakukan pemantauan 2 grup pria dan wanita yang mempunyai berat badan tinggi dan berat badan ideal/normal pada satu populasi yang rawan akan penyakit tersebut. Bagi penderita diabetes, jalan kaki sangat menolong dalam penyembuhan. Kegiatan berjalan kaki sampai 1 kilometer atau lebih mampu memangkas risiko kematian sampai 50 persen menurut kajian 2007. Melihat hal ini, tentunya kita tak perlu ribet mencari obat mahal untuk panjang umur, cukup berjalan kaki saja.

Manfaat jalan kaki mempertajam pikiran
Berdasarkan temuan di riset yang meneliti 299 orang usia lanjut selama 9 tahun, ditemukan bahwa berjalan kaki dengan jarak antara 9 sampai 14 kilometer seminggu bisa menangkal risiko menurunnya ingatan, konsentrasi dan daya pikir. Tak hanya itu, berjalan kaki sepanjang 8 kilometer tiap minggu bisa melindungi ingatan dan wawasan otak bagi penderita alzheimer atau masalah kognitif kecil dan mengurangi risiko hilang ingatan.

Manfaat jalan kaki dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi penderita tekanan darah tinggi ada jalan mudah untuk mengatasinya yaitu dengan berjalan kaki selalu selama setengah jam per harinya, sebanyak 3 atau 5 kali setiap minggu. Anda bisa membuktikannya.

Manfaat jalan kaki baik untuk tulang agar sehat
Aktivitas rutin berjalan kaki sangat baik untuk menambah kepadatan tulang setelah menopause wanita, mencegah tulang keropos, dan juga meredakan nyeri osteoarthritis.

Manfaat jalan kaki bisa menekan risiko stroke
Sesuai dengan adanya riset yang meneliti sebelas ribu lulusan Universitas Harvard yang berusia rata-rata 58 tahun, berjalan kaki sejauh 20 kilometer tiap minggu atau selebihnya bisa menurunkan bahaya terjadinya penyakit stroke sebanyak 50 persen. Hal ini sangat berharga dikarenakan stroke merupakan penyakit menakutkan dan tidak bisa dianggap sepele. Untuk itulah berjalan kaki sangat membantu dalam pencegahannya.

Manfaat jalan kaki bisa memperbaiki mood
Bila Anda sedang merasakan mood yang jelek. Maka solusi mudahnya adalah berjalan kaki 30 menit saja, maka hati akan terasa membaik dan ketegangan serta depresi pada pikiran pun akan hilang dengan sendirinya. Pernyataan ini berdasarkan riset yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

Manfaat jalan kaki sangat bagus untuk membakar kalori
Banyaknya kalori dalam tubuh haruslah dibakar. Cara efektif untuk membakarnya adalah dengan berjalan kaki 20 menit per hari. Bagi orang yang melakukannya bisa mendapatkan bobot tubuh yang turun sekitar 7,5 kilogram dalam waktu 1 tahun.

Manfaat jalan kaki menghilangkan insomnia
Bagi orang yang sedang bermasalah pada tidur, bisa mencoba berjalan kaki cepat sekitar 45 menit pada pagi hari, selama 5 hari dalam waktu seminggu. Hal ini diyakini bisa mengatasi problem insomnia, berdasarkan riset Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, yang meneliti wanita dari umur 50 sampai 74 tahun.

Manfaat jalan kaki baik untuk menyehatkan jantung Anda
Berdasarkan analisis kepada 72.000 lebih wanita berumur 40 sampai 65 tahun, dikatakan bahwa wanita yang berjalan kaki cepat dalam waktu 3 jam atau lebih dalam seminggu sudah menurunkan bahaya penyakit jantung sekitar 30 sampai 40 %. Sedangkan di satu kajian lainnya memperlihatkan bahwa berjalan kaki bisa mengurangi bahaya jantung koroner pada laki-laki sampai 50 persen di umur berkisar 71 sampai 93 tahun.

Anda sudah menyimak 10 manfaat jalan kaki diatas dan sudah mengetahui secara jelas bahwa jalan kaki sangat penting dan membantu dalam memperbaiki kesehatan tubuh. Olahraga jalan kaki sudah tentu banyak dinilai istimewa baik penerapannya yang mudah dan sederhana serta tak perlu banyak biaya. Semoga Anda sekarang ini juga bisa membiasakan aktivitas jalan kaki sebagai gaya hidup sehat.

Jika Anda terus membaca berulang-ulang 10 manfaat jalan kaki ini, maka cepat atau lambat Anda akan bersemangat dalam melakukannya karena dibalik jalan kaki ada manfaat yang berlimpah dan bernilai buat kesehatan tubuh. Ingin cara mudah dan murah meraih kesehatan, berjalan kaki saja.

Mungkin Anda juga menyukai