Apa Kegunaan Jalan Kaki?

apa kegunaan jalan kaki untuk tubuh

Apa Kegunaan Jalan Kaki – Jalan kaki memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh seseorang. Akan tetapi faktanya masih banyak orang yang belum menyadari betapa besar manfaat olahraga jalan kaki ini.

Tak seperti berenang atau bersepeda, olahraga yang satu ini tak memerlukan waktu khusus dan peralatan penunjang tertentu. Bahkan, Anda mungkin sering melakukannya setiap hari tanpa disadari.

Walaupun berjalan merupakan kegiatan rutin sehari-hari, belum tentu Anda sadar dan tahu manfaat jalan kaki untuk tubuh. Lalu, Apa Kegunaan Jalan Kaki? Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan jalan kaki yang bisa kamu dapatkan:

1. Memperkuat jantung

Jalan kaki secara rutin mampu mengurangi resiko stroke dan menjauhkan Anda dari munculnya penyakit jantung. Manfaat yang diperoleh yakni juga menurunnya kadar kolesterol jahat serta meningkatnya kolesterol baik dan juga menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Menurunkan berat badan

Ada banyak sekali cara untuk membakar kalori dengan olahraga dan salah satunya yaitu berjalan kaki. Cara ini sangatlah murah, mudah dan tak memerlukan peralatan khusus.

Dengan bergerak, maka massa otot akan mengalami peningkatan, metabolisme semakin cepat dan hasilnya kalori banyak yang terbakar.

3. Mengurangi resiko berbagai macam penyakit

Sebuah studi menunjukkan manfaat berjalan kaki secara rutin setiap hari dapat mencegah berkembangnya diabetes. Jalan kaki juga dapat memangkas resiko kanker usus besar, asma, kanker payudara dan kanker rahim.

4. Mencegah Osteoporosis

Berjalan kaki dapat meningkatkan kekuatan tulang kita karena merupakan kegiatan dimana kita menahan beban. Olahraga ini juga menjaga sendi agar tetap sehat sehingga dapat mencegah terkena gangguan radang sendi.

5. Mencegah pikun di usia senja

Jalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan otak yakni dapat mempertajam daya ingat otak dan mengurangi resiko pikun sampai 40 persen.

6. Membentuk tubuh lebih proporsional

Jalan kaki dapat mengangkat otot paha, pantat dan betis. Jangan lupakan pula, kualitas tidur akan meningkat jika Anda sebelumnya sudah berjalan kaki.

7. Meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh

Jalan kaki di pagi hari dapat membantu memperbanyak vitamin D alami yang ada di dalam tubuh manusia. Vitamin ini jarang sekali ada pada bahan makanan namun tubuh bisa memproduksinya dengan bantuan sinar matahari pagi.

8. Memberikan energi tambahan bagi tubuh

Jalan cepat merupakan salah satu sumber energi alami yang terbaik di sekitar kita. Berjalan kaki dapat menyuplai oksigen ke seluruh sel tubuh, meredakan ketegangan otot dan menjaga kewaspadaan tetap terjaga.

9. Memperbaiki suasana hati

Berjalan kaki dapat memberikan efek anti-depresi yang bisa mengurangi stres, memperbaiki mood dan kecemasan. Ternyata, selain berguna bagi kesehatan tubuh juga bermanfaat menjaga kesehatan mental.

Nah, itu tadi informasi terkait Apa Kegunaan Jalan Kaki. Semoga bermanfaat.

Share