Apakah Berjalan Kaki Termasuk Olahraga?

Apakah jalan kaki termasuk olahraga? Pertanyaan itu mungkin saja muncul di benak orang. Selama ini olahraga yang dikenal banyak orang adalah sepakbola, lari, jogging, senam dan banyak lagi lainnya. Olahraga yang sering ditayangkan di televisi itulah yang dipandang masyarakat luas sebagai olahraga.

Jalan kaki bisa saja dianggap orang adalah gerakan biasa saja dan tidak memperoleh khasiat khusus atau istimewa. Orang yang berjalan kaki baik ke sekolah, kantor, pasar, atau ke warung toko terdekat dianggap hal yang kecil atau rendah. Ya, kita harus maklumi itu dan mesti sabar. Setiap orang pasti berbeda arah pikirannya.

Sebenarnya berjalan kaki itu banyak mengandung manfaat dan khasiat terbaik untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda sudah tahu hal tersebut?

Jika belum, maka informasi ini tentunya sangat baik untuk Anda agar bisa melatih diri untuk menjaga kesehatan dengan hanya berjalan kaki.

Diantara penyakit yang bisa dicegah menurut peneliti adalah diabetes, kanker payudara, dapat membakar lemak tubuh dan mengontrol berat badan Anda. Ini saja menurut saya adalah manfaat yang luar biasa. Tidak bisa dianggap remeh. Semoga dengan manfaat yang saya tuliskan tadi sudah bisa menarik hati Anda untuk mulai membiasakan berjalan kaki dengan senang hati.

Berjalan kaki adalah salah satu yang direkomendasikan oleh para intelektual untuk dijadikan metode untuk pembakaran lemak tubuh yang terbukti ampuh. Cara mudahnya adalah Anda bisa berjalan sekurangnya sampai 45 menit di area sejuk. Bila Anda melakukan hal itu sekitar satu pekan, maka tubuh Anda akan mengalami metamorfosis, yakni berat badan yang mulai berkurang.

Banyak ilmuwan yang menganjurkan bagi semua orang untuk rutin berjalan kaki. Mengapa? Karena berjalan kaki tak perlu biaya banyak untuk melakukannya serta manfaatnya sudah beragam.

Anda ingin tahu lebih detil lagi mengenai apa saja manfaat jalan kaki? Mari simak dan ikuti laporan hasil risetnya di bawah ini.

1. Dengan berjalan kaki secara reguler maka otot dan stamina tubuh menjadi lebih bugar dan kuat.

2. Dapat menyehatkan jantung Anda.

3. Selain membuat jantung sehat, berjalan kaki bisa menstabilkan tensi/tekanan darah dan memudahkan aliran darah, maka jantung pun akan lebih bagus kinerjanya.

4. Berjalan kaki adalah gerakan tubuh teratur dan itu sangat baik untuk tulang jadi lebih sehat dan kuat.

5. Rutin berjalan kaki tiap hari minimal setengah jam dapat memperbaiki kepadatan atau massa tulang dan mengurangi timbulnya penyakit osteoporosis. Terlebih, olahraga ini bisa juga menggerakkan bagian tubuh seperti paha, pinggul, dan betis secara serempak.

6. Orang yang sedang tidak baik hati atau mood, sebaiknya lakukan olahraga berjalan kaki santai karena bisa membuat mental menjadi sehat, stres berkurang dan memperbaiki mood Anda.

7. Lebih bagusnya, berjalan kaki bisa menangkal penyakit diabetes tipe dua. Ini sungguh penting, karena diabates sudah jadi penyakit populer di masa sekarang.

8. Bahaya diabetes dapat diantisipasi dengan berjalan kaki dalam waktu sekitar hampir 2,5 jam dalam 1 minggu. Anda mau coba?

9. Kanker usus dan kanker payudara memang penyakit mematikan dan itu bisa dicegah dengan olahraga jalan kaki yang murah meriah.

10. Jenis olahraga berjalan kaki dapat digolongkan dalam olahraga paling aman jika ditandingkan dengan olahraga lari. Lari saja bisa membuat tubuh cepat lelah dan termasuk membenturkan sendi lebih keras. Pada saat lari, tubuh Anda melompat dan terhentak ke dasar tanah. Berbeda dengan berjalan kaki. Tidak ada benturan keras disana. Berjalan kaki juga minim risiko cedera.

Dari aneka manfaat jalan kaki diatas, betapa hebatnya olahraga murah ini yaitu berjalan kaki. Sudah saatnya Anda motivasi diri untuk rutin berjalan kaki. Mudah sekali, karena jalan kaki tidak membuat polusi, tak perlu keluar uang banyak dan pastinya sangat bagus untuk memelihara tubuh agar sehat.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa teka-teki tentang apakah berjalan kaki termasuk olahraga, jawabannya adalah iya. Jalan kaki termasuk olahraga. Olahraga murah, mudah, praktis, dan menyehatkan.

Silakan bagi Anda untuk berjalan kaki dan ajak keluarga agar suka berjalan kaki untuk memperoleh manfaat kesehatan yang signifikan.

Mungkin Anda juga menyukai