Ketahui Kesehatan Jantung Anda dengan Berjalan Kaki

Orang yang memiliki jantung sehat bisa diketahui dengan cara mudah yaitu seberapa cepat tidaknya orang tersebut berjalan kaki. tentunya ini sudah dibuktikan berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Leicester, Inggris.

Diberitakan dari Elite Daily, peneliti mengikutsertakan sebanyak 420.000 lebih responden dalam kurun waktu 6 tahun. Peneliti tersebut hendak mendapatkan informasi tentang hubungan antara kecepatan berjalan kaki dan efek kematian dini dari responden karena penyakit jantung.

Pada akhirnya, tampaklah hasil yang mengejutkan, bahwa responden yang mempunyai gaya berjalan kaki lambat berisiko 1,8 dan 2,4 kali lipat tutup usia ketimbang responden yang sering berjalan kaki cepat. Mengapa kondisi ini bisa seperti itu?

Dikatakan oleh peneliti bahwa mereka yang sering berjalan kaki cepat pertanda mereka punya tubuh yang bugar dalam skala tinggi. Disamping itu, keadaan ini memperlihatkan bahwa orang yang rajin berolahraga lebih baik daripada mereka yang berjalan pelan.

Maknanya adalah orang yang selalu berjalan kaki cepat mempunyai peluang lebih kecil mengalami penyakit hipertensi dan kegemukan. Dua penyakit itulah yang menimbulkan masalah pada jantung. Sehubungan dengan hasil riset ini, peneliti menginginkan orang yang berjalan kaki lambat bisa terpacu untuk lebih meningkatkan gerakan jalan kaki lebih cepat.

Agar hidup lebih aktif, Anda bisa memperbanyak jumlah langkah kaki dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor saat pergi ke lokasi yang masih terjangkau atau dekat. Menaiki tangga juga bisa dijadikan kesempatan Anda lebih aktif berjalan kaki ketimbang menggunakan lift.

Jadi, siapkah Anda untuk berolahraga rutin untuk kesehatan jantung?

Sumber: LifeStyle.SindoNews.com

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site