manfaat berjalan kaki ke sekolah

Hasil Riset: Anak Semakin Pintar Karena Berjalan Kaki

Berapa jarak dari rumah menuju sekolah anak Anda? Apakah masih dekat? Nah, bila masih terbilang dekat maka Anda sebaiknya mengajarkan kepada anak untuk berjalan kaki menuju sekolah dibanding terlalu bergantung pada motor atau mobil setiap hari atau diantar jemput.

Dibalik adanya fenomena saat ini dimana sebagian para orang tua selalu mengantarkan anaknya ke sekolah memakai motor atau mobil padahal jarak yang ditempuh masih dekat. Bahkan ada yang berjarak sekitar 100 meter, orang tua malah mengantar jemput anaknya dengan motor. Ini sungguh jauh berbeda kondisinya pada jaman dulu, dimana anak ke sekolah berjalan kaki sendiri atau berkelompok sejauh kiloan meter.

Benarkah Berjalan Kaki ke Sekolah Jadikan Anak Cerdas?

Namun pertanyaannya, mengapa berjalan kaki menjadi penting untuk dibiasakan kepada anak-anak untuk pergi ke sekolah? Walaupun ada sebagian yang akan menggunakan transportasi umum, makanya anak akan menempuh perjalanan ke sekolah dengan kombinasi: jalan kaki dan naik angkutan umum. Apa manfaat dibalik berjalan kaki ke sekolah bagi anak-anak? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Ada sebuah riset di Denmark yang menyatakan bahwa, anak yang berjalan kaki untuk pergi dan pulang sekolah mempunyai kualitas konsentrasi yang lebih baik ketimbang anak yang berangkat ke sekolah diantar jemput oleh bapak atau ibunya.

Tentu saja ini lumayan mengagetkan bagi banyak orang tua di negara itu (Denmark), karena mereka malah mengutamakan makanan sehat untuk sarapan anak mereka yang diharapkan bisa memenuhi gizi sekaligus menambah konsentrasi anak saat berlangsungnya belajar di sekolah.

Sebetulnya makanan sehat pada pagi hari berfungsi baik terkait konsentrasi belajar pada anak, tapi ada riset terkini yang menjelaskan tentang berjalan kaki menuju sekolah bermanfaat lebih besar untuk mendongkrak fokus atau konsentrasi anak ketika sedang memahami pelajaran sekitar empat jam. Ini sungguh hasil riset yang menakjubkan karena berjalan kaki adalah kegiatan yang selalu dilakukan tiap orang namun bermanfaat bagi otak anak.

Riset ini diikuti lebih dari 19ribu murid berumur antara 5 hingga 19 tahun.

Beberapa pertanyaan pun ditujukan kepada mereka sehubungan dengan aktivitas olahfisik mereka, selanjutnya dilakukan uji penilaian dasar konsentrasi.

Hasil yang diperoleh adalah anak-anak itu menjadi lebih segar sesudah berolahraga.

Serta yang paling mencengangkan, hasilnya berlangsung lumayan lama sampai beberapa jam kemudian, terhitung ketika anak-anak menerima pelajaran di kelas.

Tak hanya itu saja, hasil riset ini pun dipertegas oleh riset tambahan dari University of Montreal yang mengungkapkan bahwa, peredaran darah dan kadar oksigen yang lancar ke semua bagian tubuh, lebih-lebih pada otak, sebagai faktor yang logis atau masuk akal terkait proses atau cara kegiatan fisik, misalnya berjalan kaki menuju sekolah, bisa meningkatkan konsentrasi anak dan menjadikannya makin cerdas.

Dari informasi tersebut, sudah saatnya Anda sebagai orang tua membiasakan anak-anak Anda berjalan kaki ke sekolah, disamping sebagai olahraga, juga membuat anak jadi cerdas dan pintar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Share