Manfaat Berjalan Kaki Jarak Jauh

Sudahkah Anda mendapat pengalaman berjalan kaki jarak jauh? Sudah tahu manfaat berjalan kaki jarak jauh untuk kesehatan hidup anda? Disini saya akan membongkarnya untuk Anda semua.

manfaat berjalan kaki jarak jauh untuk tubuh dan mental

Pernahkah Anda bertanya-tanya dalam hati, seberapa jauh jarak yang ditempuh semut seumur hidupnya? Semut pastinya berjalan kaki. Begitu juga kita sebagai manusia. Petualangan dimulai dari langkah kaki di dunia yang luas ini.

Keistimewaan atau manfaat tentu dirasakan bagi tubuh dan jiwa kita. Cobalah untuk memaksimalkan daya kemauan dan potensi dalam diri Anda dalam mengawali sebuah perjalanan hidup menuju kesehatan optimal.

Teringat kisah orang zaman kuno dulu yang aktif menjelajah area yang begitu luas dan penuh rintangan dengan berjalan kaki sejauh-jauhnya tanpa alat bantu transportasi hewan dan mesin. Lebih menakjubkan lagi, mereka pun sambil membawa benda yang berat. Lebih lucunya, mungkin mereka belum tahu apapun tentang manfaat berjalan kaki jarak jauh untuk kesehatan tubuh dan mental.

Tapi Anda kini tak harus melakukannya. Anda bisa memilih jarak yang Anda mau sesuai keinginan dan target. Kegiatan yang baik bila Anda berjalan kaki sebanyak 5 kali dalam seminggu patut diberi optimalisasi dengan jangkauan yang ditingkatkan atau lebih jauh dari biasanya. Masukkan itu ke dalam jadwal olahraga fisik Anda. Tak boleh dilupakan bahwa itu dipersiapkan dengan matang dan segera untuk bereksplorasi secara mental. Sudah siapkah Anda mengitari bumi ini dengan berjalan kaki?

Ada fakta menarik dan mencengangkan bahwa jika seseorang berjalan kaki sekitar 32 km pada hari Sabtu, bisa menjangkau sekitar dua puluh delapan tahun menjelajahi dunia.

Oke, simpan dulu angan Anda untuk mengelilingi dunia ini dengan berjalan kaki jarak jauh. Yang lebih penting, kita akan segera mengetahui bersama apa saja manfaat berjalan kaki jarak jauh lainnya. Tetap simak ya.

Yang pasti manfaat berjalan kaki jarak jauh ada baiknya untuk kekuatan dan kesegaran tubuh Anda. Inilah olahraga yang bagus menjadi pilihan di masa kini.

Misalnya jika saya menugaskan Anda berjalan kaki jarak jauh sepanjang 32 kilometer. Apakah Anda mau? Ini mungkin akan mengernyitkan kening Anda. Karena berjalan sejauh itu perlu waktu sangat panjang. Bandingkan baiknya jika berjalan kaki setiap hari sejauh sekitar 8 kilometer, maka sudah bisa terpenuhi dalam satu pekan. Itulah langkah mudah untuk mencobanya agar Anda terbiasa.

Sebagai awal termudah Anda bisa berjalan kaki selama 60 menit saja kemudian dinaikkan menjadi 120 menit sebagai tanda perubahan bahwa tubuh Anda semakin kuat dengan waktu dan jarak yang ditempuh. Hal itu pun menunjukkan akan timbulnya keterampilan Anda dalam menempuh jalan sejauh mungkin dengan berjalan kaki.

Motivasi seseorang yang ingin mendapatkan tubuh sehat bertenaga tentunya harus rutin membakar kalori sehingga pencapaian prestasi tubuh yang segar pun akan didapat. Ada seorang yang telah melakukan latihan jalan kaki jarak jauh tiap 1,6 kilometer bisa membakar 100 kalori dengan berat badan sekitar 68 kilogram. Anda bisa memperlancar proses biologis tubuh dengan berjalan kaki jarak jauh sampai tujuan Anda sukses yaitu badan yang penuh semangat dan kebugaran.

Anda sudah tertarik dengan manfaat berjalan kaki jarak jauh di atas? Oke, itu memang bagus, namun ada yang lebih menarik lagi selain itu. Ini akan membuat Anda lebih mengerti arti jalan kaki jarak jauh tidak hanya sekedar olahraga. Anda bisa melakukan kegiatan sosial terkait hubungannya dengan berjalan kaki jarak jauh. Anda dan sahabat bisa mengadakan sebuah proyek amal misalnya membagi sembako ke masyarakat dengan berkeliling. Ini bisa menambah nilai dari aktivitas jalan kaki Anda. Anda mendapat tubuh sehat sekaligus hubungan sosial yang baik dengan masyarakat. Sungguh menyenangkan.

Penekanan yang perlu diangkat dalam hal ini sebelum Anda berjalan kaki jarak jauh adalah persiapan secara rutin dengan berjalan normal agar tubuh siap berjalan untuk jarak tempuh lebih jauh.

Bagaimana Agar Anda Bisa dan Meraih Manfaat Berjalan Kaki Jarak Jauh Dengan Baik dan Benar?

Capaian untuk berhasil berjalan kaki sejauh 32 kilometer bukanlah sesuatu yang gampang tanpa niat dan persiapan matang. Seperti Anda yang ingin berlibur ke suatu tempat jauh, pasti banyak hal yang harus Anda rencanakan dan lakukan.

Bagi seorang yang suka berlari pun memulai gerakan latihan kecil yakni berjalan kaki pelan-pelan hingga mengalami peningkatan secara berangsur baik jarak maupun kecepatan. Ini bertujuan untuk tidak terhapus dari seseorang tersebut semangat dan minat, terlebih luka cedera.

Pakar di bidang jalan kaki menyarankan sebuah nasehat, sebelum seseorang berjalan kaki yang jauh atau dengan kata lain berjalan maraton sejauh sekitar 42 kilometer, maka hendaknya melakukan latihan sekurangnya 24 kilometer per minggu dengan membaginya empat atau lima kali hari dalam sepekan. Jadi, untuk satu harinya Anda berjalan kaki sekitar 4,8 kilometer. Berapa waktu yang diperlukan untuk latihan ini sebelum berjalan kaki maraton sebenarnya? Ya, waktu 90 hari adalah waktu yang dianjurkan oleh ahli.

Apabila Anda mudah dan sukses melakukan jalan kaki sekitar 6 kilometer beberapa hari dalam tiap minggu. Itu berarti Anda pantas dan siap menentukan dasar jarak tempuh perjalanan jauh Anda. Oleh karena itu penting sekali membuat agenda harian demi keberhasilan Anda dalam berjalan kaki jarak jauh. Dibawah ini contoh yang bisa Anda tiru mengenai jadwal utnuk 90 hari ke depan bagi amatir hingga menengah agar lebih mudah menjalankannya:

1. Senin adalah hari untuk berlibur atau istirahat
2. Selasa dan Kamis untuk melakukan latihan jalan kaki tingkat kecepatan sedang sekurangnya 6,5 kilometer.
3. Rabu untuk berjalan kaki santai paling tidak 4,8 kilometer
4. Jumat untuk olahraga silang durasi 60 menit
5. Sabtu untuk melatih kekuatan dan ketahanan berjalan Anda, berangsur secara ringan membentuknya sampai 80 persen dari tujuan jarak yang ditentukan.
6. Ahad/Minggu untuk waktu khusus pemulihan sebentar saja sekitar setengah jam dengan berjalan kaki santai.

Untuk menempuh jarak yang khusus harus dengan cara dan tahap berjalan santai, peregangan dan berjalan sampai puncak kecepatan. Anda bisa mengawali latihan dari berjalan senyaman dan sesantai mungkin sekitar 600 detik. Berhenti lalu lakukan peregangan standar sekitar 300 detik. Selanjutnya lakukan jalan kaki cepat sampai detak jantung Anda terkendali pada posisi 65 sampai 80 persen denyut jantung tertinggi Anda. Dalam kondisi berjalan kaki cepat ini, Anda mesti mampu berbicara namun sebatas kalimat singkat. Kecepatan berjalan ini untuk mayoritas jarak yang telah ditentukan sebelum menyelesaikan latihan berjalan kaki dengan tahap pendinginan.

Lalu, Bagaimana Bentuk Latihan Bagi Pejalan Kaki Kelas Menengah?

Berbeda dengan pejalan kaki yang lebih banyak pengalaman dapat mengatur jadwal yang agak banyak. Berjalan kaki sejauh 1,5 sampai 2 kilometer sudah termasuk dalam pejalan kaki menengah. Adapun jadwal latihan bagi pejalan kaki menengah tidak jauh berbeda dengan orang pemula, mari kita simak bersama.

1. Senin sebagai hari beristirahat
2. Selasa sebagai interval berjalan kaki secara bolak-balik minimal 6,4 kilometer
3. Rabu sebagai waktu untuk berjalan santai sejauh 4,8 kilometer
4. Kamis sebagai jalan kaki cepat dengan jarak 8 sampai 9,6 kilometer
5. Jum’at sebagai waktu untuk Anda berolahraga silang misalnya angkat beban, jogging dalam waktu sekitar 120 menit
6. Sabtu untuk waktu Anda berjalan menguji kemampuan dan ketahanan, lambat laun membentuk 80 persen dari jarak tertarget.
7. Minggu saatnya Anda jadikan masa pemulihan/reda dengan berlatih fisik selain berjalan atau berjalan dengan santai selama 2.700 detik

Sebagai penjelasan, maksud dari interval berjalan adalah Anda berjalan kaki secara cepat dalam tempo pendek, kemudian berjalan kaki dalam kondisi normal.

Jalan kaki tempo artinya mendorong diri sendiri, namun masih sedikit yang Anda keluarkan sebelum Anda menyudahi jarak berjalan Anda.

Saat hari Anda berjalan jarak jauh, Anda diwajibkan berjalan cepat konstan yang sedikit lebih tinggi diatas kecepatan biasa Anda. Maksud dari ini adalah agar Anda memperoleh target jarak dalam 14 hari ujung dari agenda latihan ini.

Latihan silang berarti Anda melakukan olahraga lain misalnya mengangkat beban, push up, bersepeda, yang begitu penting untuk mendukung berjalan kaki. Rutin jadwalkan dua hari latihan silang ini tiap minggu.

Setiap latihan perlu dilakukan pemanasan sekitar 15 menit atau kurang dan di ujung latihan Anda lakukan juga pendinginan sekitar 10 menit.

Jika sampai pada ujung tujuan latihan Anda, sertakan sebuah waktu puncak dengan menurunkan kecepatan latihan Anda agar tubuh Anda siap dengan perjalanan kaki jarak jauh sebenarnya.

Untuk perjalanan jauh dengan berjalan kaki bisa menimbulkan rasa haus. Sebaiknya untuk tidak membawa minuman, namun siapkan uang Anda dan jika menemui orang atau toko penjual minuman segar.

Manfaat berjalan kaki jarak jauh dapat membuka ruang pergaulan Anda ke berbagai tempat sesuai yang Anda tuju. Bisa saja Anda bertemu teman lama, anggota keluarga jauh, bahkan teman baru di perjalanan. Amatilah lingkungan sekitar dengan penuh ketenangan. Anda akan merasakan hati Anda menjadi terbuka dan luas seluas wilayah yang Anda lihat dan jalani.

Setelah Anda membaca artikel ini, apakah Anda berminat untuk melakukan latihan dan bersiap berjalan kaki jarak jauh?

Mungkin Anda juga menyukai