7 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Jalan Kaki – Ya, hampir semua orang setuju, jalan kaki adalah gerak tubuh aerobik yang termurah, termudah dan bersifat universal karena semua orang bisa menerapkannya. Risiko yang ada pun hampir tidak ada dan inilah yang tergolong dalam latihan fisik teraman. Anda tak perlu ribet dengan ketersediaan untuk peralatan mahal tetapi kegiatan ini mampu membuat tubuh sehat. Anda bisa memakai sepatu khusus olahraga atau tidak memakainya yaitu pakai sandal pun bisa berjalan kaki walau di area sekitar rumah. Berjalan kaki merupakan kegiatan ringan untuk tubuh yang juga berperan sebagai obat natural untuk beragam penyakit. Ya, Anda sudah pasti mengerti bagaimana kemudahan dalam berolahraga jalan kaki.

Sebagian besar orang tentunya memilih untuk berjalan kaki daripada lari atau jogging. Dikarenakan berjalan kaki lebih mudah dan tidak menguras tenaga lebih besar. Memang jalan kaki termasuk dalam kategori jenis olahraga ringan, tetapi manfaatnya sungguh luar biasa untuk kesehatan badan secara global. Apabila kita menjalani aktivitas jalan kaki dengan pola teratur maka berdampak baik untuk jantung, otak, tulang menuju kondisi yang sehat dan tidak hanya itu saja, masih ada lagi beragam manfaat lainnya, untuk itu mari kita simak bersama:

7 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mampu memelihara dengan baik kestabilan berat badan Anda
Seseorang yang ingin sekali agar berat badannya turun, sebaiknya jumlah kalori yang ada dalam tubuh wajib dikurangi dengan cara dibakar. Nah, Anda pasti ingin membakar kalori dengan cara mudah kan? Ya, salah satunya yang paling gampang adalah dengan berjalan kaki cukup setengah jam (30 menit) saja setiap hari. Jika Anda bisa merutinkan kegiatan ini, maka cepat atau lambat berat badan pun akan turun dan bonusnya tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya. Berjalan kaki pun sangat berefek dalam meningkatkan kepadatan otot dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh Anda. Wow, ini sungguh keren dan menarik.

2. Jantung koroner akan dapat dihindari semaksimal mungkin
Gaya berjalan kaki dengan langkah cepat termasuk hal yang bermanfaat juga untuk mengontrol tekanan darah agar terhindar dari hipertensi dan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sekarang orang-orang sangat rentan terhadap penyakit ini (kolesterol jahat) karena sumber makanan yang tidak baik. Kesehatan jantung didapat saat berjalan kaki yang mampu menaikkan pacu jantung dan peredaran darah akan lancar. Hasil kajian pun membeberkan bahwa kegiatan berjalan kaki cepat 30 menit setiap hari dapat memotong risiko hipertensi (tekanan darah tinggi) yang suatu saat akan memacu terjadinya stroke sampai pada hitungan persentasenya 27. Oleh karena itu untuk mencegah tersumbatnya aliran darah ke jantung, maka lakukanlah berjalan kaki cepat untuk mengalirkan darah lebih lancar atau cepat ke bagian koroner pada jantung. Daya kerja jantung pun akan membaik disebabkan peredaran oksigen (O2) ke organ jantung berjalan bagus dan  proses pemompaan darah di jantung ke semua bagian tubuh akan baik pula.

3. Risiko terkena osteoporosis akan menurunkan
Biasanya penyakit pada tulang adalah osteoporosis yang bercirikan berkurangnya massa, mutu atau padatnya tulang. Agar tulang tetap sehat perlu sekali makanan yang mengandung kalsium dan juga vitamin D. Apakah Anda ingin memperoleh asupan vitamin D yang cukup? Jangan terkejut ya? Salah satunya adalah dengan berjalan kaki sampai 10 ribu langkah per hari. Atau bisa juga merutinkan jalan kaki sekitar 15 menit saja pada saat pagi hari agar tulang Anda kuat, jadi Anda pun terjauhi dari risiko terkena osteoporosis sampai tua nanti. Aamiin.

4. Terhindar dari kepikunan (penyakit lupa)
Orang yang sudah menua rentan menderita penyakit lupa atau pikun. Karena kerja otak yang sudah mulai menurun, terlebih kemampuan ingatan. Anda ingin terhindar dari pikun semaksimal mungkin? Anda bisa melakukan aktivitas jalan kaki jarak jauh sekitar 6 mil tiap pekan yang bermanfaat memelihara fungsi dan kinerja otak, kemudian mampu mengurangi risiko terkena pikun sekitar 40 %. Alangkah baik jika ini rutin dikerjakan setiap hari agar lebih mantap. Apalagi jika Anda selalu rutin dan rajin berjalan kaki, maka otak tidak akan menyusut dan daya memori Anda pun akan normal kembali. Insya ALLAH. Disamping itu pula, tetaplah selalu konsumsi makanan yang baik untuk daya ingat.

5. Tenaga akan kembali terasa baik
Aliran oksigen yang lancar ke semua sel tubuh dapat didapat dari berjalan kaki dengan cepat. Apabila Anda berjalan kaki selalu setiap hari maka kemampuan dalam hal rasa waspada dan tenaga fisik akan membaik. Selain itu, jika ada gangguan pada persendian misalnya terasa kaku dan otot yang mengalami stress (tegang) pun dapat diselesaikan dengan berolahraga ringan mudah yaitu berjalan kaki. Jadi, pada awalnya adalah selalu ingat untuk berjalan kaki, hindari dulu makan obat-obatan.

6. Sebagai pereda stres dan depresi
Masalah seperti depresi dan stres tidak boleh dianggap biasa. Karena ini menyangkut masalah mental dan pikiran yang terganggu. Untuk menyembuhkannya sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan sekarang juga yaitu berjalan kaki santai dalam hitungan menit saja. Saat itulah otak akan melakukan pelepasan hormon yang bernama endorfin. Dimana endorfin ini mampu membuat baik suasana hati kita. Hati pun akan terasa nyaman, tenang, stres yang sebelumnya melanda akan berangsur hilang. Pikiran akan tenang dengan hitungan detik. Anda mau coba sekarang?

7. Penyakit diabetes akan bisa dicegah
Biasanya berat badan sangat berdampak pada level gula darah. Orang yang gemuk bisa saja mencetuskan naiknya gula darah. Hal ini tidak bisa dianggap remeh. Agar kita bisa mencegah terjadinya penyakit ini maka aktivitas berjalan kaki pagi hari dengan rutin akan dapat menjadikan kadar gula darah lebih terkontrol dengan baik. Di sebuah riset pun membuktikan bahwa penyakit diabetes jenis 2 dapat ditangkal dengan melakukan kegiatan jalan kaki 60 menit (1jam). Ini berasal dari riset yang dilakukan oleh National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases.

Itulah informasi unik bermanfaat tentang 7 Manfaat Jalan Kaki untuk kesehatan fisik dan mental kita agar tetap terpelihara selama-lamanya agar kita bisa hidup bahagia dan damai. Sebagai pengingat, lakukanlah jalan kaki dengan memakai sepatu yang sedikit longgar pada bagian muka/ujung. Ini bermaksud untuk mencegah timbulnya rasa sakit dan Anda pun bisa menggerakkan kaki dengan nyaman. Tapi jika Anda hanya memakai sandal pun tidak apa-apa asalkan sudah terbiasa dengan itu. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai