Apakah Jalan Kaki Itu Sehat?

Berjalan kaki tak akan mati selama manusia ada di muka bumi ini. Itu akan menjadi aktivitas sekaligus olahraga murah meriah bagi manusia.

Namun sayangnya dengan maraknya produk otomotif dari berbagai perusahaan otomotif yang begitu banyak membuat orang banyak tergoda untuk membeli dan memiliki kendaraan pribadi (motor dan mobil).

Apa akibatnya? Orang yang memakai kendaraan bermotor makin jarang bergerak, khususnya berjalan kaki yang sebenarnya obat atau terapi alami manusia untuk kesehatan dan kebugaran.

Orang yang rutin bergerak akan terhindar dari penyakit kronis semisal serangan jantung, diabetes, stroke, hipertensi, dan sebagainya.

Maka dari itu sungguh wajar jika orang zaman dulu sangat jarang yang terkena penyakit yang telah disebutkan di atas.

Bukankah kesehatan lebih berharga dari sebuah motor atau mobil? Berjalan kaki berarti sehat. Orang yang rutin berjalan kaki juga berarti secara langsung atau tidak membuat tubuhnya jadi sehat.

Bandingkan saja dengan orang yang sedang berkendaraan, posisi tubuhnya tentu saja sebagian besar hanya duduk saja dan sedikit bergerak.

Ini juga yang membuat orang makin malas bergerak karena teknologi transportasi.

Boleh saja jika ingin menggunakan alat transportasi tapi jangan dijadikan sebuah kebiasaan.

Jika Anda ingin ke tempat yang masih berjarak ratusan meter, rekomendasinya adalah berjalan kaki bukan pakai kendaraan.

Ubah pola pikir Anda bahwa sehat bisa diperoleh dengan berjalan kaki. Maka Anda akan terus mau berjalan kaki. Jadikan target utama Anda adalah kesehatan tubuh dan pikiran.

Pikirkanlah tentang tubuh Anda di masa kini dan nanti. Hindari rumah sakit yang akan merepotkan Anda hanya karena malas berjalan kaki sejak dini.

Abaikan dulu iklan produk sepeda motor dan mobil di berbagai media massa. Anda hanya dijadikan target pasar bagi produsen otomotif. Dengan membeli kendaraan pribadi itu sama saja Anda membeli ancaman bagi kesehatan tubuh Anda sehingga kurang gerak.

Bukankah nanti Anda berpeluang besar ingin selalu memakai kendaraan pribadi ketimbang berjalan kaki saat memilikinya?

Siapa lagi yang mau memperhatikan kondisi kesehatan kalau bukan Anda sendiri. Ini sangat penting disampaikan agar masa depan hidup Anda tetap baik.

Bukankah tubuh yang sehat dan bugar lebih bernilai dibanding harta benda?

Kesehatan bisa Anda jaga dengan rutin bergerak yaitu berjalan kaki.

Anda bisa menjadikan jalan kaki sebagai sarana relaksasi dengan pola jalan santai sambil melihat pemandangan alam sekitar. Pilihlah tempat alam yang bernuansa hijau. Warna hijau dari pepohonan dan tanaman bisa membuat pikiran Anda menjadi segar.

Tak perlu malu bila Anda berjalan kaki, karena pada intinya ini adalah gerakan biasa dan natural dari manusia. Sama saja kan dengan burung dengan gerakan naturalnya yaitu terbang menggunakan sayapnya. Nah, kita sebagai manusia berjalan dengan kedua kaki kita.

Jika Anda masih malu dan gengsi. Tak perlu hiraukan itu. Itu hanya perasaan Anda saja. Tadi telah disebutkan, bahwa pola pikir positif akan merubah kebiasaan Anda agar bisa dan terbiasa untuk berjalan kaki. Jalan kaki itu sehat, mudah, murah dan minim risiko cedera. Sederhana, bukan?

Semoga ini bisa Anda jadikan semangat dalam menerapkan aktivitas sehat berjalan kaki mulai dari diri sendiri sampai orang terdekat Anda.

Salam olahraga!

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site