Apakah Jalan Kaki Bisa Membakar Lemak

Apakah jalan kaki bisa membakar lemak dengan cepat? Ini adalah pertanyaan yang mungkin muncul dalam pikiran Anda. Tak terlepas saya sendiri. Karena sejak dulu saya bingung mencari cara yang aman, mudah dan efektif untuk membakar lemak.

Namun saat ini saya sudah menemukannya dan yang pasti sudah menerapkannya secara rutin. Ya betul, cara tersebut adalah berjalan kaki. Sebagian orang mayoritas pasti setuju kalau jalan kaki lebih sederhana dibanding berlari. Jalan kaki itu membuat tubuh tidak cepat lelah dan bisa dilakukan secara santai.

Pernahkah Anda berjalan kaki dengan jarak yang jauh? 1 km? 2 km? atau bahkan lebih dari itu? Kebetulan saya pernah beberapa kali berjalan kaki jauh. Rasanya sungguh menyegarkan badan.

Jalan kaki memang gerakan biasa, tapi ada jalan kaki yang bagus untuk olahraga dan jalan kaki biasa yang tidak memberikan efek mencolok pada tubuh. Nah, buat Anda yang penasaran apakah jalan kaki bisa membakar lemak dan bagaimana caranya yang benar, berikut panduannya untuk Anda.

1. Berjalan kaki sendirian saja

Ya, setiap orang pasti berjalan kaki bersama orang lain entah itu teman, sahabat, keluarga dan lainnya. Memang rasanya bisa membuat Anda lebih banyak berbincang-bincang. Tapi itu tidak dapat membuat Anda berkonsentrasi pada gerakan olahraga jalan kaki Anda. Alangkah baiknya jika Anda serius membakar lemak dan berolahraga, maka jalan kaki sendirian lebih bagus karena bisa fokus mengatur gerakan kaki, tingkat kecepatan berjalan Anda dan berapa jarak yang akan ditempuh. Anda bisa mencoba cara ini, dijamin ampuh membakar lemak. Karena saya sendiri juga sudah pernah membuktikannya.

2. Tambah selalu kecepatan berjalan Anda

Tingkat kecepatan berjalan pasti berbeda-beda. Jika Anda ingin berolahraga dengan berjalan kaki, maka wajib mahir untuk menata kecepatan. Anda bisa berjalan kaki dalam kecepatan beragam, mulai dari kecepatan yang rendah, medium sampai tinggi. Anda bisa merasakan tubuh Anda bergerak dalam level tersebut dan meraih prestasi yang baik. Apabila Anda rutin melakukan metode tadi, maka lemak tubuh akan cepat terbakar, tubuh menjadi minim risiko obesitas. Ada tips tambahan, jika Anda ingin mengakhiri jalan kaki, lakukan secara bertahap untuk kecepatan berjalan Anda.

3. Jalan kaki di tanjakan? Coba yuk!

Nah, ini metode jalan kaki yang cukup menantang disamping berjalan kaki cepat. Buat Anda yang belum pernah berjalan kaki di area tanjakan, maka ini bisa membuat Anda lebih efektif membakar lemak dan juga melatih jantung, paru-paru dan otot tubuh. Untuk menghindari reaksi tubuh Anda dengan berjalan menanjak, maka lakukan dengan berangsur dan bertahap, supaya fisik Anda tidak terkejut dan cepat capek menempuh medan jalan menanjak.

4. Lakukan jalan kaki secara berkala

Penting diperhatikan dan diterapkan adalah berjalan kaki secara berkala untuk meraih hasil efektif. Jika Anda tidak rutin berjalan kaki, maka hasilnya tidak akan Anda rasakan dengan memuaskan. Tips ini juga pasti berlaku pada hal lainnya untuk membangun tubuh agar sehat, misalnya diet, tidur, dan lainnya. Sesuatu hal yang tidak teratur khususnya olahraga maka akan membuat tubuh kurang stabil.

5. Berjalan di kawasan pantai

Anda pasti merasakan bosan jika berjalan di rute yang sama terus-menerus. Untuk lebih bisa diri Anda merasakan asyiknya berjalan kaki, maka Anda bisa coba berjalan kaki di daerah yang berbeda dari biasanya yaitu pantai yang tentunya berpasir dan di air.

Perlu saya tekankan disini bahwa untuk menempuh cara diatas perlu konsisten dan fokus. Pikiran bahwa ingin selalu cepat dapat hasil yang baik itu adalah keliru. Kembali kepada pertanyaan utama di awal artikel ini, apakah jalan kaki bisa membakar lemak? Jawabannya adalah bisa, asalkan dilakukan dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Memang semua itu membuat Anda lelah dan dalam proses tidak secepat kilat. Sebuah prestasi yang dibilang baik adalah jika Anda berolahraga dengan konstan dan menerapkan pola hidup sehat lagi positif. Insya ALLAH tubuh menjadi sehat dan bugar. Ayo coba sekarang juga. Selamat mencoba, semoga Anda berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai