efek ajaib manfaat jalan kaki bagi tubuh

Efek Ajaib Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh Anda. Wajib Baca!

Anda tahu kan bahwa kesehatan itu tak terhingga nilainya, bahkan tidak bisa disamakan dengan harta? Nah, kesehatan adalah anugerah paling berharga yang didapatkan oleh manusia dari ALLAH Ta’ala.

Manusia di waktu dulu jauh di era modern sekarang ini, memiliki keunggulan dalam hal tingkat kesehatan dan umur yang tidak pendek. Kenapa ya bisa begitu? Diantara satu dari banyak sebab adalah mereka rutin berjalan kaki sampai jauh. Dari puluhan kilometer sampai ribuan kilometer. Kebayang gak?

Beda banget kalau dilihat di era kekinian yang dimana kita dimanjakan oleh beragam alat transportasi canggih dan cepat untuk menuju suatu tempat. Contohnya sepeda, motor, mobil, kereta, bus, dan pesawat.

Kita tak boleh cuek dengan aktivitas berjalan kaki ini yang merupakan salah satu anugerah juga dari ALLAH Ta’ala. Dibalik itu ada manfaat besar yang bisa kita dapatkan. Terutama bagi kesehatan tubuh. Syaratnya mesti dilakukan tiap hari agar hasil positif bagi tubuh lebih terasa.

Sebagaimana dikutip dari seorang penulis buku berjudul The Docter on Demand Diet, Melina Jampolis, “Rutin berjalan kaki dapat menolong individu dalam mengurangi stres dan menurunkan risiko terhadap penyakit kronis. Jalan kaki secara teratur merupakan hal paling baik dan mudah diterapkan demi kesehatan”.

Nah supaya tidak penasaran, berikut ini akan diinformasikan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika rutin berjalan kaki, berdasarkan berita dari Prevention, Jumat 29 Juni 2018. Yuk simak!

1. Bikin perutmu tetap langsing

Perut buncit tentu tidak enak dipandang mata. Jadi, bagi orang yang menderita hal tersebut pasti ingin memiliki perut normal. Sesuai ungkapan dari seorang trainer Ariel Lasevoli, jalan kaki teratur dapat memperbaiki respon tubuh pada insulin yang akan mengikis lemak yang ada di perut.

“Berjalan kaki secara harian dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan menghindari otot yang hilang, serta sangat bagus dilakukan bagi orang yang sudah lanjut usia,” ujarnya.

2. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Penyakit di zaman sekarang sudah semakin menyeramkan mulai dari diabetes, stroke dan lainnya. Untuk itu, upaya yang bisa dilakukan dalam pencegahan penyakit kronis adalah berjalan kaki rutin setiap hari. Karena dengan berjalan kaki dapat mengurangi kadar gula darah yang berdampak baik pada berkurangnya risiko diabetes.

Ilmuwan dari Universitas Boulder Colorado dan Universitas Tennessee berkata, jalan kaki secara berkala bisa mengurangi tekanan darah yang berarti risiko stroke dapat berkurang sekitar 20 sampai 40%.

3. Memicu munculnya ide kreatif dan brilian

Anda pernah merasakan saat bosan dan tak ada ide? Dalam sebuah kajian menyatakan bahwa untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan. Berdasarkan Journal of Experimental Psychology Learning, Memory and Cognition, jalan kaki dapat merangsang kreativitas. Anda mau coba dan buktikan? Berjalan kakilah!

4. Memperbaiki mood (suasana hati)

Berdasarkan penelitian bahwa jalan kaki jika dilakukan teratur maka bisa berefek bagus pada sistem saraf yaitu mengurangi rasa amarah dan rivalitas, “ucap Jampolis.

Tak hanya itu, ketika berjalan kaki lebih sering bertemu atau berpapasan dengan orang lain. Tentunya ini bisa membangun hubungan sosial dan membuat mood semakin senang dan bahagia.

Dari manfaat diatas, maka bagi Anda yang saat ini masih malas bergerak atau berolahraga, mulailah untuk menyadari pentingnya berjalan kaki secara rutin dan teratur agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

Awali olahraga Anda dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari untuk meraih tingkat kesehatan yang lebih baik bagi Anda. Maukah Anda menjalani hidup sehat? Pasti mau!

Sumber: Merdeka.com

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site