manfaat berjalan kaki 30 menit

Berbagai Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit – Jalan kaki merupakan salah satu aktifitas yang bisa dikatakan sebagai olahraga ringan yang praktis. Jalan kaki juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Berdasarkan berbagai riset dari ahli kesehatan, aktifitas jalan kaki sebaiknya dilakukan secara rutin selama 30 menit dalam sehari. Bagi yang belum terbiasa bisa memulainya dengan mengawali melakukan jalan kaki selama 10–15 menit terlebih dahulu supaya badan tidak kaget. Barulah, kemudian ditingkatkan durasinya secara perlahan.

Ini juga bisa merupakan salah satu upaya untuk menjalankan gaya hidup sehat. Untuk Anda semuanya, berikut ini kami berikan info mengenai manfaat berjalan kaki 30 menit. Apa sajakah itu? Mari simak informasinya!

Ada banyak manfaat berjalan kaki 30 menit bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya, yaitu:

Menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan kolesterol

Dari penelitian diketahui bahwa jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan sekitar 40% seorang wanita mengalami masalah jantung. Sebab, jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, memperkuat jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta menurunkan tekanan darah.

Mencegah penyakit diabetes

Berjalan kaki dapat memicu otot bekerja lebih sehingga lebih dapat menyerap glukosa dalam tubuh dan mencegah tubuh mengidap penyakit diabetes.

Membantu menurunkan berat badan

Berjalan selama 30 menit per hari dapat membantu tubuh membakar kalori setidaknya 150 kalori. Inilah yang bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitasi)

Manfaat berjalan kaki 30 menit lainnya, yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, berjalan kaki juga dapat membuat lebih nyenyak tidur dan tubuh bisa melepaskan zat kimia secara otomatis.

Membantu dalam mengurangi stress

Berjalan kaki dapat memicu hormon endorphin dalam membuat mood menjadi lebih baik, sehingga dapat mengurangi rasa cemas dan depresi.

Membantu mencegah penyakit stroke

Berdasarkan penelitian, berjalan kaki 30 menit setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke sebesar 27%. Selain itu, kebiasaan jalan kaki juga dapat menghindarkan terkena berbagai penyakit kanker.

Itulah manfaat berjalan kaki 30 menit. Setelah mengetahui manfaat besar dari berjalan kaki, ada baiknya bila Anda juga memanfaatkan olahraga yang praktis dan murah meriah ini.

Sebaiknya, sempatkan meluangkan waktu Anda untuk dapat melakukan aktifitas ini dimulai dari durasi 10 menitan hingga waktu 30 menit yang disarankan.

Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda untuk memulai menjalankan gaya hidup sehat.

Share