Cuma 5 Menit Per Hari, Jalan Kaki Bermanfaat Ajaib Bagi Lansia

manfaat ajaiab berjalan kaki bagi lansia

Sudahkah Anda tahu hal mengenai berjalan kaki sebanyak 10000 langkah per hari yang berguna sebagai pencegah risiko osteoporosis?.

Tapi sungguh disayangkan, tak semua masyarakat mampu melakukan anjuran ini disebabkan oleh berbagai hal, hal paling populer adalah karena mereka lebih nyaman memakai kendaraan untuk pergi ke tempat tujuan.

Ditambah lagi dengan adanya riset terbaru yang menyatakan bahwa penduduk Indonesia tergolong sangat sedikit melakukan berjalan kaki dibanding negara lainnya.

Anda tak perlu sedih dan khawatir dengan hasil riset tersebut.

Riset lainnya yang terkini menunjukkan bahwa berjalan kaki meski cuma 5 menit tiap hari mampu mengurangi risiko kematian dini.

Riset yang diselenggarakan oleh ilmuwan berasal dari American Cancer Society mendapatkan bukti seseorang yang berkegiatan fisik sedikit saja bisa lebih baik kesehatannya daripada orang yang tak beraktivitas fisik.

Dari riset ini, berjalan kaki yang dilaksanakan secara khusus mengurangi peluang kematian karena masalah pernafasan, kanker dan penyakit pada kardiovaskular.

“Berjalan kaki adalah format latihan sempurna karena dapat dilakukan dengan pola sederhana, leluasa, nyaman, tanpa ada peralatan atau latihan spesifik, dan bisa diterapkan bagi semua umur,” ungkap penulis utama riset, Dr Alpa Patel sebagaimana yang dilansir dari DailyMail.

Aktivitas jalan kaki disini bukan berarti jalan kaki biasa. Tetapi perlu dinilai tiap langkah kaki, postur badan yang benar sampai olah pernapasan saat berjalan. Laporan riset ini diperoleh sesudah ilmuwan mengamati data yang diperoleh dari sekitar 140.000 peserta.

Partisipan pada riset ini jika dirata-rata berumur 70 tahun. Hasil analisisnya adalah mereka yang berjalan kaki dibawah dari jumlah yang direkomendasikan per harinya berada dalam kondisi lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tak berjalan sekalipun.

Dengan selalu berjalan kaki, bahaya kematian disebabkan gangguan pernapasan menurun sampai 35 persen. Selain itu, bahaya kanker menurun 9 persen dan gangguan kardiovaskular menurun 20 persen.

Berdasarkan hasil tersebut, penulis riset memberitahukan kepada orang banyak soal pentingnya berjalan kaki khususnya bagi orang yang sudah lanjut usia. Karena berjalan kaki adalah hak paling dasar dari manusia dan begitu gampang dilakukan.

Share