apa manfaat jalan kaki setiap hari untuk tubuh

Apa Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari?

Apa manfaat jalan kaki setiap hari – Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang memiliki segudang manfaat. Berjalan kaki dianggap sebagai olahraga yang efektif karena bisa dilakukan siapapun.

Penelitian membuktikan bahwa berjalan kaki mampu mencegah penyakit kronis umum seperti masalah jantung, diabetes dan juga tekanan darah tinggi. Bahkan, dokter juga merekomendasikan untuk melakukan jalan kaki sebagai selingan olahraga berat yang lainnya.

Dengan berjalan kaki, maka mental dan fisik Anda akan terasa segar. Selain itu, olahraga ini sangat murah karena tak membutuhkan alat tambahan. Lalu Apa manfaat jalan kaki setiap hari? Berikut ini ulasannya:

1. Mencegah dimensia

Dimensia adalah penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang seringkali menyerang orang tua. Penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini bisa kita cegah dengan cara melakukan jalan kaki setiap hari secara rutin. Ia setidaknya dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan usaha yang cukup untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Keringat dan metabolisme tubuh yang lancar akan membantu imunitas tubuh agar tak terserang dari berbagai macam penyakit berbahaya.

3. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki dapat membuat tekanan darah bisa berkurang dimana akan mengurangi pelengketan antar sel darah yang bisa saja mengakibatkan gumpalan bekuan darah menyumbat pembuluh darah.

Ketika berjalan kaki, tubuh otomatis akan bergerak sehingga kolesterol baik pun mengalami peningkatan sehingga mampu untuk menyehatkan jantung.

4. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki setiap hari merupakan salah satu jenis olahraga santai. Meskipun begitu aktivitas ini bisa membuat sistem pernafasan lebih kuat dan lebih lancar tentunya. Dengan berjalan kaki secara rutin maka nafas anda akan lebih panjang dan lega.

5. Meningkatkan vitamin D

Vitamin D di dalam tubuh bisa didapatkan dari berbagai sumber. Selain dari sinar matahari pagi, makanan juga merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D.

Berjalan kaki tentu saja akan memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan dan itu artinya nutrisi vitamin D dalam tubuh anda akan meningkat.

6. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang seringkali terjadi pada orang tua ini terjadi karena massa tulang yang rendah dan juga mikro arsitektur tulang serta kualitas jaringan tulang yang menurun sehingga menimbulkan kerapuhan tulang.

Pencegahan tulang keropos ini tak hanya didapat dari kalsium pada susu, namun juga perlu diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti setidaknya jalan kaki 15 menit sehari setiap hari.

Nah itu tadi informasi terkait apa manfaat jalan kaki setiap hari. Semoga uraian manfaat diatas bisa menjadi penyemangat anda untuk terus jalan kaki secara rutin agar badan bisa senantiasa sehat dan bugar.