manfaat jalan kaki di pantai

Manfaat Istimewa Jalan Kaki di Pantai Bagi Tubuh

Pantai adalah tempat favorit orang banyak untuk melepaskan penat dan stres. Disana orang akan menikmati indahnya pemandangan laut sambil berjalan kaki menyusuri pantai. Di pantai kita akan merasa rileks dan bahagia. Apalagi bersama-sama dengan orang terdekat.

Anda bisa luangkan waktu libur ke pantai agar jiwa dan tubuh Anda yang penat dan lelah menjadi berkurang. Di pantai, Anda akan menikmati suasana khas yang tidak bisa diperoleh ketika Anda berada di perkotaan.

Disamping untuk relaksasi, di pantai Anda juga akan memperoleh manfaat yang tidak kalah baiknya untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat berjalan di pantai? Berikut ulasannya.

1. Membuang racun dan menyembuhkan infeksi

Ketika Anda berjalan di pantai dan merasakan air laut menyentuh kaki Anda. Ternyata itu ada manfaatnya yaitu dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena tingginya kadar mineral air laut.

Tak sekedar itu, air laut yang mengandung yodium sangat berguna dalam mengatasi infeksi.

2. Terpenuhinya asupan vitamin D di pagi hari

Berjalan di pantai saat pagi hari sangat bagus karena tubuh langsung bisa terpapar sinar matahari ketika Anda menikmati suasana pantai.

Kebutuhan vitamin D pun bisa tercukupi. Tulang dan sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Hormon serotonin dan endorfin pun akan bertambah yang bermanfaat sebagai pemberi rasa senang, nyaman dan tenang.

Kualitas tidur Anda pun akan membaik dan lebih mudah terlelap karena aktifnya hormon melatonin.

3. Bisa membakar kalori

Anda sering berjalan kaki di pantai tanpa alas kaki? Jika ya, itu sangat berkhasiat untuk pembakaran kalori 20 sampai 50 persen. Apalagi kaki yang bersentuhan langsung dengan pasir pantai yang dapat rileks sekitar 200.000 syaraf pada kaki.

Elektron tubuh pun naik ketika Anda berjalan di pantai tanpa alas kaki yang berdampak pada bertambahnya kemampuan tubuh dan sistem imun tubuh. Selanjutnya, berjalan kaki di atas pasir dapat membuang sel kulit mati yang terkumpul di bagian tumit.

4. Memperbaiki kondisi hati Anda

Earthing yang diartikan sebagai berjalan kaki tanpa alas kaki di atas pasir dapat mentransfer energi positif yang berasal dari bumi ke dalam tubuh Anda. Akibatnya adalah bisa membuat suasana hati Anda membaik dan merasakan ketenangan. Tak perlu obat penenang kan?

5. Sendi menjadi sehat

Saat melangkahkan kaki di atas pasir, risiko cedera sangat rendah karena pasir akan ikut gerakan kaki Anda dan benturan atau tekanan saat menginjak pasir tidak begitu besar pada persendian. Sendi akan tetap sehat.

6. Otot pada kaki jadi kuat dan terlatih

Berdasarkan riset, berjalan di atas pasir memerlukan tenaga 1,6 sampai 2,5 kali lebih besar dibanding berjalan di permukaan yang keras. Oleh karena itu, berjalan kaki di pasir dapat membuat otot-otot kaki jadi kuat dan sehat.

Ada informasi tambahan yang dikutip dari Medicaldaily.com, seorang ahli kesehatan J. Aaron Hipp membuktikan bahwa wisata di pantai dapat memberi efek penyembuhan. “Riset memperlihatkan bahwa alam, misalnya pantai dan laut dapat berefek pada penyembuhan bagi manusia daripada pergi ke tempat gym, hiburan atau mengelilingi wilayah perkotaan,” ujar Hipp.

Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan indahnya suasana pantai sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan, bisa menuju pantai sekarang juga. Mau coba?

Sumber:
Antvklik.com
Ulinulin.com

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site