manfaat jalan kaki 10 menit

Manfaat Jalan Kaki 10 Menit Bagi Orang Muda dan Lansia

Kesehatan menjadi hal yang paling penting dalam kehidupan kita. Sehingga memang menjaga kesehatan ada baiknya dilakukan sejak dini. Dengan melakukan rutinitas yang baik, mulai dari segi waktu istirahat, pola makan sehat, selalu menjaga kebersihan, berolah raga dan lain sebagainya.

Namun, terkadang usia muda tak membuat sebagian besar orang sadar akan kesehatannya. Mereka lebih sibuk dengan rutinitas seperti bekerja dan menuntut ilmu tanpa dibarengi dengan kegiatan olah raga, makanan yang sehat bahkan pola istirahat yang sangat berantakan.

Memang pada saat muda tidak merasakan apapun, namun ketika sudah mulai memasuki usia senja, maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Sehingga sebelum Anda menyesal di kemudian hari ada baiknya Anda menjaga kesehatan Anda dengan beberapa olah raga kecil yang mungkin sedikit bisa membantu memulihkan atau merawat kesehatan Anda.

Salah satu kegiatan tersebut adalah jalan kaki. Dimana ada banyak sekali manfaat jalan kaki 10 menit ini. Selain itu kegiatan jalan ini juga bisa dibarengi dengan melakukan aktivitas lainnya seperti berbelanja atau hal lainnya. Sehingga tidak mengganggu rutinitas Anda.

Manfaat jalan kaki 10 menit ini bisa dirasakan oleh semua orang. Baik untuk anak-anak sampai orang tua usia lanjut. Dimana memang walapun kegiatan ini cukup mudah, banyak orang yang masih belum bisa menerapkan ini dengan sangat baik dalam kehidupan mereka.

Padahal ada manfaat yang amat baik untuk kesehatan mereka. Manfaat dari jalan kaki ini diantaranya yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Dimana dengan berjalan kaki secara tidak langsung akan memacu jantung Anda untuk berdetak lebih cepat dan membuat sirkulasi darah Anda menjadi lebih lancar.

Bahkan juga bisa memperkuat jantung Anda sehingga bisa digunakan sebagai terapi untuk orang yang mengalami lemah jantung. Namun, mungkin hanya dengan intensitas yang tidak terlalu banyak dan perlu dikonsultasikan dengan ahlinya.

Selain mempengaruhi terhadap jantung dan aliran darah, jalan kaki juga berguna mengontrol kolesterol dalam tubuh. Jalan kaki bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dan kadar gula berlebih pada tubuh Anda sehingga akan mengurangi resiko diabetes yang mungkin akan menyerang pada usia lanjut atau pada usia yang masih muda sekalipun. Bahkan bagi yang memiliki hipertensi, jalan kaki bisa membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah.

Manfaat lainnya adalah bisa membantu Anda terbebas dari obesitas. Dimana jalan kaki ini dimaksudkan pada jalan kaki cepat, namun bagi yang baru menjalankan aktifitas ini disarankan memulai dengan durasi waktu yang singkat terlebih dahulu baru meningkatkan secara bertahap. Sehingga tubuh tidak kaget dengan perubahan rutinitas tersebut.

Jalan kaki juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress atau mencegah stress muncul. Hal ini dikarenakan jalan kaki memicu tubuh kita menghasilkan endorfin yang akan membuat mood kita menjadi lebih baik. Jalan kaki juga sangat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh anda dengan intensitas yang direkomendasikan adalah 30 menit per harinya. Namun seperti yang telah disebutkan, harus ada tahapan, tidak boleh langsung melonjak karena tubuh akan kaget dengan perubahan yang terlalu signifikan tersebut.

Dan dari sederet manfaat yang ada di atas sudah sangat terlihat bahwa bagi lansia pun kegiatan berjalan akan sangat meningkatkan kualitas kehidupan di masa senja mereka menjadi lebih sehat dan bugar. Karena memang di masa tua, banyak penyakit yang mulai menyerang. Jika tidak segera ditanggulangi akan menjadi permasalahan yang cukup panjang, sehingga manfaat jalan kaki 10 menit bagi lansia adalah bisa mencegah osteoporosis, stroke, asma, radang sendi bahkan kanker.

Share