Manfaat Jalan Kaki 10000 Langkah

Berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah perhari adalah total yang dianjurkan agar memperoleh aktivitas yang memadai. Walau begitu, bisakah hal tersebut jadi kewajiban agar tubuh sehat? Saat ini memang cukup berat menerapkan 10000 langkah setiap hari, disebabkan aktivitas yang menggunakan kendaraan. Perlu diutamakan adalah manfaat jalan kaki 10000 langkah yang bisa membangun tubuh yang sehat dan bugar.
manfaat jalan kaki 10000 langkah bagi kesehatan
Kata para ahli, jumlah sepuluh ribu langkah setiap hari sebenarnya sesuatu yang pantas diwujudkan, namun kegiatan raga yang lain di hari itu juga bisa menunjukkan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jalan Kaki 10000 Langkah Untuk Kesehatan

Seorang direktur Walking Behavior Laboratory Amerika Serikat berkata, anjuran 10000 langkah sehari sebetulnya tidak sungguh-sungguh berdasarkan ilmiah.

Saran tersebut mulai muncul dan merebak dari sebuah alat penghitung langkah kaki yang disebut pedometer yang dijual di negara Jepang tahun 1960an dan diistilahkan manpo-kei, yang bermakna penghitung sepuluh ribu langkah. Saat itu pedometer sangat laku dan berpengaruh penting pada orang-orang di penjuru dunia.

Berbagai kajian pun memperlihatkan manfaat dan khasiat dari peningkatan langkah hingga sepuluh ribu langkah per hari bagi kesehatan fisik. Satu studi diperoleh, perempuan yang berjalan kaki mendekati 10000 langkah dalam sehari menunjukkan tekanan darah yang turun sesudah 24 pekan (6 bulan). Berbeda pada studi yang lain, memperlihatkan wanita dengan berat badan tinggi yang berjalan kaki 10000 langkah setiap hari memiliki tingkat glukosa darah yang membaik/normal.

Biarpun seperti itu, sesuai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menyatakan, berjalan kaki sebanyak 10000 langkah bukan menjadi saran kesehatan yang legal. Malahan, penekanan diarahkan pada betapa pentingnya kegiatan tubuh selama 150 menit dalam 1 minggu, contohnya berjalan kaki cepat bukan santai atau sedang.

“Agar bisa tercapai anjuran itu, maka dalam 1 hari rata-rata seorang harus berjalan sebanyak 7 ribu hingga 8000 langkah setiap hari, ” kata Tudor-Locke.

Dia juga memberi saran, bila per hari orang membiasakan berjalan kaki sebanyak 5000 langkah maka meningkatkan jalan kaki cepat 30 menit akan menaikkan menjadi delapan ribu langkah. “Namun, apabila Anda berkemampuan berjalan kaki jauh lagi, tak ada alasan pun Anda stop hanya pada angka delapan ribu,” ungkapnya.

Tak sekedar itu, Klinik Mayo beri rekomendasi lain dalam pemakaian pedometer sebagai penentu tujuan jangka pendek, misalnya mencapai 1000 langkah dalam 1 minggu. Selanjutnya, pelan-pelan menentukan target jangka panjang sampai 10000 langkah setiap hari.

Saat ini adakah keinginan dari Anda untuk berjalan kaki sepanjang itu? Kami harapkan iya, karena berjalan kaki adalah metode sangat murah meriah dalam hidup Anda untuk jadi sehat. Dampak yang sangat terasa adalah banyaknya keringat yang keluar dari dalam tubuh. Maknanya adalah bahwa kalori dalam tubuh sudah terbakar. Itu penting bagi tubuh Anda.

Sekarang timbul pertanyaan, apakah berat badan bisa turun hanya bertumpu pada olahraga jalan kaki?

Tentu saja bisa. Namun Anda wajib mengamati faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Banyaknya kalori yang akan kamu bakar dengan berjalan kaki diukur berdasar berat badan dan tingkat kecepatan berjalan kaki.

Secara umum, bila berjalan kaki dengan level kecepatan 4 mil per jam atau sekitar 6,43 km, kalori yang bisa dibakar adalah berkisar pada 400 kalori/jam. Walau begitu, Anda tak harus berjalan sejauh 4 mil. Anda bisa menggabungkan antara kegiatan berjalan kaki untuk jarak dekat dengan kegiatan fisik harian yang tentu saja menyertakan tubuh Anda.

Agar berat badan turun, seseorang harus menempuh jarak rata-rata sekitar 2000 langkah. Dalam 1 mil yang setara 1,6 km bisa membakar 100 kalori. Ini menunjukkan, pedometer akan merekam jarak mil yang telah dicapai per hari dan jumlah kalori yang terbakar. Ini tentu akan memudahkan Anda dalam program penurunan berat badan dan hal lain yang berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda.

Jarak 1 mil sama dengan 2000 langkah sama dengan 100 kalori yang bisa dibakar
1 pound setara dengan 0,45 kilogram sama dengan 3500 kalori
Berat badan turun sebanyak 1 pound sama dengan pembakaran 500 kalori setiap hari
Agar bisa menurunkan 1 pound setiap minggu, Anda perlu melakukan jalan kaki 10000 langkah per hari.

Solusi dengan berjalan kaki sangat menolong Anda dalam program diet atau turunkan berat badan, dibanding pergi ke tempat kebugaran yang memakan waktu dan uang. Disamping itu, Anda pun dianjurkan meningkatkan jumlah rutinitas harian agar bisa lebih banyak lagi kalori yang terbakar. Ingatlah selalu manfaat jalan kaki 10000 langkah setiap waktu, sehingga Anda termotivasi dalam bergerak dan beraktivitas.

Apabila berjalan kaki 10000 langkah membuat Anda repot dan lelah, sebaiknya lakukan kegiatan seperti ini:

1. Bila tempat kerja Anda dekat, berjalan kaki adalah cara yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai tergoda oleh nikmatnya berkendaraan. Aktivitas fisik lebih diutamakan disini. Berjalan kaki menuju lokasi halte angkutan umum baik pergi dan pulang.

2. Jika terpaksa menggunakan kendaraan, Anda bisa parkir kendaraan agak jauh dari kantor/tempat tujuan sehingga membuat Anda berjalan lebih banyak.

3. Bangunan tinggi pasti ada tangga dan lift. Maka dari itu lebih baik naik tangga agar fisik Anda bergerak aktif dibanding naik lift.

4. Pagi adalah waktu yang nyaman untuk berjalan kaki santai. Berjalanlah sambil menikmati udara segar.

Adakalanya berjalan kaki bisa buat Anda bosan. Untuk mencegah atau mengatasinya bisa melakukan tips berikut:

1. Berjalan kaki di jalur yang berbeda dari sebelumnya atau bergonta-ganti jalur jalan.

2. Anda bisa pergi ke tempat kebugaran agar bisa berjalan di treadmill agar merubah kondisi dan suasana.

3. Bisa lebih menggembirakan jika mengajak anggota keluarga atau orang terdekat Anda berjalan kaki, bisa sambil santai ngobrol.

Jalan kaki tidak boleh sembarangan. Agar bisa meraih hasil maksimal apalagi ingin memperoleh manfaat jalan kaki 10000 langkah, usahakan tubuh tegap dan dagu diangkat(tidak turun) serta pandangan ke depan. Jika gaya Anda berjalan seperti ini, maka akan lebih membuat kepercayaan diri meningkat, namun memudahkan dalam membentuk postur tubuh, otot dan tulang.

Manfaat jalan kaki 10000 langkah sangatlah baik jika dijadikan sasaran harian atau mingguan untuk menikmati hidup sehat. Pakailah pedometer untuk bisa membaca angka berapa Anda melangkah, berapa kalori yang terbakar serta yang lainnya. Pedometer sekarang mudah diperoleh, dan dipakaikan di celana bagian pinggul untuk melakukan deteksi gerakan pinggul saat berjalan kaki. Dengan bantuan alat canggih ini, akan semakin memudahkan Anda dalam berolahraga jalan kaki dan program kesehatan Anda. Berjalan kaki pun akan lebih membuat Anda bersemangat dan bahagia.

Semoga apa yang disampaikan disini bisa Anda ingat dan terapkan hal tentang MANFAAT JALAN KAKI 10000 langkah per hari yang sangat berguna buat kesehatan tubuh dan mental. Lingkungan pun akan lebih sehat karena tidak adanya polusi dari penggunaan kendaraan bermotor hanya jika Anda berjalan kaki saja.

Mungkin Anda juga menyukai