7 Manfaat Jalan Kaki Terbaik Bagi Kesehatan

7 manfaat jalan kaki supaya bisa membuat tubuh segar dan fit. Tubuh yang sehat dan bugar haruslah diperoleh dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Tapi pada kenyataan sekarang, banyak orang yang masih mempunyai segudang alasan untuk malas berolahraga. Entah itu karena kesibukan dan bahkan ada yang berkata olahraga itu mahal dan merepotkan.
7 manfaat jalan kaki untuk kesehatan
Sebaiknya jika ada pikiran seperti itu, segeralah untuk dihapus. Karena sudah ada sejak dulu hingga sekarang olahraga yang paling murah meriah dan mudah sekali untuk dilakukan dan mengandung manfaat berlimpah yaitu jalan kaki. Anda mungkin heran dan masih tidak percaya akan hal ini.

Oke, tidak masalah. Sebentar lagi akan kami sampaikan apa saja manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Agar suatu saat Anda akan tertarik dan mulai menjadikan jalan kaki sebagai olahraga utama setiap hari.

Untuk itu siapkan diri Anda untuk menyimak baik-baik informasi ini. Jika hal ini dapat membantu Anda dalam hal kesehatan, maka bagikan dan ceritakanlah ini kepada orang terdekat Anda hal 7 manfaat jalan kaki.

Apakah Anda pernah mendengar atau membaca tentang berjalan kaki sebanyak sepuluh ribu (10.000) langkah setiap hari? Kami harap Anda sudah tahu. Jika belum, itu merupakan metode agar seseorang memperoleh kondisi tulang yang kuat dan terhindar dari penyakit tulang yaitu osteoporosis.

Tidak cuma itu saja manfaat jalan kaki, tapi jalan kaki bisa mencegah penyakit lainnya. Anda mulai penasaran kan? Mari lanjutkan membaca artikel ini. 7 MANFAAT JALAN KAKI yang akan kami beberkan lengkap dan lugas.

7 Manfaat jalan kaki yang sangat mendukung kesehatan tubuh Anda

Ya, harus diakui saat ini, orang-orang sudah jarang berjalan kaki apalagi untuk jarak jauh, karena sudah terbiasa memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang tentu saja lebih cepat.

Ada pula yang lebih parah, sebagian orang masih saja memakai kendaraan untuk jarak dekat tidak sampai 100 meter bahkan ada yang kurang dari itu. Sungguh menyedihkan, apakah itu karena mental yang malas atau ingin cepat dan terburu-buru.

Yang pasti orang yang sudah punya kendaraan pribadi cepat lambat mulai bergantung erat pada kendaraan pribadi. Jalan kaki sebagai alat transportasi alami manusia telah dilupakan dan ditinggalkan sedikit demi sedikit.

Sebenarnya sama saja seperti makhluk lain misalnya burung yang mempunyai sayap yang fungsinya untuk terbang, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Nah, begitu juga manusia yang dianugerahkan ALLAH Ta’ala dua kaki untuk berjalan.

Jadi, berjalan kaki adalah hal lumrah buat manusia. Gerakan alami yang terus menerus pasti dilakukan manusia. Ternyata itulah yang membuat manusia mendapatkan kesehatan.

Bagi yang saat ini masih bergantung pada kendaraan pribadi, usahakan untuk memulai membiasakan berjalan kaki. Awali berjalan kaki setidaknya 15 menit dulu. Lalu rasakan apakah tubuh Anda terasa segar dan bugar? Jika ya, maka itu patut Anda rutinkan karena sangat baik bagi kesehatan. Setelah itu bisa ditambah lagi jarak dan waktu dalam berjalan kaki.

Oke, sebagai pemberi semangat Anda untuk membiasakan jalan kaki, berikut ini ada 7 manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh yang tak boleh Anda tinggalkan. Kesempatan terbaik untuk Anda dalam meraih tubuh sehat dan bugar dengan modal kecil dan risiko kecil. Anda siap?!

1. Manfaat jalan kaki baik buat tulang

Tulang sangat berisiko terkena penyakit osteoporosis. Tanda-tandanya adalah tulang menjadi rapuh dan keropos.

Oleh karenanya, sangat baik berjalan kaki pagi hari yang disaat itu matahari pagi sangat membantu Anda dalam menghasilkan vitamin D yang bersumber dari beragam makanan dan tentu saja berefek baik buat tulang. Olahraga jalan kaki sangat baik pula untuk menjaga otot dan tulang tetap kuat.

2. Manfaat jalan kaki bisa kurangi berat badan berlebihan

Jika Anda ingin membakar 150 kalori setiap hari maka lakukanlah jalan kaki cepat sekurangnya 30 menit. Gerakan cepat saat jalan kaki memudahkan dalam pembakaran kalori lebih banyak.

Kalori yang banyak terbakar maka bisa dipastikan juga lemak dalam tubuh akan berubah sebagai tenaga. Sehingga berat badan turun perlahan.

Untuk mendukung seseorang agar berhasil menurunkan berat badan maka harus rutin berolahraga dan juga menjaga pola makan yang sehat dan cukup.

3. Manfaat jalan kaki baik buat jantung

Banyak yang  belum tahu jika olahraga jalan kaki dapat memperlancar aliran darah di tubuh dan memperbaiki denyut dan menguatkan otot jantung. Berdasarkan riset yang dilakukan, berjalan kaki 30 menit sehari dapat mengurangi adanya risiko masalah jantung sampai 40 persen.

Perlu diingat bagi orang yang telah mengalami sakit jantung, maka perlu sekali untuk berdiskusi dengan dokter spesialis jantung agar bisa mengetahui jenis aktivitas Anda agar tidak menguras secara berlebihan pada jantung.

Sebagai permulaan, alangkah baik jika dilakukan pelan-pelan tanpa menimbulkan kelelahan banyak dan selanjutnya ditingkatkan sedikit demi sedikit.

4. Manfaat jalan kaki baik untuk aliran darah

Berjalan kaki sangat bagus untuk sirkulasi darah, apalagi dilakukan rutin teratur maka juga dapat mengurangi kolesterol dan gula darah. Tak ketinggalan pula jalan kaki bagus untuk menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Tubuh yang ada lemak dan gula darah berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan, untuk mengatasinya perlu sekali melakukan aktivitas olahraga dan salah satu yang mudah adalah berjalan kaki.

Anda bisa memanfaatkan lemak dan gula berlebih dalam darah untuk bergerak dan melakukan aktivitas bermanfaat seperti berjalan kaki ke warung untuk berbelanja atau ke tempat kerja.

Sesuai hasil riset, berjalan kaki 30 menit per hari dapat memangkas bahaya diabetes tipe dua sampai 30 persen. Tingkat kolesterol pun bisa diturunkan sehingga dapat mencegah terjadinya stroke yang sangat berbahaya.

5. Manfaat jalan kaki perbaiki kekebalan fisik terhadap serangan penyakit

Secara umum, olahraga apapun termasuk jalan kaki sangat baik bagi tubuh karena akan semakin anti terhadap penyakit asalkan dilakukan teratur.

Mengapa bisa begitu? Karena jika rajin berolahraga maka peredaran darah lebih baik dan lancar yang tentu saja kandungan nutrisi makanan dan oksigen juga tersebar ke seluruh jaringan tubuh.

6. Manfaat jalan kaki bisa memperbaiki pikiran

Saat tubuh bergerak atau berolahraga bisa menimbulkan hormon endorfin yang berfungsi mempersehat mood. Perasaan gembira dan senang juga akan menjadikan diri terjauhi oleh stres dan rasa khawatir yang over.

Apalagi ditambah saat Anda berjalan kaki di ruangan terbuka yang sangat mudah memperoleh oksigen maka pikiran akan lebih luas dan terbuka. Anda dapat berpikir lebih jernih dan rileks.

Lakukan hal ini pada pagi hari ketika belum ada berlalu lalang kendaraan motor/mobil. Karena oksigen masih murni tanpa polusi.

7. Manfaat jalan kaki baik untuk sistem pernafasan Anda

Paru-paru akan bekerja lebih cepat, sama seperti jantung disaat berjalan kaki. Latihlah paru-paru Anda dengan berjalan kaki agar makin sehat dan kuat. Olahraga jalan kaki akan membuat kondisi tubuh terhindar dari asma.

Anda sudah menyimak 7 manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik yang tentu saja mudah dilakukan karena tampak sederhana. Mulai sekarang lakukanlah olahraga ini.

Awali dan cobalah berjalan kaki ke rumah tetangga, warung, tempat kerja, sekolah, kampus, pasar agar semakin baik tubuh Anda dalam mendapatkan kesehatan yang pastinya mahal harganya.

Kesehatan tidak dijual di toko/pasar. Untuk itu jagalah kesehatan dengan berjalan kaki.

Selain itu berjalan kaki akan mengurangi polusi udara (asap) dan polusi suara (suara bising mesin). Anda telah turut andil dalam menjaga kesehatan lingkungan. Kami sangat berharap info mengenai 7 manfaat jalan kaki ini akan secepatnya membantu Anda meraih kesehatan maksimal di masa depan. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai