rasulullah jalan kaki setiap hari

Contohlah Rasulullah dengan Rajin Berjalan Kaki

Bagi umat Islam, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam sudah menjadi contoh tauladan terbaik baik itu dalam hal ibadah, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Tak terkecuali dalam hal kebiasaan beliau berjalan kaki, itu bisa dibuktikan berdasarkan hadits dari Abu Hurairah, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Dalam sisi kesehatan ada fakta yang memperkuat bahwa jalan kaki dengan 10.000 langkah rutin secara harian bisa memberikan kebaikan lebih bagi kesehatan.

Jika itu dibiasakan rutin secara harian, maka tak cuma memberikan rasa baik pada tubuh dan juga meningkatkan kemampuan dalam segala aktivitas, namun dapat menekan risiko timbulnya beragam penyakit mematikan contohnya depresi, kanker, stroke, serangan jantung dan diabetes.

Untuk itu, penting sekali menjadikan jalan kaki sebagai salah satu rutinitas harian Anda agar tetap sehat.

Apakah Anda sudah pernah menghitung langkah-langkah kaki? Anda bingung bagaimana menghitungnya karena jika menghitung dengan manual sangatlah merepotkan.

Untungnya sekarang sudah ada alat canggih yang dapat membantu Anda dalam menghitung jumlah langkah kaki. Alat pengukur langkah kaki tersebut adalah pedometer.

Ada banyak jenis pedometer yang ada di pasaran. Mulai dari pedometer berbentuk jam tangan, pedometer yang bisa dipasang di saku celana atau pinggang serta pedometer dalam bentuk aplikasi Android yang diinstal di smartphone Anda.

Tidak usah khawatir jika belum punya pedometer, Anda masih bisa mengukur jumlah langkah kaki Anda dengan menerapkan panduan berikut ini:

1. Jalan kaki sekitar 30 menit dengan kecepatan medium, sama dengan berjalan kaki 4000 langkah.

2. Jalan kaki sekitar 45 menit dengan kecepatan medium, sama dengan berjalan kaki 7500 langkah.

3. Jalan kaki sekitar 60 menit dengan kecepatan tinggi, sama dengan berjalan kaki 10000 langkah.

Hmm,, cukup mudah kan? Anda penasaran ingin mencobanya?

Menurut perhitungan, pada umumnya orang berjalan kaki sebanyak 900 sampai 3000 langkah tiap hari selama beraktivitas harian.

Jika begitu, maka untuk meraih 10000 langkah perhari perlu menambah kegiatan ekstra lainnya.

Anda bisa mendapatkan langkah ekstra dengan berjalan kaki di treadmill, taman kota, berkeliling di area perumahan, ke warung / mini market. Kurangi penggunaan kendaraan agar jalan kaki Anda lebih banyak.

Untuk mengurangi kebosanan dalam aktivitas ini Anda bisa sambil mendengarkan murottal Al Qur’an dari headset smartphone Anda.

Apabila Anda belum bisa melakukannya secara harian, maka tentukan waktu khusus misalnya 3 kali dalam seminggu untuk berjalan kaki.

Tak hanya bisa membuat tubuh Anda bugar dan bertenaga, jalan kaki adalah salah satu persiapan sebelum Anda berangkat menuju Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah Umroh dan Haji. Karena itu akan membuat Anda terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki.

Kesehatan sangatlah penting untuk dipelihara. Salah satu caranya adalah dengan rajin berolahraga. Tentunya olahraga yang terukur, teratur dan bersifat aerobik dapat lebih efektif dan bermanfaat.

Adapun diantaranya adalah dapat menurunkan risiko obesitas (kegemukan) yang dapat menjadi pemicu penyakit lainnya, otot-otot bertambah kuat dan efisien, seperti otot pernafasan, otot rangka tubuh, otot jantung dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar menuju sel-sel tubuh. Selain itu juga dapat membantu mengeluarkan limbah yang berasal dari sel-sel tubuh sehingga semakin baik.

Mulailah saat ini untuk menjaga keseimbangan gaya hidup agar dapat membuat Anda lancar dalam beraktivitas harian dan beribadah kepada Allah Ta’ala. Semoga informasi ini dapat menambah semangat Anda dalam menjaga tubuh agar sehat selalu. Aamiin.

Sumber: Republika.co.id

Share