9 manfaat jalan kaki untuk kesehatan

9 Manfaat Jalan Kaki Tingkatkan Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Jalan Kaki yang masih dianggap biasa dan standar untuk hal tipe olahraga. Nyatanya walaupun begitu, olahraga jalan kaki juga mampu membasmi berbagai penyakit yang bisa merusak kondisi kesehatan seperti kelebihan berat badan, gangguan nafas, penyakit jantung, sakit migrain dan banyak lainnya.

Apalagi sekarang orang banyak tergoda dengan iklan dari perusahaan otomotif yang selalu mempromosikan produk otomotif seperti sepeda motor dan mobil untuk masyarakat membeli dan memakainya. Sehingga jalan kaki yang jelas dapat membantu orang dalam memelihara kesehatan tubuh malah mulai diabaikan.

Tetapi karena itu masih banyak orang yang masih belum tahu akan informasi tentang manfaat jalan kaki yang sebenarnya. Sungguh disayangkan, tapi itu tidak masalah. Karena hal tersebut sudah Anda temukan disini. Kami akan menjelaskan lebih detail apa saja 9 manfaat jalan kaki yang sangat berguna untuk tubuh agar selalu sehat dan bugar. Kebanyakan orang ingin mendapatkan kesehatan dengan biaya sedikit alias murah meriah.

Nah, inilah salah satu solusinya dengan berjalan kaki secara rutin. Aktivitas ringan namun bermanfaat tinggi untuk setiap orang.

Semuanya bisa asalkan ada niat tulus dari hari untuk membiasakan olahraga positif ini. Tanpa perlu alat mahal, tempat khusus, pakaian khusus dan tentunya yang paling disuka adalah minim risiko cedera.

Lebih hebatnya lagi jika Anda rutin berjalan kaki sepanjang 2 atau 3 kilometer, Insya ALLAH dapat menyembuhkan penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Anda tidak perlu repot-repot pergi ke rumah sakit terdekat untuk pengobatan apalagi perawatan. Ya, pastinya akan membuat tabungan Anda cepat “terjun bebas”.

Cukup rutin melakukan kegiatan jalan kaki setiap hari akan membuat kondisi tubuh jadi lebih baik dan sehat.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi berikut sederet 9 Manfaat Jalan Kaki yang wajib Anda ketahui dan direkomendasikan untuk segera menerapkannya dalam waktu dekat agar Anda bisa merasakan langsung khasiatnya.

1. Dapat menjauhkan diri Anda dari sakit diabetes tipe dua
Ya, diabetes sudah terkenal sekali sekarang ini. Bagaimana tidak, banyak makanan dan minuman serba manis yang menjadi pemicu nomor satu. Untuk mencegahnya, kita bisa melakukan berbagai cara, salah satunya yang efektif adalah berjalan kaki sekitar 150 menit saja tiap minggu. Itu dapat menurunkan sekitar 7% dari total berat badan Anda atau kalau dihitung dalam kilogram sebanyak 7kg. Hmmm, lumayan kan? Kalau untuk diabetes dapat berkurang sekitar 58%. Sangat berguna bagi orang yang lagi menderita diabetes karena caranya mudah, murah dan tidak memberikan efek samping seperti kalau minum obat-obatan.

2. Akan menambah kekuatan jantung pada pria
Berdasar hasil riset yang dilakukan, ada bukti yang menunjukkan bahwa level kematian terhadapt pria yang sudah tidak bekerja (pensiun) dengan kegiatan berjalan kaki tidak sampai 1 mil setiap hari dua kali lipat daripada pria pensiunan yang berjalan kaki sejauh 2 mil per hari. Ini menegaskan bahwa berjalan kaki lebih jauh dapat mengurangi lebih banyak pula tingkat kematian seseorang.

3. Jantung wanita juga bisa lebih kuat
Bagi wanita, jangan berkecil hati. Karena jalan kaki pun sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung wanita. Anda sebuah kajian yang dilakukan kepada banyak wanita yaitu 72488 orang wanita dengan percobaan berjalan kaki selama tiga jam setiap minggu dapat meminimalkan bahaya serangan jantung dan berbagai gangguan jantung lainnya.

4. Sangat bagus untuk kesehatan otak
Sebuah hasil lagi dalam sebuah kajian membahas hal jalan kaki. Wanita yang berolahraga jalan kaki selama 90 menit per pekan mempunyai kondisi yang baik dalam otaknya karena peningkatan fungsi dan kinerja otak lebih baik dibanding dengan wanita yang cuma berjalan kaki tidak sampai 1 jam per pekan.

5. Membantu tulang agar sehat
Gerakan jalan kaki sangatlah baik untuk kesehatan tulang Anda. Ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan kepada wanita yang sudah menopause dengan aktivitas berjalan kaki dalam kisaran 1 mil per hari ternyata mempunyai tulang yang lebih padat dibanding wanita yang kurang dalam berjalan kaki. Kabar baik ini bisa Anda jadikan motivasi tersendiri memang agar kondisi tulang tetap sehat dan kuat.

6. Risiko depresi menjadi berkurang
Depresi menjadi masalah yang patut dihindari. Caranya adalah dengan rutin berjalan kaki sekitar setengah jam, sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Lakukan ini dalam kurun waktu sekitar 3 bulan maka dampak positifnya dapat dirasakan dengan berkurangnya tingkat depresi pada diri.

7. Menekan bahaya penyakit kanker payudara dan usus (kolon)
Bagi wanita yang rutin berjalan kaki sekitar 65 menit sampai 135 menit dalam tiap minggunya dapat mengalami sebuah hal positif yaitu berkurangnya risiko kanker payudara dan kolon sampai 18%. Ini berbeda pada wanita yang lebih pasif bergerak (berjalan kaki). Sebuah kajian pun menunjukkan bahwa jalan kaki dapat menangkal adanya kanker kolon. Khusus bagi orang yang sudah mengalami kankerĀ  tersebut, maka olahraga jalan kaki dapat menambah mutu hidupnya serta menekan jumlah kematian.

8. Kondisi fisik yang semakin bugar
Supaya tubuh tetap bugar dan mendapatkan kesehatan dalam sistem pernafasan. Anda cukup melakukan olahraga jalan kaki sebanyak tiga kali per pekan sekitar 30 menit saja. Cukup mudah kan?

9. Tambah bugar dengan berjalan kaki beberapa menit
Sebuah kajian ilmiah mengungkapkan bahwa wanita yang berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit saja per hari mendapatkan hal baik bagi kesehatan. Efeknya akan tampak dengan bertambahnya kondisi kebugaran serta lemak yang makin menurun dalam tubuh, jika dirutinkan sampai setengah jam tiap hari.

Demikian informasi dan ulasan mengenai 9 manfaat jalan kaki yang sangat baik meningkatkan kondisi tubuh yang sehat. Perlu niat yang kuat juga usaha yang kuat pula untuk segera membiasakan jenis olahraga ringan ini. Siapkah Anda mencobanya?