Apa Sih Manfaat Jalan Kaki? Cari Tahu Manfaatnya Disini!

apa sih manfaat jalan kaki untuk kita

Apa Sih Manfaat Jalan Kaki – Banyak orang yang bilang bahwa jalan kaki itu termasuk salah satu olahraga yang murah dan ringan. Memang, hal tersebut betul adanya.

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga ringan yang satu ini. Namun, masih banyak sebagian besar orang yang malas berjalan kaki. Sebab, mereka kurang tahu betul apa sih manfaat jalan kaki itu.

Apakah kamu juga salah satunya? Ingin tahu manfaat dari jalan kaki? Berikut ini kami uraikan apa saja manfaatnya di bawah ini.

Sebagian besar orang mungkin masih menyepelekan manfaat dari jalan kaki. Mereka lebih suka mengendarai kendaran bermotor untuk bepergian ke tempat yang dekat atau pun jauh. Sebenarnya, memiliki kebiasaan jalan kaki itu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Apa sih manfaat jalan kaki itu? Diantaranya, yaitu:

Mencegah penyakit osteoporosis

Oesteoporosis termasuk salah satu penyakit tulang yang sering dialami oleh orang lanjut usia. Oesteoporosis terjadi diakibatkan oleh adanya kerapuhan tulang.

Kerapuhan tulang kita di masa senja sebenarnya dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi kalsium yang diimbangi dengan banyak melakukan gerakan badan secara menyeluruh. Dan, jalan kaki salah satu solusinya yang bisa dilakukan.

Menjaga kesehatan jantung

Berjalan kaki dapat membuat tekanan darah berkurang sehingga bisa mengurangi pelengketan antar sel darah yang mana merupakan penyebab menggumpalnya bekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Dengan berjalan kaki dapat mengerakkan tubuh sehingga dapat membuat kolesterol baik dalam darah menyerap kolesterol jahat yang mana bisa menyehatkan jantung.

Menjaga kebugaran tubuh

Dengan berjalan kaki secara sering dan rutin dapat meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan lebih lancar dan kuat, sebab berjalan kaki membuat tubuh bergerak dan membantu nafas bisa lebih panjang.

Mencegah penyakit dimensia di usia senja

Demensia merupakan penyakit yang menyebabkan fungsi otak menurun yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Berdasarkan penelitian, penyakit dimensia dapat dicegah resikonya sebanyak 40% dengan cara melakukan jalan kaki secara rutin.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Berjalan kaki dapat membuat kita bergerak dan berkeringat sehingga metabolisme tubuh dapat lancar yang mana juga berpengaruh terhadap imunitas tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Dapat membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh secara alami

Vitamin D dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti makanan dan sinar matahari pagi. Berjalan kaki dapat membantu meningkatkan nutrisi Vitamin D dalam tubuh sebab dengan banyak berjalan kaki di luar ruangan terutama di pagi hari maka secara otomatis akan memberikan tubuh sinar matahari yang cukup.

Itulah sekiranya beberapa manfaat dari berjalan kaki. Jadi, sudah tahu kan apa sih manfaat jalan kaki itu? Bila seperti itu, tidakkah kamu ingin juga meningkatkan kebiasaan berjalan kaki secara rutin? Dijamin, ini sangat baik bagi kesehatan kamu.

Share