khasiat berjalan kaki bagi kesehatan

Khasiat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga sangat simpel dan menjadikan diri Anda makin sehat, dapat mengurangi bobot tubuh dan membuat diri lebih aktif.

Khasiat penting berjalan kaki adalah semua orang bisa melakukan dari berbagai usia dan taraf kebugaran.

Hal tersebut pula berguna untuk kepala, hati dan dompet Anda. Sebab tak ada latihan khusus, tak perlu alat yang banyak, dan tanpa perlu keluar uang berolahraga di tempat fitnes.

Anda bisa melalui rute perjalanan dan berjalan kaki menuju tempat kerja atau tempat belajar dan toko.

Dalam sebagian perkara, malahan berjalan kaki bisa lebih baik dibanding lari dalam penurunan risiko gangguan jantung. Berjalan kaki tak cuma mengurangi risiko gangguan jantung namun juga bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko berbagai penyakit serius.

Berjalan kaki dalam waktu 15 hingga 20 menit saja setiap hari setara dengan 150 menit latihan mingguan.

Berjalan kaki sangat banyak manfaatnya dan tidak bisa dianggap biasa. Aktivitas ini baik untuk mental dan tubuh Anda. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Riset membuktikan bahwa berjalan kaki secara berkala bisa serius memperbaiki sistem saraf Anda yang membuat kondisi agresi dan rasa marah Anda berkurang.

2. Berjalan kaki di pagi hari yang cerah bisa membuat tubuh Anda terpapar sinar matahari. Gunanya dapat mengurangi Gangguan Afektif Musiman / Seasonal Affective Disorder (SAD).

3. Membuat diri Anda lebih berperan dalam hubungan sosial saat Anda berjalan kaki bersama orang dekat misalnya sahabat, kerabat, keluarga, dan tetangga Anda. Hal ini juga membangkitkan mood Anda dan menurunkan taraf stres.

4. Mengatasi gangguan insomnia. Ini sangatlah efektif tanpa minum obat tidur. Berjalan kaki saat pagi hari di luar ruangan bisa mengatur irama sirkadian alami Anda yang bisa membuat tidur Anda lebih mudah dan pulas.

5. Efek ringan berjalan kaki yang normal bisa menurunkan gejala dan mengurangi rasa nyeri bagi orang dengan situasi medis semisal fibromyalgia dan arthritis.

6. Tulang bisa makin kuat dan mengurangi bahaya penyakit keropos tulang (osteoporosis).

7. Berkhasiat mengatasi sakit persendian.

8. Orang lanjut usia yang rutin berjalan kaki sangat bagus dalam mengurangi risiko penyakit pada otak dan demensia.

9. Berjalan kaki mundur bisa memperbaiki kognisi Anda sehingga bisa membuat Anda berpikir lebih sigap ketika dalam posisi berdiri.

10. Aktivitas berjalan kaki teratur bisa meningkatkan elemen otak yang berperan serta dalam memori verbal dan belajar.

11. Berjalan kaki normal menunjang bentuk kegiatan yang berpeluang tinggi akan Anda teruskan ke kegiatan lain.

Pakailah sepatu berjalan Anda dan lalui diri Anda ke dalam cara hidup yang sehat untuk tubuh dan mental Anda.

Selamat berolahraga jalan kaki.

Sumber: EzineArticles.com

Share