apa saja manfaat jalan kaki untuk kita

Apa Saja Manfaat Jalan Kaki?

Apa saja manfaat jalan kaki – Berjalan kaki secara rutin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seringkali diantara kita malas untuk bangun pagi dan berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari.

Padahal banyak sekali orang yang yakin bahwa dengan berjalan kaki setiap harinya akan memberikan kebugaran dan juga kesegaran bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat jalan kaki bagi kesehatan? Berikut ini uraiannya :

1. Mencegah osteoporosis

Berjalan kaki akan memperkokoh otot-otot badan dan juga tulang. Selain butuh paparan cahaya matahari pagi, pergerakan badan juga diperlukan untuk metabolisme kalsium.

Tak hanya ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah proses osteoporosis, tubuh pun juga membutuhkan gerak badan dan waktu setidaknya 15 menit terpapar matahari pagi agar terhindar dari resiko osteoporosis.

Bagi mereka yang melakukan gerak badan sejak dini dan mengonsumsi kalsium yang cukup, maka sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman osteoporosis dan pengeroposan tulang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kinerja jantung sangat berkaitan dengan peredaran darah. Sedangkan penyakit serangan jantung adlaah penyakit utama yang paling banyak ditakuti orang, mungkin termasuk Anda.

Nah ternyata berjalan kaki mampu menurunkan kemungkinan Anda terkena serangan jantung. Hal ini karena rutin jalan kaki dapat membantu jantung Anda memompa darah dengan baik dan juga mengedarkannya ke seluruh tubuh.

3. Mencegah penyakit stroke

Selain serangan jantung, penyakit stroke juga merupakan penyakit yang sering menimpa masyarakat Indonesia. Penyakit ini muncul dari berbagai penyebab seperti diabetes, kolesterol dan juga tekanan darah.

Namun dengan berjalan kaki, penyakit ini bisa dicegah dengan baik. Jika Anda rutin jalan kaki setiap hari saat pagi hari, maka resiko mengalami stroke akan berkurang 2/3 kalinya.

Stroke juga dapat melumpuhkan kinerja syaraf dan otot Anda, sedangkan dengan berjalan kaki otot dan syaraf Anda akan terlatih dan tak akan tiba-tiba disfungsi atau hilang.

4. Menjaga kualitas tidur

Untuk Anda yang menderita insomnia, maka ada baiknya untuk berolahraga sebelum tidur ataupun dipagi harinya. Salah satunya Anda bisa memilih jalan kaki sebagai olahraga ringan untuk membantu Anda agar dapat tertidur dengan nyenyak. Olahraga yang dilakukan di pagi hari dapat membantu kualitas tidur lebih baik.

5. Berat badan stabil

Dengan membiasakan berjalan kaki secara rutin, maka laju metabolisme tubuh akan ditingkatkan. Dengan berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada bisa terbakar karena metabolisme tubuh yang meningkat, sehingga kenaikan berat badan tak akan terjadi.

6. Menyehatkan paru-paru

Berjalan kaki dapat menyehatkan paru-paru Anda jika dilakukan dengan tempo yang cepat. Kesehatan paru-paru ini terjadi karena pompa udara yang dilakukan saat olahraga berjalan kaki namun tak terlalu memberatkan. Khususnya bagi Anda yang sangat jarang berolahraga.

Selain itu jika Anda jalan kaki saat pagi hari, oksigen pada pagi hari sangat baik untuk dihirup dan paru-paru Anda tentu saja akan merasa jauh lebih segar.

Nah, itu tadi informasi terkait apa saja manfaat jalan kaki. Semoga bermanfaat.

Share