manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh

50 Manfaat Jalan Kaki Terbaik Bagi Kesehatan

Pada kali ini saya akan menyampaikan 50 manfaat jalan kaki terbaik untuk Anda. Semoga Anda makin semangat berjalan kaki.

Ini adalah berita bagus buat Anda yang benci bekerja keras. Padahal Anda telah melakukannya kerap kali Anda berjalan kesana kemari, meskipun di rumah. Sebagian besar menyangka kegiatan aerobik ini bukanlah latihan atau olahraga. Sebabnya adalah lebih dari tujuh miliar manusia di bumi ini terus melakukannya setiap waktu dan itu mudah bagi mereka.

Jen Reviews telah menerbitkan artikel bermanfaat berikut ini.

Ternyata, berjalan kaki setiap hari mampu memberikan manfaat lebih bagi kesehatan dibanding jenis latihan olahraga ringan sporadis. Hal ini bukan sekedar merubah Anda merasa baik, tapi juga dapat membuat Anda tampak bagus. Secara umum, olahraga yang mudah dan lembut sudah mencukupi. Melakukan jalan kaki cepat yang sederhana secara harian dapat memperbaiki kesehatan tubuh Anda.

Oke, untuk lebih rinci mengenai manfaat apa saja yang terkandung dalam latihan berjalan kaki, berikut ini penjelasannya.

1. Jalan kaki mampu mengurangi lebar pinggang Anda

Bagi orang yang memiliki pinggang kurang ideal, dapat menempuh cara ini. Berjalan cepat setiap hari bisa menjadi cara menghilangkan timbunan lemak di pinggang. Aturlah rencana berjalan Anda dengan tetap, Anda akan mempunyai pinggang dan perut yang ideal.

Selalu ingat cara berjalan Anda harus benar. Jaga kepala dengan memandang lurus ke depan, bukan menunduk ke bawah tanah.

Kondisikan punggung, leher dan bahu tetap santai. Tidak boleh berjalan dalam kondisi kaku karena membuat Anda sakit dan lelah.

Posisi siku saat mengayunkan lengan adalah sedikit bengkok. Gerakan lengan Anda seperti biasa. Untuk otot perut bisa Anda buat kencang sedikit. Bernafaslah sedalam mungkin ketika Anda berjalan kaki dan nikmatilah dengan baik.

2. Jalan Kaki Setiap Hari Membuat Jantung Sehat

Faktanya berjalan kaki rutin setiap hari dapat mengurangi risiko gangguan jantung.

Sebuah kajian yang dilakukan kepada 229 wanita paskamenopause mempunyai 1 grup berjalan sejauh 1 mil per hari dan grup lainnya melakukan kebiasaannya setiap hari. Berselang sepuluh tahun kemudian, riset itu menghasilkan kesimpulan bahwa grup yang berjalan kaki rutin teratur mempunyai 82% lebih kecil terkena penyakit jantung.

Ada sejumlah orang yang memakai alat elektronik yang bertujuan untuk menghitung berapa banyak langkah kaki. Lakukan jalan kaki sebanyak sepuluh ribu langkah rutin harian dapat berdampak baik untuk jantung Anda.

Sebaiknya gunakan tangga ketimbang lift. Ini membuat tubuh Anda lebih bergerak. Karena jalan kaki adalah kegiatan yang bisa menyehatkan jantung.

3. Meredakan Sakit Artritis

Langkah terbaik dan mudah untuk pengobatan sakit artritis secara natural adalah berjalan kaki mulai dari 30 hingga 60 menit per hari. Berjalan kaki bisa menekan terjadinya ketegangan dan pembengkakan di bagian persendian.

Saat Anda melakukan, berjalan kaki di kecepatan paling lambat, dan berangsur naik lebih cepat dan makin lama. Diri Anda berubah menjadi luar biasa.

4. Mendongkrak Perilaku Mental Anda

Berjalan kaki sangat ampuh dalam meningkatkan perilaku mental pada diri seseorang. Hanya beberapa waktu untuk menjernihkan kepala Anda, lewat udara segar yang Anda hirup dan terhubung dengan lingkungan sekitar.

5. Bisa Mengurangi Kelebihan Berat Badan Anda

Diantara manfaat terbaik dari berjalan kaki setiap hari adalah Anda bisa mengurangi berat badan yang berlebihan tahap demi tahap.

Bila Anda berjalan kaki dengan pola yang baik dan setidaknya selama 30 hingga 45 menit per hari, Anda akan melihat baju Anda sedikit kendur. Tingkatkan selalu itu dan Anda bisa saja perlu beli lemari terbaru.

6. Mengatur Tekanan Darah Tinggi Dengan Baik

Telah diinfromasikan bahwa berjalan kaki rutin harian bisa mengurangi tekanan darah secara natural. Kebanyakan orang berkata sulit meluangkan waktu 30 hingga 45 menit untuk berjalan kaki tiap hari.

Tenang, ada berita bagus. Kajian baru menyimpulkan bahwa sejumlah jalan cepat 10 menit bisa membantu Anda ketika berjalan kembali.

Sebagai contoh, jalan kaki pagi hari 10 menit. Jalan kaki 10 menit ketika makan siang dan selanjutnya berjalan kaki seusai bekerja.

7. Dapat Membantu Mengatur Diabetes Tipe 2

Terungkap bahwa olahraga persis sama pentingnya dengan diet untuk mengontrol diabetes tipe 2

Namun, berjalan kaki merupakan latihan terbaik bagi Anda. Gampang, tak terikat dan berdampak rendah. Anda pasti tertarik untuk melakukannya.

Tentunya Anda bisa meraih tak hanya satu manfaat dari berjalan kaki dalam mengelola diabetes Anda. Ini Membuat Anda menjadi segar dan sehat.

Jika saat cuaca mendukung, berjalan kaki lah keluar. Jika sebaliknya, berjalan di mall menjadi pilihan.

8. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan Anda

Jika Anda selalu bergerak itu bisa membuat koordinasi dan keseimbangan menjadi baik. Anda harus memanfaatkan otot Anda supaya tetap bekerja. Berjalan kaki termasuk metode yang baik dalam memelihara otot tetap bekerja, khususnya pada kaki dan lengan Anda.

9. Dapat Menjadikan Tulang Anda Kuat

Osteoblas merupakan sel-sel pada tulang Anda yang berfungsi membentuk tulang baru. Sel tersebut merespon dengan baik saat ada tekanan. Itu berarti jika Anda tidak berjalan dan Anda memulainya, tulang Anda akan mendapatkan kekuatan dipicu oleh tekanan.

Berkaitan dengan itu, berjalan merupakan langkah terbaik. Bila Anda telah berjalan kaki, Anda harus menambahkan sesuatu pada jalan kaki Anda. Sepertinya beberapa menit akan bisa menjalankannya.

10. Menyusutkan Bentuk Bokong Anda

Pastinya berlatih apa saja yang memakai otot belakang Anda bisa membuat kencang. Selain itu bisa membentuknya dengan lebih baik. Hasilnya Anda bisa saja membutuhkan celana baru.

11. Dapat Memangkas Lemak Tubuh

Tahukah Anda, bahwa berjalan kaki bisa mengurangi total lemak tubuh. Tidak sedikit orang yang tak acuh pada lemak tubuh dan lebih peduli pada berat badan. Ini artinya lemak tubuh wajib jadi perhatian. Agar lemak tubuh berkurang, Anda disarankan berjalan kaki setiap hari. Selain itu juga bisa menambah otot Anda.

12. Perpanjang Masa Hidup Anda

Kajian menyimpulkan bahwa berjalan rutin setiap hari akan memperlama hidup Anda dan menjadikan Anda lebih baik. Banyak sekali manfaat berjalan kaki sampai tak mampu membantu disamping memperlama masa hidup Anda dan membuat lebih baik. Anda dapat beraktivitas secara fleksibel dalam waktu panjang.

13. Menurunkan Stres

Sebagian besar orang sibuk bisa terkena stres mental. Itu karena tekanan dan masalah begitu besar di hadapan mata mereka. Sampai-sampai Anda diharuskan berpacu pada satu hal ke hal lainnya seharian. Seakan waktu belum cukup. Ada riset memperlihatkan bahwa berjalan cepat antara 20 sampai 30 menit per hari bisa menurunkan gangguan stres. Disebutkan juga itu mempunyai dampak yang setara dengan obat penenang ringan. Pilih mana?

14. Baik Untuk Kesehatan Otak

Cara untuk menjaga ingatan dan daya pikiran tetap cemerlang adalah berolahraga. Telah dilakukan kajian di Universitas British Columbia, yang mendapatkan bahwa olahraga aerobik terjadwal mampu menambah ukuran hippocampus.

Hippocampus adalah bagian otak paling sering digunakan dalam mengingat pelajaran dan verbal. Jalan kaki cepat sekitar 45 menit sudah disebut latihan aerobik.

Manfaatnya tidak jauh beda dengan olahraga memakai peralatan. Disamping itu, ini termasuk metode yang baik untuk mencegah demensia (pikun).

Bagian otak yang mengontrol ingatan dan ide lebih banyak terhadap orang yang suka berolahraga ketimbang orang yang sebaliknya.

Apabila Anda tidak berolahraga, mengawali latihan berjalan normal bisa menolong menambah ukuran otak Anda, masih ada kesempatan untuk segera memulainya sekarang.

15. Tergolong dalam Latihan Mudah dan Ringan

Permulaan yang baik untuk Anda yang belum aktif adalah berjalan kaki. Ini adalah jenis latihan yang berefek rendah. Ini bukan gerakan yang menghentak keras atau benturan yang terjadi pada tubuh. Lakukan secara pelan dan bangun kecepatan berjalan Anda. Gerakan ini sama kualitasnya dengan kelas aerobik.

16. Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan hanya dengan berjalan setiap hari. Kajian terbaru memperlihatkan bahwa bila Anda memiliki pola olahraga yang baik maka bisa meminimalisir frekuensi pilek tiap tahun. Dokter pun menyatakan bahwa dengan olahraga teratur bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui penguatan sel-sel yang membasmi bakteri penyakit dalam tubuh Anda. Agar memperolehnya, Anda disarankan berjalan kaki tiap hari.

17. Mengurangi Terjadinya Jatuh pada Orang Tua

Berjalan rutin secara harian meningkatkan diri dalam bergerak baik dan lancar. Terlebih bagi orang usia lanjut yang bertujuan mencegah terjatuhnya badan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan lebih jauh. Penurunan terhadap gerak tubuh pasti berkurang saat usia lanjut. Jadi, tubuh yang aktif bergerak sangatlah utama dalam memelihara keseimbangan dan pergerakan.

Kurangnya gerakan dan aktivitas sering dialami oleh orang tua dan itu menjadi timbulnya atrofi. Akhirnya saat orang usia lanjut berusaha berjalan dan bergerak sedikit, maka akan hampir jatuh tidak stabil. Fatalnya bisa berujung patahnya tulang dan memunculkan problem baru yang makin parah.

18. Menyediakan Waktu Lebih Untuk Berpikir

Berjalanlah keluar ruangan dan itu bisa memberi Anda peluang dalam berpikir lebih dari biasanya. Tak perlu mengaktifkan smartphone, hindari kesibukan menonton televisi, komputer, gadget dan lainnya. Anda akan lebih banyak waktu untuk merencanakan kegiatan hari ini, jawaban atas berbagai masalah dan lainnya.

Biasanya orang berjalan cuma sekedar membuang beban yang ada sehingga proses pikiran pun jadi mudah dan menjadi santai. Ketika Anda berjalan, ketenangan pikiran akan muncul, pada akhirnya pemecahan masalah pun lebih banyak terbuka.

19. Berkesempatan Melakukan Tafakur

Bila Anda berniat ingin tafakur atau merenungkan sesuatu, maka berjalan adalah kesempatan baik bagi Anda untuk beraksi. Mungkin ada hal-hal yang harus Anda renungkan dalam hidup sehingga membuat Anda lebih baik dari sebelumnya.

20. Memperbaiki Tubuh Anda Untuk Berjalan

Manusia dibentuk memang untuk berjalan. Ini nyaris sebuah kewajiban. Jika tidak, tubuh nyaris mati. Aktivitas dan pergerakan dibentuk pada tubuh manusia. Persendian di tubuh membuat kita mampu bergerak ke banyak arah. Selain itu, ada otot yang menopangnya. Bila tidak memanfaatkan bagian itu akan berdampak mereka gagal dan mogok dalam kerjasama.

21. Menambah Tingkat Kreativitas Anda

Tanpa disadari, dengan berjalan kaki rutin setiap hari, daya kreativitas Anda menjadi meningkat. Tak sekedar gerakan tubuh, namun juga otak dapat terbangun dengan baik. Ada pun tentang pernyataan, Anda wajib tidur diatasnya sebelum membuat keputusan, sepertinya tidak disarankan untuk dilakukan.

Tetapi, berjalan kaki mampu membuahkan hasil lebih bagus. Saat Anda berjalan, maka pikiran mata hati menjadi lebih terbuka untuk bisa menghasilkan berbagai ide dan gagasan. Maka dari itu muncullah ide kreatif.

Jalan kaki dan beragam latihan mudah lainnya dapat memicu hubungan plastisitas dan saraf yang ada pada hippocampus di otak.

Beberapa penulis sudah menemukan bahwa ada kaitan intuitif antara berjalan, berpikir dan menulis. Saat berjalan tidak perlu banyak pikiran, perhatian tak terikat pada beberapa hal tetapi lebih dari itu dan Anda bisa berpikir lebih nyaman. Inilah suasana jiwa yang bersinggunan dengan ide dan pengetahuan inovatif manusia.

22. Membuat Visi Hidup Lebih Baik

Manfaat unik dari jalan kaki yang dilakukan setiap hari sekitar 30 sampai 40 menit bisa meluncurkan zat kimia endorfin yang membantu Anda merasakan mood yang baik. Tanda yang dikirim ke otak membuat perasaan Anda lebih baik beriringan dengan neurotransmitter lainnya.

Bila Anda sudah merasa baik, maka visi hidup pun sama.

Oleh karena itu, jika Anda rutin berjalan kaki per hari dapat menurunkan tingkat kortisol dalam tubuh. Anda tahu itu apa? Kortisol merupakan hormon yang membuat Anda stres dan memiliki mood jelek. Berolahraga yang normal bisa membuat Anda baik dalam merasakan hidup. Diri Anda pun selalu menjadi lebih positif.

23. Memperindah dan Memperkuat Kaki Anda

Cukup dengan berjalan kaki setiap hari, kaki Anda bisa berubah lebih baik, kuat dan sehat. Orang yang rutin berjalan dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan gangguan pada kaki Anda.

Semakin tua usia seseorang, maka otot pun menjadi berkurang. Sebagai solusi mudah, berjalan kaki bisa meningkatkan kembali otot tubuh Anda. Sejumlah ayunan lengan saat berjalan dapat memperbaiki kesehatan lengan Anda.

24. Terciptanya Rutinitas Mandi Secara Teratur

Jika Anda disiplin dalam berjalan kaki secara teratur setiap hari, Anda akan mendapatkan sisi lain dari hidup Anda lebih teratur, seperti kegiatan di kamar mandi.

Efek baik dari berjalan kaki adalah buang air besar menjadi teratur. Maksudnya adalah buang air besar lebih lancar karena proses pencernaan normal. Anda pun tak khawatir dengan sampah berada dalam perut untuk waktu lama. Karena berjalan kaki merupakan solusi untuk mempercepat itu.

Pola hidup yang kacau biasanya berdampak pada pencernaan yang kacau dan lambat pula. Bila itu terjadi, kotoran pun akan mengeras dan susah keluar, akhirnya menyebabkan sembelit.

Saatnya berjalan kaki rutin dan tak perlu ada obat sembelit. Aliran darah lebih lancar menuju otot Anda, dengan olahraga ringan berjalan kaki bisa memperlancar buang air besar Anda.

25. Berjalan Menanjak Dapat Menguatkan Pantat

Sebagian orang tertarik dengan ukuran paha dan pantat. Justru mereka tidak suka dengan paha dan pantat yang kendor. Berbagai produk untuk itu tampak menarik untuk dibeli dan dikonsumsi.

Namun dengan berjalan kaki secara rutin diselingi berjalan di tanjakan, dapat mengencangkan paha dan pantat.

26. Tingkatkan Daya Memori Anda

Punya jadwal rutin berjalan setiap hari merupakan jenis latihan olahraga yang dapat menambah ukuran otak Anda. Ini juga meningkatkan hippocampus, yang termasuk wilayah untuk mengingat.

Anda tak harus berolahraga keras. Berjalan cepat harian antara 30 hingga 40 menit sudah sesuai kebutuhan Anda.

Wajar jika semakin tua usia semakin berkurang daya ingatan. Ditambah pada zaman informasi berarti banyak yang mesti dipikirkan atau kesibukan semakin menjadi-jadi. Banyak hal yang harus diingat. Sebagai upaya menghilangkan sampah di otak Anda dan menambah kekuatan mengingat maka keluarlah dari ruangan rumah Anda dan mulailah aktif berjalan kaki setiap hari.

Bangunlah otak Anda dengan berjalan cepat dari tidur yang lelap. Sesaat sesudahnya Anda mampu mengingat peristiwa lebih dari biasanya dan kembali gampang mengingat sesuatu.

27. Olahraga Memperbaiki Paru-Paru

Saat berjalan cepat, maka akan bertambah pula kerja paru-paru. Otot pernafasan pun terpacu oleh saraf simpatik menjadikan pernafasan lebih cepat.

Zat seperti asam laktat, karbon dioksida dan hidrogen merangsang sistem saraf pernafasan daerah batang otak. Ini juga dapat merangsang otot pernafasan. Selanjutnya akan menaikkan tekanan darah dimana akan terbukanya saluran darah menuju kantung udara dalam kadar besar di organ paru-paru.

Segala proses ini membuat darah mengandung oksigen lebih banyak. Intinya, jika paru-paru memperoleh oksigen yang besar, maka bagian tubuh lainnya juga mendapatkannya.

28. Tubuh Anda Lebih Luwes dan Lentur

Tubuh yang gesit dan seimbang bisa diraih dengan berjalan kaki. Kemampuan tubuh untuk mengontrol dan bergerak lebih baik. Keistimewaannya pun bisa memelihara kecerdasan tubuh sejalan dengan usia yang tua.

Dikahawatirkan jika ketangkasan tubuh musnah, maka risiko tubuh lemah dan mudah gugur akan lebih besar. Ada cara mudah untuk melatih ketangkasan tubuh Anda, yakni bawalah benda seberat 5 pound pada tangan kanan dan kiri Anda (total 10 pound).

Hal itu membuat bagian tangan seperti jari, lengan dan pergelangan tangan berubah jadi lentur. Berkurangnya pergerakan cepat dan baik yang berakibat orang tua sulit menjaga diri sendiri. Latihlah selalu otot Anda melalui jalan kaki memakai beban di kedua tangan agar mengurangi masalah itu.

29. Mendongkrak Kecerdasan Fluida

Sebagai informasi, kecerdasa fluida merupakan potensi belajar bawaan. Yang jelas ini bukan karena proses akademik, pembelajaran atau pengalaman yang lalu. Tetapi mengarah pada potensi seseorang pada proses berpikir, sampai analisa apa yang diketahui.

Korteks prefrontal dorsolateral dan korteks cingulate anterior merupakan yang berperan aktif dalam kecerdasan fluida. Hasil terbaik dari kecerdasan ini didapat pada usia 20an dan akan berangsur turun.

Sebab dari penurunan kecerdasan fluida adalah karena usia semakin tua yang terhubung dengan otak serebelum kanan. Situasi ini juga tampak pada orang yang mengalami Asperger’s Syndrome dan autisme.

Berjalan kaki bisa menaikkan neurotropika yang dihasilkan otak dan menghidupkan gen untuk kognisi. Problem yang bisa diatasi dengan berjalan kaki adalah bertambahnya kortisol (pemicu berkurangnya neuron) yang bisa membuat hippocampus jadi kecil.

Salah satu latihan aerobik terbaik bagi Anda adalah berjalan cepat rutin. Latihan yang membuat kecerdasan fluida semain bertambah dan berkualitas.

30. Diri Tampak Semakin Muda

Berjalan rutin setiap hari bisa membuat kencang kulit dan kencang otot Anda. Selanjutnya, Anda akan tampil muda. Ini juga bisa menghilangkan tampilan buruk pada kulit, kaki dan pantat Anda. Anda pun akan merasa lebih baik dan berbeda dari biasanya.

Jalan kaki teratur tiap hari dapat melancarkan darah pada kulit Anda, wajah Anda semakin berwarna dan ceria tak terkecuali anggota tubuh lainnya. Tubuh Anda yang selalu bersentuhan dengan udara segar di pagi hari membuat diri Anda tampak dan merasa lebih muda dan berenergi.

31. Menyingkirkan Kaki yang Lembek

Tahukah Anda jika orang yang jarang melakukan latihan tampak ada kerutan di kaki? Setiap melangkah, kakinya bergoyang tak beraturan. Itu akibat dari tidak adanya otot yang baik. Banyak mengandung lemak. Lemak bukanlah seperti otot.

Berjalan setiap hari dalam rentang waktu tertentu bisa membuang lemak yang berlebihan. Itu akan menjadikan bentuk kaki Anda tampak tegak, kokoh dan sehat. Kaki dengan otot yang bagus dan kencang akan Anda miliki jika rutin berjalan.

32. Menyerap Banyak Sinar Matahari untuk Vitamin D

Sebagian orang akan merasakan tubuh yang lemah saat cuaca hujan. Salah satu sebabnya adalah kurangnya vitamin D dari sinar matahari yang terpancar ke tubuh. Berjalanlah setiap pagi dengan sinar matahari yang menyinari tubuh Anda, maka vitamin D juga akan didapatkan. Tubuh pun akan terasa nyaman.

Berjalan cepat selama 30 menit per hari bagi Anda akan mendapat kesempatan yang baik, untuk memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi. Kondisi hati Anda juga akan memiliki pengaruh dalam hal ini. Sebenarnya tak mesti lama-lama untuk tersinari matahari, cukup beberapa menit saja setiap hari.

Belum banyak yang tahu bahwa sinar matahari adalah sumber yang baik untuk menghasilkan vitamin D.

33. Lipid Darah Menjadi membaik

Penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lain bisa disebabkan oleh Low Density Lipoprotein.

Dengan rutin berolahraga, maka akan memicu enzim yang berguna menyingkirkan kolesterol jahat (LDL) dari darah dan berpindah ke hati. Sebagian untuk proses pencernaan dan sisanya dibuang dari tubuh. Olahraga juga bermanfaat sebagai penambah ukuran partikel protein yang mengangkut kolesterol ke semua bagian tubuh.

Dampak buruk jika partikel protein ukurannya lebih kecil, maka akan masuk ke jantung dan organ lainnya berakibat mereka jadi lemah. Penting sekali untuk berolahraga jalan kaki sebagai solusi dari masalah itu. Bentuk latihannya adalah berjalan rutin dan giat, maka ini tergolong olahraga aerobik. Syaratnya berjalan dengan cepat antara 30 hingga 40 menit setiap hari.

34. Mengecilkan Risiko Penyakit Kanker

Riset mengungkapkan bahwa latihan fisik dihubungkan dengan berkurangnya risiko kanker. Hasilnya memperlihatkan bagi orang yang rutin berlatih fisik mempunyai peluang 24% lebih kecil terserang kanker usus besar.

Khusus wanita yang selalu rajin bergerak bisa tercegah dari kanker payudara. Ada hasil yang menyatakan bahwa kanker jenis lain bisa dkurangi dengan latihan olahraga tingkat medium. Olahraga bisa mengurangi risiko kanker hati, esofagus dan lainnya. Di sisi lain, olahraga juga bisa mengurangi risiko kanker dengan turunnya kadar hormon insulin, estrogen dan faktor perkembangan khusus.

Ini mendukung proses pencernaan lebih cepat dan baik, menekan risiko kanker saluran pencernaan dan kanker perut. Sangat bagus jika Anda rutin berjalan kaki yang secara otomatis dapat menyerap oksigen lebih banyak dan beredar pada tubuh, karena oksigen dapat mencegah terjadinya kanker.

35. Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Memperbaiki Pernafasan dan Asmatik

Banyak penderita asma dan nafas yang cepat yakin jika olahraga itu tidak baik dan menimbulkan gangguan pada pernafasan. Padahal itu tidak sepenuhnya benar.

Sebenarnya olahraga baik bagi orang sakit asma. Tetapi harus disesuaikan sedemikian rupa. Tak perlu dipaksa berlebihan. Namun berjalan kaki setiap hari bagus untuk menyembuhkan asma.

Latihan berjalan kaki bisa diawali dengan tahapan yang ringan dan saat tubuh Anda sedang nyaman. Sehingga saluran udara Anda bisa terbuka dan pernafasan bisa lebih nyaman. Dengan itu paru-paru Anda jadi kuat, proses bernafas akan membaik dan akhirnya sakit asma bisa berkurang. Sekedar informasi, bagi penderita asma, paru-parunya sangat sensitif jika berada pada udara panas dan dingin, serta serbuk sari dan sesuatu yang lain di atmosfer.

Jika olahraga lain dapat menyebabkan Anda bernafas lewat mulut, maka berjalan kaki adalah pencegahnya. Jaga kecepatan berjalan Anda agar bisa bernafas lewat hidung saja. Namun ketika Anda bernafas lewat mulut, maka segeralah memperlambat langkah atau ambil waktu untuk istirahat.

36. Memperbaiki Tidur yang Buruk

Tidur yang buruk termasuk maslah yang sangat rumit. Ini akan berdampak pada kondisi kesehatan Anda. Tak harus minum obat khusus untuk mengatasinya. Berolahragalah secara rutin maka tidur Anda akan lebih baik dan nyaman.

Jenis olahraga atau latihan tingkat sedang contohnya berjalan kaki rutin dapat memperbaiki mutu tidur Anda dengan perpindahan yang lembut antara fase tidur yang berlainan.

Jika berolahraga keras pagi dan sore hari bisa lebih bagus untuk tidur. Yang terbaik adalah berolahraga kecil saat tidur. Ini bisa membuat Anda meraih fase tidur yang terdalam dan lama.

37. Mengurangi Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

Olahraga dengan dampak ringan telah diakui menurunkan gejala PMS dan bisa diatasi dengan lebih singkat.

Ketika merasakan kram, berjalanlah sejenak dan itu bisa saja dapat menurunkan gejala buruk itu. Endorfin akan dilepaskan oleh otak Anda dan membuat Anda merasakan kenyamanan hati.

Segala khasiat olahraga tetap berjalan untuk masa tertentu, turunkanlah temponya beberapa saja. Tidak dianjurkan untuk berlatih dengan benturan keras seperti berjalan dan lalu beralih ke jalan cepat.

38. Menjaga Diri Anda dari Risiko Alzheimer dan Demensia

Orang yang rajin berjalan setiap hari mampu menekan peluang gangguan seperti alzheimer dan demensia (pikun). Fungsi otak akan lebih baik, menambah kadar oksigen yang mengalir dalam tubuh, terutama otak.

Orang yang sering duduk bisa berefek buruk terhadap otak. Olahraga akan menambah ukuran hippocampus yang membantu pemikiran seseorang.

Masih ada sebagian banyak orang kurang percaya bahwa otak bisa lebih sehat dari pola hidup sederhana. Faktanya bisa dan tidak sedikit kasus yang telah terbukti. Caranya dengan membuat muda kembali otak Anda, maka risiko terkena demensia dan alzheimer dapat dipangkas.

39. Mengatasi dan Mengurangi Obesitas

Pola makan tak sedikit dan minim latihan olahraga adalah gaya hidup orang Amerika pada umumnya dan itu menyebabkan obesitas. Pekerjaan mereka membuat lama diam dan duduk. Itu membuat mereka tidak banyak waktu untuk berolahraga disamping sibuk mengurus anak dan keluarga saat malam hari.

Bagi penderita obesitas bisa mengatasinya dengan berjalan kaki cepat selama 30 sampai 40 menit sehari. Ini adalah cara mudah yang masih bisa diandalkan. Segera lakukan, maka hidup Anda masih bisa diharapkan lebih panjang dan risiko penyakit lain pun akan bisa dihindari.

Terlebih bagi orang yang masih sulit mengurangi jumlah makan, masih bisa berjalan kaki setiap hari sebagai langkah yang baik untuk membakar kalori yang banyak dan membuat tubuh bisa sehat dan bugar.

Pendapat yang terungkap dari penderita obesitas adalah mereka merasa tidak banyak tenaga untuk berlatih fisik. Berita baiknya adalah bila mereka mengawali dengan pelan-pelan ketika berjalan kaki, justru membuat kondisi tubuh mereka akan bertambah sehat.

40. Memperbaiki Kesehatan Seks Anda

Banyak yang mengalami masalah terkait seks. Namun mereka menempuh cara yang berisiko untuk mengatasinya. Tapi jika melakukan olahraga berjalan kaki setiap hari, maka itu dapat membuat pola hidup lebih baik. Otot tubuh menjadi kuat, jalinan kerjasama tubuh dan pikiran juga lebih baik. Tidak heran, jika gairah seks Anda akan membaik dari sebelumnya.

Bagi pria, olahraga bisa memperlihatkan lonjakan yang besar sehubungan dengan libido seks. Fakta juga sudah membuktikan dampaknya bisa menambah gairah seks dan fisiologis pada wanita. Tubuh akan menaikkan kesadaran yang berlanjut pada bertambahnya gairah seksual.

Orang yang rajin berolahraga akan bertambah kualitas kesehatannya dan berkelanjutan pada perbaikan gairah seks wanita dan pria.

41. Mengurangi Risiko Keguguran Janin

Ketika wanita hamil, maka sendi bisa bermasalah yang berujung pada luka dikarenakan terlalu aktif.

Sebagian besar wanita hamil menghendaki bentuk yang sama pada sesudah hamil. Namun sebaliknya dokter, memberi saran agar tidak berolahraga level tinggi semasa hamil.

Ibu hamil seharusnya tetap sehat dan aktif, dengan cara berjalan kaki rutin setiap hari. Inilah yang paling dianjurkan. Tidak direkomendasikan bagi mereka untuk olahraga lari dan latihan keras lainnya. Pada sebuah riset disimpulkan bahwa wanita hamil yang melakukan olahraga tingkat tinggi dan benturan yang tinggi dapat berpeluang 3 sampai 5 kali menderita keguguran dibanding wanita yang tidak melakukannya sama sekali.

Olahraga jalan kaki mempunyai dampak yang rendah dan bisa memelihara otot jantung dan otot lainnya tetap kuat dan sehat. Selain itu, tidak mengganggu tubuh selama kehamilan. Secara umum, dokter menasehati agar ibu hamil berolahraga dengan dampak rendah (jalan kaki).

42. Dapat Menambah Energi Jika Anda Berjalan Kaki Setiap Hari

Telah diperoleh bukti dan kesimpulan dari riset oleh University of Georgia, yakni saat orang berolahraga dalam waktu 20 hingga 30 menit dengan dampak ringan, beberapa waktu dalam sepekan, ternyata mempunyai banyak tenaga dan hanya sedikit merasakan kelelahan.

Manfaat dari berjalan akan menjadikan peredaran darah lebih lancar menuju otak dan otot mereka, membangkitkan energi dan membuat perasaan yang lebih nyaman.

Pada saat Anda lelah dan lesu, itu terjadi karena kurang aktif berolahraga. Lakukan jalan kaki cepat untuk membangun kesegaran tubuh dan otak Anda. Yang muncul adalah semangat baru dan lelah yang berangsur hilang.

43. Metode Jitu Untuk Melatih Otot Kaki Anda

Sangat banyak bentuk latihan memperbaiki otot kaki. Namun, cara paling mudah adalah berjalan kaki. Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara melatih otot kaki? Pada kaki terdapat ligamen, tulang dan otot kaki yang memerlukan latihan teratur. Kurang lebih ada 50 otot hanya pada bagian kaki saja.

Berjalan kaki secara harian dapat melatih 26 tulang di kaki Anda, tanpa berisiko terjadi kerusakan. Dengan cara ini akan menjadikan fungsinya tetap baik dan memperlancar Anda untuk bisa bergerak seumur hidup Anda.

Kadang rasa sakit dan nyeri terjadi jika Anda selesai berjalan kaki, tapi itu bukanlah masalah besar. Lakukan pijatan ringan pada kaki. Itu bisa meredakan dan meregangkan kaki Anda dari ketegangan dan nyeri.

44. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Anda ingin metabolisme lebih lancar dan cepat? Caranya mudah yaitu dengan berjalan kaki setiap hari. Latihan seperti ini menjadikan tubuh bisa membakar kalori lebih banyak dan cepat serta bertahan dalam waktu yang panjang.

Manfaat lain yang paling bagus adalah jika Anda rutin berolahraga, maka saat tidur pun kalori tetap bisa dibakar.

Jadi, tak harus berolahraga keras untuk mendapatkan hal tersebut. Tingkatkan metabolisme Anda dengan jalan kaki cepat secara harian dan berlanjut lebih cepat ketika Anda sedang tidur.

Pencernaan akan lebih cepat dan baik jika Anda melakukan jalan kaki cepat selama 30 sampai 40 menit setiap hari. Berat badan akan cepat turun dan tubuh jadi sehat. Hal terbaik dari pencernaan yang cepat adalah perut Anda terhindar dari masalah perut yang mengancam.

45. Menaikkan Jumlah Kolesterol Baik (HDL – High Density Lipoprotein)

Berjalan kaki dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh Anda, namun sebaliknya meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh Anda. Jadi, Anda akan terhindar penyakit yang dipicu oleh kolesterol jahat.

Anda mungkin tahu ada dua kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat. Untuk kolesterol baik, mereka membawa kolesterol rendah dan kolesterol berbahaya menuju hati yang akan dipecah dan dibuang keluar dari tubuh Anda.

Tubuh sangat perlu HDL (kolesterol baik) untuk menormalkan tingkat kolesterol dalam darah. Olahraga berjalan mampu menaikkan kolesterol baik dalam rentang waktu tertentu.

46. Bisa Meredakan Asam Lambung

Untuk orang yang mengalami sakit asam lambung, sangat penting untuk merasakan kelegaan. Biasanya orang tersebut bersegera meminum antasida saat terjadi gejalanya.

Berjalan kaki dapat menolong Anda mengurangi gejala asam lambung dan menekan adanya serangan itu. Hati-hati terhadap olahraga yang malah membuat sakit asam lambung yang mewajibkan Anda posisi tidur telentang atau selalu tegang di bagian dada.

Kajian oleh para dokter kepada 1.875 penderita asam lambung mendapatkan bahwa mereka yang berjalan kaki sesudah makan malam dan makan tiga jam menjelang tidur bisa meminimalisir episode GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) mereka.

47. Meredakan Gejala Menopause

Manfaat dari olahraga rutin dan teratur bagi wanita adalah bisa menekan sebaik mungkin gejala menopause.

Sebuah riset terhadap wanita umur 55-72 tahun memperlihatkan bukti bahwa para wanita yang aktif berolahraga teratur merasakan gejala menopause jauh lebih rendah ketimbang mereka yang tak aktif berolahraga.

48. Bisa Meredakan Sindrom Kaki Gelisah

Ini merupakan gangguan neurologis yang mengakibatkan sensasi atau rasa merayap, berdenyut-denyut, atau kesemutan pada kaki. Hal ini biasa dirasakan oleh penderita pada malam menjelang tidur. Oleh karena itu, mereka biasanya menggerakkan kaki atau berdiri terlebih dulu agar gangguan tadi hilang.

Kelainan ini bisa dialami oleh wanita dan pria. Tapi wanita bisa dua kali memperoleh peluang mengalaminya.

Anda bisa mencegah atau mengatasinya dengan rutin berjalan yang berfungsi sebagai latihan ampuh untuk hilangkan sindrom kaki gelisah. Pilih metode berjalan cepat untuk hasil terbaik.

Sebelum memulai latihan berjalan cepat Anda, lakukan peregangan dan bungkukan badan Anda agar tubuh lentur dan luwes. Akhiri juga dengan peregangan setelah selesai melakukan olahraga ini.

49. Memperbaiki Sirkulasi Tubuh

Berjalan kaki merupakan pilihan baik untuk memperbaiki sirkulasi tubuh Anda. Tidak ada bedanya peranan tubuh lainnya, bila Anda selalu giat bergerak, maka seluruhnya juga akan baik.

Hal itu mencakup peredaran darah dan sirkulasi ke semua bagian organ tubuh Anda.

Berjalan kaki bisa meningkatkan sirkulasi dan bisa meringankan penyakit arteri perifer. Atherosclerosis merupakan penimbunan plak pada arteri. Selain itu bisa menyempitkan pembuluh darah Anda. Berjalan kaki secara teratur tiap hari mampu memelihara kondisi pembuluh darah tetap sehat dan mencegah risiko atheroclerosis.

50. Menambah Kualitas Hidup Bersosial Anda

Telah banyak yang menyatakan bahwa berjalan kaki bisa menambah peluang mereka bertemu dengan tetangga dan teman baru setiap hari. Hidup Anda akan terasa menyenangkan dan menyehatkan karena memperoleh kenalan dan teman baru. Mental Anda akan terus membaik dan mencegah dari kondisi terisolasi. Saat berjalan kaki, Anda mungkin saja bertemu teman lama dan baru untuk sekedar menyapa dan ngobrol sejenak.