8 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

8 manfaat jalan kaki yang menakjubkan. Tahukah Anda bahwa olahraga yang sangat murah meriah adalah jalan kaki. Jalan kaki pun bisa dibilang termasuk yang paling mudah dan aman. Walau seerhana, jalan kaki akan bisa menjadi kegiatan yang menggembirakan bila beserta anggota keluarga dan teman akrab. Anda bisa sambil ngobrol sambil jalan kaki.

8 manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Jalan kaki memang menyenangkan dan tak lepas dari banyaknya manfaat bagi kesehatan badan. 8 manfaat jalan kaki adalah poin penting untuk diketahui masyarakat agar bisa menanamkan dalam diri untuk rajin berolahraga jalan kaki dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu saja, jalan kaki bisa dijadikan sebagai gaya hidup sederhana namun menyehatkan badan.

8 Manfaat Jalan Kaki yang Luar Biasa

Bagi Anda yang sudah penasaran, berikut ini 8 manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik:

1. Penurun berat badan yang mudah dan murah

Jalan kaki termasuk langkah yang efektif dalam usaha menurunkan berat badan. Anda perlu bersepatu untuk berjalan kaki atau bisa juga dengan tanpa sepatu atau sandal karena lebih bermanfaat untuk kesehatan. Jalan kaki ternyata dapat secara ampuh membakar kalori tubuh dan seluruh otot akan juga bekerja dengan maksimal.

2. Menangkal datangnya serang jantung

Berjalan kaki sangat bagus dalam melancarkan peredaran darah pada jantung agar fungsinya lebih optimal dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

3.  Dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit

Agar tak mudah diserang penyakit, berjalan kaki bisa menjadi cara mujarab dalam menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh.

4. Meminimalisir adanya risiko kanker kolon dan kanker payudara

Bagi wanita yang selalu rajin berjalan kaki sekitar 65 sampai 135 menit dalam seminggunya dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker kolon sampai angka 18 %. Hal ini tentunya sangat berbeda apabila wanita yang jarang berolahraga.

5. Tubuh akan lebih bugar atau fit

Berjalan kaki hanya dengan waktu 30 menit dan 3 kali seminggu sudah bisa mendongkrak kondisi kebugaran dan membaiknya sistem pernafasan.

6. Kurangi tingkat stres

Tahukah Anda saat berjalan kaki, secara berangsur-angsur rasa khawatir dan cemas Anda mengenai kehidupan harian akan menurun, karena saat itulah endorfin dilepaskan. Disamping itu, berjalan kaki pun akan menenangkan Anda dan dapat menghilangkan pikiran yang tegang. Saat berjalan kaki pagi, Anda dapat dengan mudah menghirup udara bersih dan segar, maka pikiran pun jadi lebih rileks dan terang.

7. Memperbaiki fungsi otak

Sebuah studi menyatakan bahwa wanita yang berjalan kaki dalam 1,5 jam 1 minggu mempunyai fungsi kerja otak yang paling baik dibandingkan dengan orang yang cuma berjalan kaki 40 menit setiap minggu.

8. Menangkal osteoporosis

Tak hanya menguatkan otot tubuh, gerak tubuh dan berjalan kaki cepat bisa memperkuat tulang tubuh. Agar lebih optimal dalam penyerapan kalsium, olah tubuh sangat penting, selain berjalan kaki pada pagi hari disertai paparan sinar matahari.

Agar menangkal timbulnya osteoporosis tak hanya cukup dengan konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Badan pun perlu bergerak selalu secara rutin tiap hari dan meluangkan waktu 15 menit saja menikmati sinar matahari pagi supaya terhindar dari bahaya osteoporosis.

Walau dalam artikel ini hanya ditunjukkan 8 MANFAAT JALAN KAKI, anda pasti akan tertarik untuk berjalan kaki karena sangat murah, mudah dan simpel. Jalan kaki pun jauh dari risiko cedera, tak seperti olahraga lainnya.

Demikian penjelasan tentang 8 manfaat jalan kaki bagi kesehatan dan semoga kita semua bisa menerapkan olahraga murah meriah ini setiap hari agar kondisi kesehatan tubuh tetap terpelihara dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai