bakar kalori dengan berjalan kaki

Jalan Kaki, Cara Simpel Bakar Kalori

Apakah Anda termasuk yang beranggapan bahwa olah raga lari lebih baik dalam menurunkan kalori? Apakah Anda tahu jika berjalan kaki pun termasuk olah raga sederhana yang juga mampu mengurangi kalori dalam tubuh?

Aktivitas berjalan kaki yang benar bisa membakar kalori seperti olah raga lari. Menurut riset, olah raga santai misalnya berjalan kaki 30 menit per hari mampu berperan sebagai jalan terbaik dalam pembakaran kalori. Sesuai apa yang diterbitkan pada jurnal Current Biology, bila berlari sangat lama, maka metabolisme tubuh akan beradaptasi sehingga membatasi pembakaran kalori.

Berdasarkan Herman Pontzer, periset dari City University of New York’s Hunter College, saat sekarang orang beropini keliru bahwa semakin aktif orang, maka kalori banyak yang terbakar. Sebenarnya dengan banyaknya aktifitas tubuh malah gampang beradaptasi, dan akhirnya kalori terbakar secara stabil.

Walaupun begitu, tidak serta merta olah raga berlari jelek untuk memangkas kalori, tetapi harus menerapkan aktifitas yang benar dalam berlari. Disamping itu berlari pastinya tidak cocok untuk semua orang, seperti orang tua lanjut usia dan orang yang mengidap obesitas tak bisa asal-asalan untuk melakukan olah raga berlari, wajib ada cek fisik kesehatan dari dokter.

Ternyata aktifitas berjalan kaki dengan keseriusan menengah, aman dan bisa diterapkan meskipun oleh orang tua lanjut usia dan orang dengan berat badan tinggi. Berjalan kaki sekitar 30 menit rutin tiap hari, dapat menurunkan risiko sampai 30% dari penyakit diabetes tipe 2 dan aneka penyakit rumit lainnya.

Lalu adakah jumlah langkah kaki yang membuat sehat? Tak sedikit opini sehubungan dengan jumlah langkah kaki yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan data dari The American Council of Excersice, dalam 1 hari, manusia berkemampuan berjalan sampai 24 ribu langkah kaki. Itu artinya jumlah langkah kaki ideal dalam memelihara kesehatan adalah 10 ribu langkah per hari.

Kini menurut riset yang sudah dijalani para ahli, melangkahkan kaki 3 ribu sampai 5 ribu kali per hari dapat membuat tubuh tetap fit. Ilmuwan dari Washington University, USA, Kathleen Wolin sampai menyatakan bila Anda berjalan kaki paling sedikit 30 menit setiap hari, maka Anda mempunyai peluang tinggi terjauhi dari kanker usus besar (kolon).

Berkaitan dengan itulah, sudah sebaiknya sekarang kita merutinkan pola hidup sehat dengan melakukan aktifitas yang cocok dengan tubuh Anda, entah itu berlari atapun berjalan kaki. Yang paling utama adalah lakukan itu dengan benar dan teratur serasi dengan keadaan Anda.

Sumber: Vmedika.com

Share