7 Tips Mudah Agar Anda Mau Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda merasa repot dan susah untuk bisa melakukan olahraga secara rutin dan teratur? Dikarenakan oleh berbagai sebab seperti sibuk bekerja, sibuk mengurus rumah tangga, rasa malas bergerak dan masih banyak lainnya.

Olahraga memang sangat diperlukan oleh semua orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika itu bisa dilakukan maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit ringan maupun berat.

Anda mungkin mengira kegiatan olahraga setiap hari itu sangat sulit diterapkan, apalagi bagi orang yang sibuk bekerja seharian. Sebenarnya, berolahraga itu tak mesti pergi ke tempat fitness atau lapangan khusus.

Agar tubuh Anda tetap terpelihara kesehatan, maka bisa Anda rutinkan berjalan kaki setiap hari. Memperbanyak langkah kaki Anda, dimana pun dan kapan pun.

Sungguh miris, sebagian besar orang punya pemikiran bahwa berjalan kaki cuma membuang-buang waktu saja karena gerakan yang lambat. Sesungguhnya Anda bisa memanfaatkan kegiatan berjalan kaki ini sebagai olahraga termurah untuk Anda. Walaupun Anda sedang dalam kantor, sekolah, di pasar dan tempat lainnya.

Anda masih ragu dengan pernyataan diatas?

Berikut ini akan kami sampaikan berbagai tips dan langkah mudah untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga jalan kaki meskipun di saat sibuk.

Syarat jumlah langkah kaki per hari agar bisa sehat

Berapa jumlah langkah kaki yang harus dipenuhi setiap hari? Apabila Anda berjalan kaki sebanyak 5000 langkah, maka ini masih kurang. Itu juga dianggap sebagai gaya hidup sedentari. Apakah gaya hidup sedentari itu? Itu merupakan gaya hidup yang kurang bergerak, malas bergerak, atau hanya duduk-duduk saja dalam waktu lama. Hal itulah yang bisa memicu penyakit berbahaya dan kronis. Berhati-hatilah dalam hal ini. Mulailah bangun kesadaran Anda untuk bisa lebih banyak melangkahkan kaki Anda, dari dalam ruangan dan luar ruangan.

Terlebih lagi, jalan kaki dengan jumlah langkah antara 5.000 hingga 7.500 belum cukup efektif dan masih sama dengan kegiatan ringan saja. Agar bisa merasakan tubuh yang lebih sehat dan bugar, maka Anda harus mencoba dan membiasakan diri berjalan kaki sebanyak 7.500 lebih langkah. Apakah Anda siap?

Lebih khusus, jika Anda termasuk orang yang bermimpi punya berat badan normal dan ideal, maka syarat jumlah langkah per hari adalah sekitar 10.000 langkah. Jika itu bisa Anda lakukan, maka Anda termasuk golongan orang yang aktif dan memiliki kebugaran yang baik.

Ada cara dan tips mudah untuk Anda supaya bisa berjalan kaki

Yang pasti, untuk bisa berjalan kaki 10.000 langkah tidak akan terwujud dengan baik jika Anda masih terus diam dan duduk-duduk saja selama satu hari penuh. Target 10.000 langkah bukanlah sesuatu yang terlalu tinggi. Apabila Anda tahu caranya. Tak jadi masalah besar bagi Anda yang sibuk bekerja kantoran. Yakinlah Anda bisa memenuhi 10.000 langkah per hari dengan beberapa tips berikut ini.

1. Manfaatkan alat pedometer

Tips pertama adalah Anda siapkan saja pedometer yang berfungsi menghitung jumlah langkah kaki Anda. Alat ini sungguh berguna untuk mengetahui berapa langkah yang Anda dapatkan selama Anda berjalan kaki di mana pun.

Memang alat ini tidaklah wajib, tapi sebaiknya Anda mencoba dulu memakai alat ini supaya Anda tahu seberapa banyak jumlah langkah kaki Anda setiap hari. Juga bisa mengukur seberapa aktifkah tubuh Anda.

Di zaman canggih ini, saat banyaknya bermunculan smartphone berbasis Android, Anda bisa mengunduh aplikasi pedometer secara gratis. Ini tentunya bisa sangat memudahkan Anda. Anda cuma menginstall, mengatur, dan mengaktifkannya setiap saat.

Lakukanlah aktivitas jalan kaki Anda secara bertahap. Tidak harus langsung banyak. Ini berguna untuk latihan, mulai dari ringan, sedang, sampai berat. Sehingga Anda akan terbiasa berjalan kaki.

Selalu motivasi diri Anda dalam berjalan kaki menuju hidup sehat dan bugar.

2. Parkir kendaraan pribadi Anda agak jauh dari kantor

Anda tentu kurang setuju dengan ini. Tapi ada alasannya. Tujuannya adalah agar Anda tetap berjalan kaki melangkah menuju kantor. Ini bermanfaat juga sebagai peluang bagi Anda agar jumlah langkah kaki Anda bertambah bukan mengurangi.

Anda pasti akan merasa capek dan pegal. Hal ini biasa terjadi. Karena tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda yang jarang berjalan kaki.

Tapi itu tidak akan lama, dalam beberapa waktu rasa sakit itu akan hilang seiring Anda terus membiasakan diri berjalan kaki.

Anda juga bisa memarkir kendaraan pribadi Anda lebih jauh lagi, agar jarak tempuh ke kantor Anda bervariasi.

3. Gunakan tangga saja ketimbang lift

Mungkin Anda mencela hal ini. Karena naik tangga bikin capek. Lebih baik naik lift. Inilah anggapan yang harus diluruskan. Demi tubuh sehat dan bugar, sebaiknya Anda membiasakan diri menaiki tangga ketimbang lift. Ini juga dapat memperbanyak langkah kaki dan gerak tubuh Anda.

Menaiki tangga merupakan kesempatan yang bagus untuk tetap aktif. Lakukan dengan berkelanjutan dan itu tidaklah mustahil akan efektif seperti olahraga di tempat kebugaran.

4. Berjalan kaki saat makan siang

Makan siang biasanya saat yang ditunggu-tunggu oleh Anda. Nah, ini pun bisa Anda gunakan untuk berjalan kaki menuju kantin atau tempat makan favorit Anda.

Agar lebih asyik, Anda bisa makan di tempat yang berbeda-beda agar tidak membosankan dan juga memperbanyak lagi jumlah langkah kaki Anda.

Apabila waktu masih ada setelah makan siang, Anda bisa juga menambah lagi langkah kaki Anda dengan berjalan-jalan mengitari lingkungan kantor. Maka, capaian 10.000 langkah akan mudah terpenuhi. Itu bukanlah hal yang sulit.

5. Lebih baik belanja konvensional

Sadarkah Anda dengan kebiasaan berbelanja online di situs e-commerce bisa membuat Anda makin terjebak dalam gaya hidup sedentari. Anda mungkin mencari dan berbelanja produk secara online sambil duduk atau bahkan sambil berbaring santai. Hal ini tidaklah baik bagi kesehatan Anda.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan baik dengan berbelanja langsung ke toko di pasar tradisional atau konvensional lainnya seperti pusat perbelanjaan atau mall. Disana Anda akan berkeliling dan berjalan kaki berjam-jam untuk melihat barang incaran Anda.

Jumlah langkah kaki Anda pun berangsur-angsur akan makin banyak. Anda akan lebih mudah mencapai target 10.000 langkah per hari.

6. Melihat pemandangan sekitar

Berjalan kaki sangatlah baik dilakukan karena ketika berjalan Anda akan melihat suasana sekitar dengan lebih santai dan seksama. Melihat dengan lebih jelas dan dekat.

Ini pula yang dilakukan oleh para siswa di Jepang, yang disebut eksplorasi lingkungan. Hal ini berguna untuk melatih indera penglihatan Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda berjalan kaki di lingkungan yang hijau penuh dengan pepohonan rindang.

7. Ajak anak Anda untuk berjalan kaki keliling area tempat tinggal

Agar aktivitas berjalan kaki Anda lebih santai. Anda bisa mengajak anak Anda berjalan kaki santai sambil ngobrol di sekitar area rumah Anda. Melewati rumah-rumah tetangga. Ini akan jadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga buat Anda dan anak Anda.

Anak Anda juga akan terbiasa dengan rutinitas jalan kaki.

Gunakanlah selalu pedometer yang dapat memberi semangat pada diri Anda untuk selalu aktif bergerak dan berjalan kaki. Insya ALLAH, Anda akan dapat meningkatkan jumlah langkah kaki dan kemampuan berjalan kaki Anda setiap hari.

Dengan begitu, Anda sudah dapat menerapkan pola hidup sehat dan aktif setiap hari. Tubuh dan mental Anda pun makin baik dan sehat.

Selamat mencoba!

Share