manfaat jalan kaki untuk sperma

Fakta Baru Manfaat Jalan Kaki untuk Sperma

Wah, Ternyata Berjalan Kaki Bisa Perbaiki Kualitas Sperma Kamu Lho!

Tak banyak yang menyadari bahwa berolahraga jalan kaki itu mudah, murah namun dapat dirasakan manfaatnya buat kesehatan.

Bahkan pada masa sekarang, peneliti mendapatkan bukti bahwa berjalan kaki 3 kali dalam sepekan bisa menambah kesuburan pria sekaligus kualitas sperma sekitar enam bulan.

Dalam riset tersebut, peneliti menyertakan 261 pria sehat berumur 25 hingga 40 tahun yang sebelumnya sudah sedikit berlatih.

Satu grup ikut dalam bagian dalam frekuensi latihan yang berkelanjutan moderat dalam waktu 24 minggu.

Pada 12 pekan pertama mereka berjalan kaki atau berlari hanya di atas treadmill, 25 sampai 30 menit setiap hari, 3 atau 4 kali sepekan.

Sedangkan di 12 pekan selanjutnya, frekuensi olahraga dinaikkan selama 40 sampai 45 menit per sesi, 4 sampai 6 sesi sepekan.

Mereka melakukan komparasi pada grup ini yaitu grup yang berlatih banyak dan insentif dan grup lain yang tidak berlatih sekalipun.

Bukti riset, yang dipublikasikan dalam laporan Reproduksi, memperlihatkan bahwa laki-laki yang berolahraga mempunyai kondisi sperma yang semakin baik sesudah latihan, tidak peduli seberapa sering dan banyak yang mereka lakukan saat berolahraga.

Tetapi kelompok orang yang ikut dalam bagian moderat mendapatkan hasil lebih bagus.

Dibandingkan dengan laki-laki yang “libur” berlatih, volume sperma meningkat 8,3 persen, motilitas sel melonjak 12,4 persen dan bentuk sel dinaikkan dengan 17,1 persen.

Konsentrasi sperma meningkat 14,1 persen dan terdapat 21,8 persen lebih ketimbang sel rata-rata. Para periset, dari Urmia University di Iran, mendapatkan bahwa efek baik pada sperma diawali ketika sepekan mereka stop melakukan olahraga.

Para peneliti menyatakan bahwa olahraga dapat menjaga sperma dari kerusakan yang disebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan aktivitas buruk yaitu merokok.

Seperti pernyataan penulis utama Behzad Hajizadeh Maleki, sebagaimana dilansir dari Dailymail, “Hasil riset kami memperlihatkan bahwa melakukan olahraga atau latihan bisa menjadi upaya dan strategi yang sederhana, murah dan menghasilkan untuk menambah mutu sperma pada laki-laki”.

Di sisi lain, dia juga mengakui bahwa ada sebab lain yang bisa mempengaruhi ketidaksuburan lelaki.

Prof. Allan Pacey, ahli infertilitas pria dari Universitas Sheffield, mengucapkan pria pun dapat menempuh cara-cara lain semisal stop merokok, menggunakan pakaian longgar, dan program diet sehat untuk memperbaiki kualitas sperma.

Share