manfaat jalan kaki untuk memperkuat tulang

Berjalan Kaki Bantu Tubuh Dalam Penyerapan Kalsium

Tulang yang kuat harus tercukupi dengan adanya kalsium. Tapi kalsium berbeda dengan jenis makronutrisi lain karena lebih rumit dalam proses penyerapannya.

Maka dari itu, harus ada pendorongnya agar kalsium dapat diserap oleh tubuh secara baik.

Disamping rutin minum susu, makanan lain yang mengandung kalsium juga harus selalu dikonsumsi. Tak ketinggalan adalah dukungan lain yakni melakukan aktivitas yang bisa membantu memperkuat tulang. Contohnya adalah berolahraga atau berkegiatan di pagi hari ditemani sinar matahari.

Olahraga yang dimaksud adalah jenis wieght bearing atau dinamakan pula olahraga disertai hentakan inilah yang bagus untuk tulang. Karena untuk bisa diserap oleh tulang, maka kalsium membutuhkan pencetus yaitu hentakan.
Beberapa tipe olahraga weight bearing ini adalah jalan kaki dan lari. Namun olahraga ini tak baik untuk orang penderita obesitas. Risikonya adalah rusaknya jaringan sendi, yang berujung pada radang sendi (osteoartritis).

Perhatikan juga waktu yang baik untuk melakukan kegiatan di bawah paparan cahaya matahari. Mulai dari jam 7 sampai 9 pagi dan jam 3 sampai 5 sore. Mengapa waktu tersebut baik? Karena sinar matahari pada saat itu tidak panas sekali dan juga aman dari timbulnya gangguan kulit.

Yang perlu diingat adalah tubuh tidak harus secara penuh terkena sinar matahari dan dalam waktu berjam-jam. Tetapi hanya pada sebagian tubuh saja. Contohnya ketika Anda membuka pintu rumah di pagi hari, maka tangan atau kaki Anda tersinari matahari.

Anda jangan terpengaruh dulu terhadap iklan minuman berkalsium tinggi yang ada di televisi. Karena jika Anda meminum itu saja setiap hari tanpa ada olahraga rutin dan tidak terpapar sinar matahari pagi maka usaha untuk memperkuat tulang hanyalah mimpi.

Untuk olahraga Anda tak perlu repot atau minder mengenai olahraga apa yang akan Anda lakukan. Pilihlah olahraga yang telah dipaparkan diatas, yaitu berjalan kaki.

Karena berjalan kaki termasuk kegiatan murah, mudah dan minim risiko. Anda bisa memulainya dengan berjalan santai sekitar 5 menit lalu bisa sewaktu-waktu menambah waktunya secara bertahap.

Ajaklah orang terdekat Anda agar Anda makin bersemangat melakukannya. Sambil berbincang juga dapat menambah keasyikan saat berjalan kaki. Semoga info ini memberikan motivasi kepada Anda tentang manfaat luar biasa dari jalan kaki untuk kesehatan tulang Anda. Selamat mencoba!

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site