7 manfaat jalan kaki yang wajib Anda tahu

7 Manfaat Jalan Kaki yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Jalan Kaki – Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang paling luar biasa jika dibandingkan dengan jenis olahraga yang lain. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan, hemat, simpel dan tentu saja bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Namun, keajaiban jalan kaki tak hanya di situ saja. Berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan kaki secara rutin akan memberikan segudang manfaat tak terduga. Lalu apa saja kah manfaatnya?

Berikut ini 7 Manfaat Jalan Kaki yang bisa kamu dapatkan jika rutin jalan kaki setiap hari:

1. Menguatkan Jantungmu

Tahukan kamu bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomer 1 di dunia? Nah, penangkal penyakit ini ternyata sangat mudah dan praktis yakni berjalan kaki.

Ya, berjalan kaki secara rutin terbukti mampu memberikan dampak yang sangat luar biasa pada jantung serta mencegah penyakit stroke. Berjalan kaki mencegah dan juga mengontrol tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab yang utama penyakit stroke. Bahkan jalan kaki ini diklaim memiliki 27 persen peluang untuk menurunkan kemungkinan terkena penyakit stroke.

2. Menjaga Berat Badan

Berjalan kaki merupakan cara paling mudah untuk membakar kalori, yang artinya juga merupakan cara termudah untuk menurunkan berat badan.

Orang yang berat badan 60 kg mampu membakar 100 kalori hanya dengan jalan kaki 30 menit. Nah, jika jalan kaki ini dilakukan secara rutin 100 kalori per hari itu akan menurunkan berat badan 6 kilogram dalam satu tahun.

3. Serta Osteoporosis

Jalan kaki juga memberikan manfaat pada tulang-tulang serta mencegah osteoporosis. Aktivitas berjalan kaki serta menahan beban tubuh kita sendiri dapat menstimulasi tulang, menambah kepadatan tulang dan menguatkan tulang.

4. Menyegarkan Pikiran

Berjalan kaki dapat membantu mengasah panca indra serta membuatmu peka terhadap lingkungan sekitarmu. Selain itu jalan kaki bisa juga menyegarkan pikiran karena kamu tak akan pernah tahu kejadian apa yang ada di depan langkahmu.

5. Membentuk Badan

Berjalan kaki ternyata tak hanya menyehatkan, namun bisa juga membantu membentuk postur tubuh khususnya untuk lutut, betis, mengecilkan ukuran pinggang dan membentuk otot perutmu.

6. Memberi Energi

Berjalan kaki adalah salah satu energizer alami karena olahraga ini mampu melancarkan pernafasan dan juga melancarkan sirkulasi darah, sehingga membuatmu terjaga dan juga bersemangat untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

7. Mencegah Demensia/Pikun

Demensia merupakan penyakit penurunan daya ingat yang disebabkan oleh faktor usia yang semakin menua dan dari 6 orang yang usianya 80 ditemukan 1 orang yang mengalami demensia. Jalan kaki secara teratur terbukti dapat menunda tanda-tanda demensia ini.

Nah itu tadi 7 Manfaat Jalan Kaki yang bisa kamu dapatkan jika rutin berjalan kaki. Semoga bermanfaat.

Share