manfaat jalan kaki ke kantor atau tempat kerja

5 Manfaat Jalan Kaki ke Kantor. Terbukti!

Bagi setiap orang kesehatan merupakan hal yang utama. Sebab sehat merupakan nikmat paling mahal yang dimiliki oleh setiap manusia. Ada banyak cara untuk merawat kesehatan tubuh, mulai dari yang ringan hingga yang paling berat.

Buat Anda yang memiliki jam kerja super sibuk, tentu seringkali tidak memiliki kesempatan untuk berolahraga. Oleh karenanya, Anda bisa mengganti kegiatan olahraga dengan berjalan kaki. Terdengar sepele memang, tetapi percayalah bahwa Anda akan segera merasakan manfaat jalan kaki ke kantor segera setelah Anda mempraktekkannya.

Kegiatan jalan kaki merupakan jenis olahraga ringan dan paling praktis yang sudah barang tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Sesibuk apapun jam kerja yang Anda miliki, dirasa atau tidak, Anda selalu memiliki kesempatan untuk berjalan kaki.

Jika selama ini Anda disibukkan dengan tumpukan kerjaan yang tak ada habisnya hingga sulit meluangkan waktu untuk berolahraga, cobalah memulai rutinitas berbeda dengan berjalan kaki ke kantor. Berusahalah bangun tidur lebih awal dan berangkat sepagi mungkin saat udara masih bersih dari polusi.

Berikut 5 Manfaat Berjalan Kaki ke Kantor

Membakar Lemak Dalam Tubuh

Kegiatan jalan kaki merupakan olahraga yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Mereka pikir bahkan berjalan kaki tak memiliki manfaat apapun. Namun percayalah bahwa aktifitas jalan kaki bisa membantu metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Jika Anda rutin melakukan aktifitas jalan kaki setiap hari, maka bisa dipastikan tidak akan ada lagi timbunan lemak berlebih.

Membantu Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Mungkin hanya sedikit saja yang mengetahui bahwa metabolisme tubuh memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas tekanan darah dalam tubuh. Dampak positif bakal terasa saat metabolisme tubuh lancar akibat adanya aktifitas fisik yang rutin dilakukan, dampaknya dapat terasa pada tekanan darah.

Bila Anda termasuk orang yang beresiko tinggi mengidap hipertensi, maka berjalan kaki adalah pilihan terbaik untuk menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh Anda. Hal itu disebabkan karena aktifitas olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan dan tidak membuat jantung bekerja ekstra.

Meningkatkan Produktifitas Kerja

Selain manfaat secara fisik, ada juga manfaat jalan kaki ke kantor untuk menambah produktifitas Anda. Jika Anda berjalan kaki dari rumah ke kantor di pagi hari, saat dimana udara sekitar masih segar dan bersih, hal tersebut akan memicu asupan oksigen ke dalam otak menjadi lebih lancar.

Oleh karenanya Anda bisa menghindari resiko stress akibat kerjaan yang menumpuk sekaligus Anda juga bisa berkreasi dengan maksimal. Pada akhirnya kerjaan akan terasa lebih ringan saat Anda tidak stress, dan Anda tidak perlu lembur lagi untuk menuntaskannya.

Membantu Memaksimalkan Produksi Vitamin D

Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ialah Vitamin D, yang dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi. Namun untuk memaksimalkan manfaat dari vitamin D, tubuh harus terlebih dahulu memprosesnya melalui metabolisme. Oleh karena itu, Anda bisa memaksimalkan proses metabolisme tersebut dengan berjemur saat pagi hari.

Hal tersebut tentu tidak dapat Anda lakukan jika Anda harus segera berangkat ke kantor. Maka dari itu, Anda dapat mendapatkan paparan sinar matahari pagi dengan berjalan kaki saat hendak pergi ke kantor.

Mengenal Suasana Sekitar dan Jalan Alternatif

Manfaat jalan kaki ke kantor tak hanya bisa Anda dapatkan untuk kesehatan. Dengan berjalan kaki ke kantor, Anda bakal lebih mengenal jalan sekitar dan rute-rute alternatif di sekitar lingkungan Anda. Bila belakangan ini Anda hanya mengikuti satu rute saja saat pergi dan pulang kerja, maka sekarang cobalah menelusuri jalan dan rute lain untuk menemukan hal baru.

Dengan begitu Anda bakal lebih mengenal jalanan yang biasa Anda lewati. Anda juga bisa mengetahui jalan mana yang bisa dijadikan alternatif saat macet. Tidak berhenti sampai di situ, dengan berjalan kaki Anda juga berkesempatan mendapatkan kawan baru saat berpapasan dengan orang lain di jalanan.

Itu dia beberapa manfaat berjalan kaki ke kantor yang bisa Anda dapatkan jika Anda ubah kebiasaan lama berkendara ke tempat kerja. Sebab dengan Anda berjalan kaki, Anda telah membantu mengurangi kemacetan di jalan yang disebabkan oleh volume kendaraan yang semakin hari semakin meningkat. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, juga bermanfaat untuk orang lain.

Teruslah jaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site