sederet manfaat jalan cepat untuk kesehatan

Manfaat Jalan Cepat Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa jalan cepat memiliki manfaat terutama untuk kesehatan kita? Manfaat jalan cepat secara rutin setiap harinya selama kurang lebih 30 menit antara lain yaitu dapat mengurangi lemak yang ada di tubuh, meningkatkan kekuatan otot, memperlancar kerja jantung dan pembuluh darah, menguatkan tulang, serta masih banyak lagi.

Pengertian dari jalan cepat sendiri yaitu aktivitas berjalan yang dilakukan dengan cepat, atau cukup cepat, tapi bukan berlari.

Jika jalan cepat selama 30 menit masih susah untuk Anda lakukan, Anda bisa membaginya menjadi 3 tahapan agar terasa lebih ringan.

Sebagai contoh, Anda bisa membagi jadwal olahraga menjadi 3 tahapan dalam sehari, dengan menjadwalkan masing-masing tahapan kurang lebih selama 10 menit.

Yang paling utama adalah tujuan agar manfaat jalan cepat dapat dirasakan oleh tubuh.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Melakukan Jalan Cepat Agar Tidak Cidera

Apapun olahraga yang akan Anda lakukan harus dilakukan dengan cara yang tepat dan baik. Hal ini bertujuan agar dapat mengurangi resiko terjadinya cidera.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut sebelum melakukan olahraga, dan dapat merasakan manfaat jalan cepat bagi tubuh.

1. Gunakanlah sepatu dan pakaian olahraga yang tepat

Agar ketika melakukan jalan cepat menjadi lebih maksimal, gunakanlah sepatu olahraga yang tepat untuk melindungi kaki Anda. Selain itu, pakaian olahraga yang dikenakan lebih baik disesuaikan dengan cuaca, kondisi, dan kenyamanan Anda.

2. Pilihlah rute jalan yang nyaman dan aman ketika dilewati

Sebaiknya Anda menentukan rute jalan yang aman ketika melaksanakan jalan cepat. Sehingga aktivitas olahraga Anda pun akan terasa lebih nyaman.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan medan yang Anda lewati, agar ketika melakukan jalan cepat tidak terjadi cidera.

Misalnya Anda harus menghindari jalanan yang berlubang, tidak rata, cuaca yang kurang mendukung, atau jalanan yang terlalu ramai. Sehingga aktivitas Anda bisa berjalan dengan baik.

3. Lakukan pemanasan sebelum melakukan jalan cepat

Lakukanlah pemanasan yang cukup, kurang lebih selama 5 hingga 10 menit. Pemanasan berguna sekali untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas, dan menghindari terjadinya cidera terutama pada otot.

4. Melakukan pendinginan setelah jalan cepat

Ketika waktu melaksanakan jalan cepat sudah hampir selesai, segera kurangi intensitas kecepatan berjalan Anda, yaitu dengan melakukan jalan yang lebih santai lagi.

Jalan santai selama 5 hingga 10 menit dapat membantu otot otot yang sebelumnya panas menjadi dingin kembali.

Manfaat Yang Didapat Dari Jalan Cepat

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, jalan cepat memiliki manfaat sendiri bagi tubuh, terutama untuk kesehatan kita. Beberapa diantaranya akan coba kita bahas di sini.

1. Dapat memperbaiki suasana hati

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa melakukan jalan cepat secara rutin, dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Selain itu juga jalan cepat dapat membantu Anda untuk mengatasi depresi.

2. Dapat menurunkan resiko demensia

Jika Anda rutin melakukan aktivitas berjalan, baik secara cepat ataupun santai, ternyata dapat memperlancar aliran darah ke otak. Sehingga dapat menurunkan resiko adanya gangguan atau penyakit yang ada pada pembuluh darah.

Data dari World Alzheimer pada tahun 2004 menyatakan bahwa, dengan melakukan olahraga secara teratur bisa menurunkan resiko terkena demensia.

3. Untuk menjaga kesehatan jantung

Manfaat jalan cepat yang lain yaitu dapat menjaga kesehatan jantung.

Selain itu jalan cepat juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Karena kedua kondisi tersebut merupakan beberapa faktor penyebab pemicu seseorang dapat terkena serangan/penyakit jantung dan stroke.

Hal tersebut di atas adalah beberapa manfaat jalan cepat yang dapat dirasakan oleh tubuh, terutama jika kita melakukannya secara rutin setiap harinya.

Berjalan cepat selama 20 hingga 30 menit menurut seorang ahli diabetes juga dinyatakan dapat menurunkan kadar gula dalam darah selama sehari semalam.

Selain itu juga Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal jika rutin melakukannya.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site