9 manfaat jalan kaki untuk kesehatan dan kebugaran

9 Manfaat Jalan Kaki Bagi Tubuh

9 manfaat jalan kaki – Jalan kaki dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sebaiknya berjalan kaki ini dilakukan selama 30 menit dalam sehari.

Akan tetapi, agar tubuh kita tak kaget, berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 10-15 menit per sehari sebagai awalan, barulah secara perlahan Anda tingkatkan durasinya.

Meskipun tampak sederhana, berjalan kaki secara rutin disertai dengan menjalani gaya hidup sehat, akan memungkinkan Anda untuk mendapat 9 manfaat jalan kaki berikut:

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan Menurunkan Kolesterol

Olahraga ini memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan jantung dan juga mengatur tingkat kolesterol. Menurut penelitian, jalan kaki selama 30 menit dapat menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung.

Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan denyut jantung dan juga memperkuat jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Dengan jalan kaki selama 30 menit dalam sehari Anda mampu membakar 150 kalori per hari. Untuk membakar kalori yang lebih banyak maka sebaiknya lakukan jalan kaki dengan tempo yang cepat.

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis diakibatkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang pun menjadi keropos dan bahkan rentan patah karena rapuh. Dengan berjalan kaki secara teratur, Anda bisa mempertahankan kesehatan tulang Anda.

4. Mengurangi Stres

Menyempatkan untuk berjalan kaki dalam sehari dapat mengurangi stres. Berjalan kaki akan memicu endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sempatkan diri Anda untuk berjalan kaki selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh Anda dapat meningkat dan melawan infeksi. Bahkan Berjalan kaki juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

6. Mencegah Diabetes

Jalan kaki membantu Anda mencegah diabetes dengan cara memicu otot untuk bekerja lebih sehingga penyerapan glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki secara rutin, Anda bisa mengurangi terkena diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

7. Melembabkan Kulit

Anda dapat memetik manfaat lainnya dari jalan kaki di pagi hari yaitu kulit yang bebas jerawat dan juga lembab karena kulit Anda bisa bernafas dan mendapatkan paparan udara bersih untuk mendetoksifikasi kulit Anda.

8. Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang menderita insomnia, sebaiknya sebelum tidur atau saat pagi hari Anda berjalan kaki. Jika Anda melakukan jalan kaki selama 30 menit setiap pagi, maka Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Jalan kaki akan membantu metabolisme dan juga mmberikan efek yang nyaman pada saat tidur nantinya.

9. Menjaga Kebugaran Tubuh

Berjalan kaki membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Seluruh tubuh Anda bergerak dan otot-otot Anda menjadi lebih terlatih.

Untuk mendapat tubuh yang bugar, maka berjalan kakilah selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Dengan meningkatnya kebugaran tubuh, maka kekebalan tubuh Anda pun juga ikut meningkat.

Nah itu tadi 9 manfaat jalan kaki. Maka dari itu manfaatkanlah olahraga yang mudah dan murah ini sebaik-baiknya. Luangkanlah waktu Anda dalam sehari untuk berjalan kaki. Semoga bermanfaat.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site