8 Manfaat Jalan Kaki Sebagai Solusi Atasi Penyakit

8 Manfaat Jalan Kaki – Aktivitas berolahraga sudah pasti penting agar tubuh selalu sehat dan bugar. Sirkulasi pada tubuh pun akan tetap lancar yang berujung pada tubuh yang fit dan bersemangat. Diantara banyak olahraga yang ada, satu-satunya yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja adalah jalan kaki.

Cobalah bandingkan dengan jenis olahraga populer lainnya seperti sepakbola, badminton, futsal, voli, basket dan lainnya. Jenis olahraga itu malah memerlukan tenaga yang ekstra. Cuma jalan kaki lah yang mudah dilakukan namun memiliki manfaat lebih banyak juga untuk mendapatkan kondisi tubuh sehat dan bugar.

Ada manfaat besar dari berjalan kaki. Apabila Anda sampai sekarang masih belum memiliki kebiasaan berjalan kaki atau bisa juga masih enggan berjalan kaki, maka cobalah renungkan lagi sejenak. Karena berdasarkan hasil riset bahwa ada 8 penyakit yang bisa diminimalisir dengan hanya berjalan kaki.

Berita baiknya lagi juga bisa sebagai penyembuh penyakit, apalagi ini tidak mengharuskan keluar duit banyak. Bayangkan!

Tentu Anda setuju kalau berjalan kaki itu bisa dilakukan tanpa mengenal tempat. Tak ada batasan tempat. Bisa dimana saja.

Meskipun Anda berada di dalam rumah, lokasi tempat kerja, lebih lagi di luar ruangan, maka kegiatan berjalan kaki terasa lebih menyenangkan. Syaratnya mudah sekali, luangkan waktu beberapa saat hanya untuk mengolah kaki Anda atau menggerakkan langkah kaki Anda.

Sebenarnya tidak cuma kaki Anda  saja yang bergerak tetapi tubuh juga bergerak.Ayunan kedua tangan dan badan mengiringi ke arah mana kita bergerak.

8 Manfaat Jalan Kaki Sebagai Solusi Atasi Penyakit

Saran yang terbaik saat ini untuk Anda adalah rajinlah berjalan kaki dan Anda akan merasakan khasiatnya untuk pengobatan penyakit. Pastinya Anda penasaran, apa saja penyakit yang bisa diobati hanya dengan melakukan kegiatan berjalan kaki ini? Ayo kita ikuti dan simak bersama-sama:

1. Serangan pada jantung
Penyakit jantung bisa menyerang kapan saja atau tiba-tiba. Oleh karena itulah ini merupakan penyakit berbahaya atau mematikan. Sekarang, apakah Anda mengetahui kalau risiko penyakit serangan jantung bisa dikurangi dengan cuma berolahraga jalan kaki? Apa alasannya?

Karena bagian jantung yaitu otot jantung sangat memerlukan distribusi darah lancar dan deras yang berasal dari pembuluh koroner supaya berubah menjadi segar dan tetap dalam kondisi normal dalam memompa darah sepanjang waktu.

Untuk meraih kondisi peredarah darah yang baik ke dalam jantung, maka berjalan kaki cepat bisa Anda lakukan. Ketika Anda rutin berjalan kaki, peningkatan kolesterol baik akan mampu menyerap kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Lakukan ini (jalan cepat) lima kali dalam seminggu. Anda bisa mengurangi risiko penyakit berbahaya ini dengan cara mudah dan tidak ribet yaitu dengan berjalan kaki cepat agar jantung sehat terhindar dari bahaya risiko penyakit serangan jantung.

2. Penyakit stroke
Serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang seakan menjadi pasangan, atau tidak bisa dipisahkan dan selalu berkaitan. Stroke menyebabkan suatu penyumbatan, penyempitan dan terpecahnya bagian pembuluh darah yang mengarah ke otak.

Asupan oksigen dan darah pun menjadi sedikit. Pada otak akan juga terjadi kerusakan sel saraf. Yang memprihatinkan saat ini adalah jumlah penderita stroke dan jantung sangat meningkat tiap tahun. Sebagai manusia yang ingin selalu terjaga kesehatannya pasti memikirkan bagaimana caranya.

Hampir sama dengan serangan jantung, stroke bisa juga datang tiba-tiba. Tapi Anda tenang, karena hanya dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi risiko penyakit itu.

Ada satu riset yang sudah pernah dilakukan terhadap 70.000 pasien di Harvard School of Public Health yang melakukan pekerjaan sembari berjalan kaki selama 20 jam dalam 1 pekan. Untuk hasilnya sangat mengejutkan, mereka mengalami penurunan risiko terhadap stroke sekitar 66%. Luar biasa, karena ini cuma dari berjalan kaki.

3. Lemak yang berlebihan
Tubuh perlu metabolisme yang baik. Caranya adalah dengan berjalan kaki secara teratur. Kalori yang ada dalam tubuh pun akan keluar sehingga mencegah dari kalori yang berlebihan. Intinya berjalan kaki bisa menjadi gaya hidup Anda dalam membakar kalori secara praktis. Risiko berat badan naik pun akan sulit terjadi jika Anda rutin berjalan kaki.

4. Penyakit kanker
Tak hanya serangan jantung yang menjadi penyakit mematikan, namun kanker juga termasuk di dalamnya. Penderita kanker saat ini pun semakin banyak. Begitu banyak yang tidak mengetahui lebih jauh mengenai kanker ini dan tidak ada niat untuk cek ke dokter secepat mungkin serta kurangnya kesehatan lingkungan dan gaya hidup. Tapi tak perlu cemas, karena kanker dapat juga dicegah sejak dini dengan rutin berjalan kaki.

Anda bisa rutin berjalan kaki setiap hari dan itu baik untuk membasmi gejala kanker. Kanker pada bahasan ini adalah tipe kanker usus besar.

Tahukah Anda kalau badan yang bergerak bisa memperbaiki dan membuat lancar gerakan remas di usus? Itulah yang membuat proses buang air besar jadi lebih lancar dan baik. Kanker usus diantara penyebabnya adalah adanya kotoran yang lama berada pada organ pencernaan. Sedangkan pada sebuah kajian ilmiah lain menyatakan bahwa aktivitas berjalan kaki juga bisa mengurangi timbulnya risiko terhadap kanker payudara.

5. Obesitas jadi langsing
Banyak sekarang ini yang menderita obesitas, bahkan pada anak-anak sekalipun. Hal ini tentunya jadi perhatian besar dalam dunia kesehatan. Sebagian berpendapat memiliki tubuh ideal merupakan bagian dari gaya hidup dan tujuan hidup. Bisa dipastikan berat badan berlebihan ini dapat mengakibatkan penyakit berbahaya karena banyaknya lemak menumpuk dalam tubuh. Ini pun dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Sudah jadi keinginan banyak orang punya tubuh ramping atau langsing. Problem berat badan yang berlebihan sangat bisa diatas dengan berjalan kaki setiap hari. Saat berjalan kaki, maka tubuh pun otomatis juga bergerak aktif dan lemak yang ada dalam tubuh juga akan menurun jumlahnya. Ingin lemak dalam tubuh cepat terbakar? Caranya mudah yaitu selalu jadwalkan kegiatan berjalan kaki 1 jam dan aturlah gaya makan Anda.

6. Keropos tulang (osteoporosis)
Khusus untuk wanita yang berumur rentan mengalami osteoporosis. Namun di zaman modern sekarang, tidak hanya wanita saja yang berisiko, tapi orang yang muda dan dewasa pun berpeluang juga terkena osteoporosis. Berjalan kaki dapat membuat kondisi tulang dan otot jadi sehat kuat.

Ada pola cara yang bisa Anda tempuh untuk mencegah osteoporosis yaitu dengan cukup dalam mengkonsumsi makanan mengandung kalsium dan vitamin D serta rutin melakukan gerak tubuh saat matahari pagi bersinar sekitar seperempat jam saja setiap hari.

7. Diabetes
Ya, diabetes juga saat ini menjadi penyakit terkenal. Bagaimana tidak, karena penyebabnya kurang dalam berolahraga dan suka makan makanan manis. Apalagi ditambah dengan faktor keturunan, maka risiko diabetes akan lebih membahayakan. Metode unik dalam mencegah diabetes adalah berjalan kaki sepanjang 6 km dan dalam waktu kurang lebih lima puluh menit. Ini lebih disarankan untuk orang gemuk agar perkembangan diabetes tidak berlanjut.

Pada konteks ini obat untuk diabetes tidak begitu penting karena sepanjang tingkat gula darah bisa terkendali dengan normal maka aktivitas jalan kaki cepat merupakan cara yang bisa dilakukan. Metode ini bisa rutin Anda lalukan untuk memelihara tubuh tetap sehat dan mencegah datangnya diabetes.

8. Penyakit depresi
Siapapun bisa saja mengalami stres atau depresi. Berbagai pemicunya adalah problem keluarga, pekerjaan, hobi melamun dan kendali pikiran yang gagal. Cukup berjalan kaki bukan minum obat depresi untuk mengatasi stres atau depresi. Karena obat ini bersifat alami, berbeda jika minum obat yang dijual di pasaran. Oleh karena itulah berjalan kaki sering diterapkan kepada penderita depresi untuk penyembuhan.

Mendapatkan tubuh yang segar bugar dan prima tidaklah sulit karena Anda hanya perlu rutin bergerak atau berolahraga, salah satunya dengan berjalan kaki. Karena jalan kaki sangatlah murah atau bisa juga dikatakan gratis. Dengan rutin berjalan kaki Anda akan merasakan manfaatnya secara berangsur-angsur dan berdampak positif jangka panjang.

Semoga informasi tentang 8 Manfaat Jalan Kaki sebagai solusi atasi penyakit ini bisa memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan cara mudah yaitu berjalan kaki.

Mungkin Anda juga menyukai