fakta dan manfaat jaan kaki 25 menit setiap hari

Fakta Baru Jalan Kaki 25 Menit yang Bisa Tambah Umur 7 Tahun

Anda mau memperpanjang usia? Tubuh sehat dan bugar tapi melalui cara yang sederhana dan tidak memerlukan usaha yang berat?Berbagai iklan dan tips tentang cara hidup sehat bertebaran di mana-mana, membuat kita bingung dan ragu untuk menerapkannya karena satu dan lain hal.

Anda tak perlu memikirkan hal yang rumit, langkah berikut ini bisa Anda lakukan dan sebenarnya mudah bagi banyak orang. Yaitu dengan hanya berjalan kaki sekitar 20 sampai 25 menit setiap hari.

Para pakar menyatakan bahwa berjalan kaki tidak sampai 1 jam saja, bila dibiasakan akan dapat menambah usia sampai 7 tahun.

Dengan berjalan kaki teratur setiap hari dapat menekan risiko terkena penyakit jantung, khususnya bagi orang yang sudah berumur 50 atau 60 tahun ke atas.

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbesar di negara Inggris? Tiap orang yang mati karena penyakit jantung berlangsung per 7 menit.

Sudah sejak dulu aktivitas olahraga merupakan usaha termudah dalam menurunkan risiko penyakit jantung serta bisa pula menekan risiko kegemukan dan diabetes melitus.

Adapun bukti atau fakta dari manfaat berjalan kaki tersebut dijelaskan dalam sebuah pertemuan yang bernama European Society of Cardiology (ESC) Congress.

Riset yang dilakukan oleh Universitas Saarland di Jerman menyertakan sebanyak 69 orang yang memiliki tubuh sehat dan bukan perokok berumur sekitar 30 hingga 60 tahun yang dulunya tidak pernah melakukan aktivitas olahraga teratur.

Para peserta masing-masing melalui uji darah sekitar 6 bulan selama riset berlangsung. Sepanjang pengujian mereka berlatih aerobik, latihan interval dengan serius dan latihan daya otot. Disamping tes darah, peserta pun memperoleh uji proses anti penuaan dan perbaikan DNA.

“Bisa diartikan bahwa bila orang rutin berolahraga, maka bisa saja menunda proses penuaan,” ujar Sanjay Sharma, seorang profesor yang ahli dalam penyakit jantung di jurusan kardiologi olahraga di Universitas St. Goerge’s Hospital yang dinaungi oleh NHS Foundation Trust di London.

“Kita bisa saja tak mampu seluruhnya terjauhi dari penuaan, namun kita dapat memperlama proses penuaan. Kita barangkali bisa tampak muda ketika berumur 70 tahun, justru bisa berusia sampai 90 tahun, “ ucap Sharma sebagaimana dinukil dari Independent.

“Olahraga mampu menambah usia sekitar 3 sampai 7 tahun. Tak hanya itu, olahraga pun berguna menjadi antidepresan, meningkatkan daya ingat dan malahan juga ada yang menyatakan dapat memperkecil masalah karena demensia.”

Nasihat dari para pakar bagi semua orang dapat berjalan atau jogging selama 20 menit per hari dan mengganti metode makan ke arah yang lebih sehat untuk hasil terbaik. Periset pun mengatakan olahraga dapat meningkatkan fungsi otak.

Olahraga pun menghasilkan fakta masih mendatangkan manfaat tanpa memandang kapan orang tersebut melakukannya.

“Kajian ini menyodorkan lebih besar penafsiran kenapa aktivitas gerakan tubuh itu begitu penting,” ucap Christi Deaton, Profesor dari Florence Nightingale Foundation di Clinical Nursing Research, Cambridge Institute of Public Health.

“Riset ini pula menopang kita mengerti tentang proses penuaan sel, ini yang menjalankan sistem penuaan organ dan fisik kita. Kegiatan fisik nyatanya dapat berefek sampai pada tingkat selular, “ ucap Deaton.

“Bertambah aktif Anda, tak tahu kapan waktu Anda memulainya, tambah besar pula manfaat yang Anda capai.”

Jadi, Anda mau menambah kualitas kesehatan sekaligus untuk memperlambat proses penuaan? Olahraga jalan kaki solusinya. Selamat mencoba!

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site