manfaat jalan cepat bagi kesehatan

Ada Manfaat Besar dari Jalan Cepat. Anda Mau?

Berjalan kaki adalah hal yang biasa dilakukan tiap orang. Namun berjalan dengan cepat masih jarang dilakukan karena banyaknya keringat yang akan keluar dan tubuh akan cepat lelah. Namun jangan khawatir dengan hal itu, karena berjalan cepat 30 menit sehari dapat Anda rasakan manfaatnya nanti bagi tubuh.

Apa yang akan Anda dapat dengan berjalan cepat? Lemak tubuh akan menipis, otot semakin kuat dan kokoh, kondisi jantung dan pembuluh darah jadi lancar, tulang kuat atau terhindar dari osteoporosis.

Makna dari jalan cepat disini adalah kegiatan berjalan yang lumayan cepat tapi bukan berlari. Gerakannya pun dengan cara melangkahkan kaki ke depan dengan cepat secara bergantian.

Bagi Anda yang belum pernah sekalipun berjalan cepat 30 menit sekaligus bukanlah hal yang mudah dilakukan. Solusinya bisa dibagi waktunya menjadi 3 fase sehingga membuatnya lebih mudah.

Lakukan jalan cepat 10 menit terlebih dulu sebanyak 3 kali sehari. Intinya adalah kegiatan jalan cepat bisa terlaksana secara reguler. Terapkanlah pada waktu yang terjadwal setiap harinya.

Tips Aman Berjalan Cepat

Setiap jenis olahraga perlu adanya cara yang benar dalam melakukannya agar cedera bisa dicegah atau dikurangi. Untuk itu, Anda wajib melakukan tips berikut ini sebelum berjalan cepat. Yuk simak!

1. Gunakan sepatu dan pakaian yang benar

Supaya saat berjalan cepat lebih efektif dan lancar, pilih sepatu olahraga yang benar agar kaki Anda terhindar dari cedera. Disamping itu, gunakan pakaian yang cocok dengan situasi, cuaca dan nyaman saat dikenakan.

Bila dalam kondisi gelap di luar ruangan ketika berolahraga, Anda mesti memakai pakaian yang cerah, misalnya kaos putih, ini berguna agar orang lain yang berada di jalanan bisa melihat Anda dengan jelas.

2. Tentukan rute jalan yang aman dan nyaman

Daerah yang dilalui untuk berjalan cepat haruslah aman dan nyaman. Tapi tetap fokus memperhatikan kondisi jalan untuk menghindari cedera. Carilah rute jalan yang baik, dalam artian tidak ada lubang, tidak banyak gelombang, tidak licin, tidak basah, tidak dalam cuaca hujan, tidak banyak orang agar olahraga jalan cepat makin optimal dan sukses.

3. Lakukan gerakan pemanasan

Gerakan pemanasan perlu dilakukan sekitar 5 sampai 10 menit saja. Walaupun untuk olahraga sederhana ini yaitu jalan kaki cepat. Setiap mau berolahraga, apapun itu, wajib bagi kita melakukan pemanasan agar terhindar dari cedera dan otot tubuh siap berolahraga.

4. Lakukan gerakan pendinginan

Selain melakukan gerakan pemanasan, tentunya ada juga gerakan pendinginan setelah Anda berjalan kaki cepat menjelang usai. Caranya adalah berjalan santai dan tenang sekitar 5 hingga 10 menit. Itu bertujuan untuk mendinginkan otot-otot yang panas setelah olahraga utama (jalan cepat).

5. Lakukan gerakan peregangan

Ingatlah selalu untuk melakukan gerakan peregangan sesudah tahap pendinginan tadi. Anda pun bisa melakukan peregangan sebelum olahraga jalan cepat, tapi ingatlah untuk tahap pemanasan di awal.

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jalan cepat mengandung limpahan manfaat bagi tubuh. Hal ini tidak bisa dianggap sepele. Meskipun olahraganya adalah jalan cepat. Berikut adalah manfaat yang bisa didapat:

Bikin suasana hati jadi lebih baik

Ada riset yang menunjukkan bahwa jalan cepat bila dilakukan rutin, bisa memperbaiki kondisi hati. Tak kalah pentingya juga, jalan cepat dapat mengobati rasa depresi.

Mengurangi bahaya demensia

Berjalan kaki cepat atau santai sama manfaatnya bagi tubuh bila rutin dilakukan yang berguna memperlancar aliran darah menuju organ otak. Jika aliran darah ke otak lancar, maka penyakit pembuluh darah dapat berkurang. Pada tahun 2014, World Alzheimer menyatakan bahwa olahraga rutin atau teratur bisa mengurangi risiko demensia. Jadi, jalan kaki sangatlah berguna untuk orang usia lanjut yang rentan terhadap risiko demensia ini.

Jantung tetap sehat dan kuat

Dengan olahraga jalan cepat jantung bisa terjaga kesehatannya. Disamping itu, jalan cepat berguna mengurangi risiko hipertensi dan kolesterol. Dua keadaan itu termasuk pemicu penyakit stroke dan jantung.

Dapat mengendalikan dan menangkal diabetes

Ada pernyataan dari pakar diabetes bahwa berjalan cepat 20 sampai 30 menit bisa menurunkan kadar glukosa (gula) darah dalam 24 jam. Disamping itu, jalan cepat rutin juga dapat membuat seseorang punya berat badan ideal. Keduanya menjadi faktor penting dalam menghindari dan mengatur diabetes.

Dapat mencegah osteoarthritis

Latihan beban tubuh yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Jadi ini merupakan aktivitas baik yang bisa memelihara kesehatan tulang rawan Anda. Selanjutnya juga bisa mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis. Kegiatan berjalan kaki ini pula sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit degeneratif yakni sendi bengkak, kaku dan nyeri. Hal ini biasa disebut osteoarthritis. Jadi, rutinlah berjalan kaki agar kualitas kesehatan tubuh menjadi baik.

Sebagian orang belum menyadari bahwa jalan kaki juga termasuk olahraga atau gerak tubuh yang sederhana, murah dan mudah. Bisa dilakukan dalam atau luar ruangan. Tanpa perlu beli peralatan yang banyak dan mahal. Risiko dari aktivitas ini pun terbilang kecil apabila dilakukan dengan tepat dan benar. Perlu diingat juga, jika kondisi kesehatan sedang terganggu, Anda wajib bertanya kepada dokter dan meminta nasehat agar aktivitas jalan kaki ini masih dapat berdampak baik buat tubuh.

Sumber: Alodokter.com

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site