Fakta Manfaat Jalan Kaki

Aktivitas berjalan kaki seharusnya dimulai dari keinginan atau niat yang kuat atas diri sendiri, karena berjalan kaki memiliki kekayaan fakta manfaat jalan kaki yang dapat kita raih. bila dipandang saat ini dimana semakin canggih teknologi transportasi yang berdampak buruk pada berkurangnya kebiasaan berjalan kaki. Hal tersebut biasanya ditujukan bagi orang dengan kesibukan ekstra padat yang mesti pergi kesana kemari karena urusan pekerjaan dan akibatnya kesempatan untuk santai bersama keluarga dan berolahraga jalan kaki agar tubuh sehat pastinya terbatas.
fakta manfaat jalan kaki untuk kesehatan
Berbeda lagi, ada pula orang yang mengerti dan peduli akan pentingnya kehidupan dan kesehatan tubuh bisa mengelola waktu secara tepat untuk bisa bersama anggota keluarga dan meluangkan waktu untuk beraktivitas olahraga jalan kaki. Namun fakta manfaat jalan kaki telah berbicara, karena orang jaman dulu telah merasakan kehebatannya. Jarang terdengar orang tua dulu terkena penyakit seperti kolestrol, jantung, dan stroke.

Fakta Manfaat Jalan Kaki yang Harus Anda Tahu

Padahal berjalan kaki itu adalah kegiatan rutin manusia tiap waktu sampai saat ini dilakukan karena kedua kaki selalu digerakkan. Lihat sekarang, berjalan kaki sepertinya hanya dilakukan selalu hanya dalam rumah atau ruangan saja atau langkah kecil dan jarak pendek saja. Sesuai informasi yang ada, berjalan kaki mempunyai manfaat berlimpah yang memberi bukti nyata dapat mengobati masalah kesehatan diantaranya menurunkan berat badan, menyembuhkan problem pernafasan, menguatkan dan menyehatkan organ jantung dan banyak lainnya.

Informasi penting dan menarik untuk Anda mengenai fakta manfaat jalan kaki adalah kebiasaan jalan kaki secara rutin dengan santai atau pelan untuk jarak sekitar 2 atau 3 kilometer setiap hari bisa menyembuhkan beragam penyakit. Oke, sebagai penyemangat Anda dan kita semua untuk lebih rajin berjalan kaki, berikut akan kami sampaikan beberapa fakta manfaat jalan kaki bagi kesehatan:

1. Dapat Terhindar Dari Penyakit Gula (Diabetes) Type 2

Olahraga atau gerakan tubuh jalan kaki mampu mengurangi tensi darah, membuat sistem kardiovaskuler jadi lebih kuat dan mendongkrak pengaturan diabetes type 2. Hanya dengan melakukan jalan kaki secara rutin dapat mengurangi diabetes sampai 58 persen. Pola pencegahan penyakit gula menunjukkan jalan kaki sekitar 150 menit per minggu berpeluang menurunkan sebanyak 7 persen berat badan atau kurang lebih 7 kilogram. Hal ini sangat membantu bagi orang yang juga ingin menurunkan berat badan dengan cara murah dan mudah.

2. Kolestrol Bisa Dikurangi Dengan Jalan Kaki

Kebiasaan berjalan kaki terbukti bisa mengurangi jumlah kolestrol jahat. Namun manfaat positif jalan kaki adalah bahkan bisa meningkatkan produksi kadar kolestrol baik. Anda tak perlu konsumsi obat-obatan, tapi hanya dengan jalan kaki.

3.  Bagus Buat Tulang

Berasal dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menopause dan beraktivitas rutin berjalan kaki sekitar 1 mil sehari mempunyai tulang yang lebih padat jika dibandingkan dengan wanita yang kurang berjalan kaki. Disamping itu pula, berjalan kaki sangat bagus dalam mengatasi kehilangan massa tulang di kaki. Sudah jelas kaki sangat berperan dalam aktivitas sehari-hari untuk berdiri apalagi berjalan. Jadi latihlah diri Anda untuk selalu berjalan kaki.

4. Organ Jantung Jadi Lebih Kuat

Dalam riset tertentu, jumlah kematian pria pensiunan dan melakukan jalan kaki tidak sampai 1 mil setiap hari memperlihatkan 2 kali lebih besar bila diperbandingkan dengan orang yang berjalan kaki sampai 2 mil setiap hari. Ini membuktikan berjalan kaki jarak jauh sangat baik untuk mengurangi risiko kematian. Kajian kepada kaum wanita yang dijalankan sebanyak 72.488 wanita menunjukkan dengan rutin berjalan kaki 3 jam setiap minggu dapat menurunkan bahaya serangan jantung. Sangat bermanfaat dan menarik bukan? Fakta manfaat jalan kaki inilah yang tentunya akan menarik banyak orang agar lebih rutin berjalan kaki karena sangat baik untuk jantung.

5. Menyehatkan Otak

Inilah keajaiban dari berjalan kaki karena sangat bagus untuk otak. Studi yang telah ada didapati bahwa wanita yang berjalan kaki 90 menit per minggu mempunyai kinerja otak yang lebih bagus dibanding orang yang cuma berjalan kaki 40 menit per minggu. Ini merupakan kesimpulan berharga bahwa berjalan kaki lebih banyak dan lama akan membuat otak jadi kuat dan sehat.

6. Level Kebugaran Bisa Meningkat dan Menurunkan Tingkat Depresi

Jika Anda bisa berjalan kaki 30 menit sebanyak 3 hingga 5 kali tiap minggunya dan dijalankan hingga 12 minggu atau 3 bulan membuktikan bisa menurunkan gejala depresi dan bisa menambah kebugaran dan menyehatkan organ pernafasan. Tak habis sampai disitu, jalan kaki merupakan cara efektif untuk program diet dan upaya menjaga bobot fisik, berjalan kaki berperan penting bagi orang yang mendambakan bobot fisik ideal.

Oke, demikian artikel yang membahas fakta MANFAAT JALAN KAKI yang telah dibuktikan melalui riset-riset dan gunanya untuk kesehatan tubuh dengan murah dan simpel. Siapkah Anda untuk rutin berjalan kaki? Anda ingin sehat dengan berjalan kaki? Saya yakin Anda pasti mau karena ini adalah olahraga termurah di dunia. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai