Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
manfaat jalan kaki 30 menit pagi hari

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Pagi Hari

Meskipun terlihat sepele, jalan kaki selama 30 menit di pagi hari ternyata dapat memberikan banyak manfaat. Dari mulai manfaat kesehatan secara fisik sampai dengan manfaat kesehatan secara mental, semuanya bisa Anda dapatkan hanya dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi.

Jika Anda tertarik untuk mulai menjalankan kebiasaan ini, berikut merupakan beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

1. Membantu Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Berjalan kaki di pagi hari dapat memicu organ jantung untuk memompa darah beberapa kali lebih cepat dari biasanya. Ketika hal ini terjadi, maka sirkulasi peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

Tidak hanya itu, di pagi hari kondisi udara biasanya juga masih segar. Oleh karenanya, darah yang dipompa oleh jantung akan memuat kadar oksigen yang cukup, sehingga seluruh organ yang ada pada tubuh bisa mendapatkan suplai oksigen yang memadai.

2. Membakar Lemak
Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak energi. Untuk memenuhi kebutuhan energi selama berjalan kaki di pagi hari, tubuh akan menggunakan cadangan energi yang ada pada tubuh.

Normalnya, cadangan energi pertama yang akan digunakan tubuh adalah gula. Jika cadangan energi berbentuk gula sudah habis, cadangan energi selanjutnya yang akan digunakan oleh tubuh adalah lemak.

Dengan begitu, secara tidak langsung, jalan kaki di pagi hari selama 30 menit akan turut mengurangi tumpukan lemak berlebih yang ada pada tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis
Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa untuk bisa memiliki tulang yang kuat, satu – satunya hal yang diperlukan hanyalah memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh.

Padahal, dalam prakteknya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam hal ini, selain harus memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium harian tubuh, untuk bisa memiliki tulang yang kuat, kita juga perlu melakukan banyak aktivitas fisik.

Menurut hasil penelitian, untuk bisa memiliki tulang yang kuat, kita perlu berjalan kaki kurang lebih sekitar 10000 langkah per hari. Itulah mengapa jalan kaki selama 30 menit di pagi hari dapat membantu kita terhindar dari osteoporosis.

4. Menguatkan Otot
Ketika berjalan kaki, ada banyak bagian tubuh yang mengalami kontraksi dan relaksasi secara bergantian. Hasilnya, proses kontraksi dan relaksasi tersebut akan membuat otot menjadi lebih kuat, lebih padat, dan juga lebih berisi.

Di lain sisi, ketika berjalan kaki di pagi hari, kita nantinya juga akan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup.

Nantinya paparan sinar matahari tersebut akan berguna dalam proses pembentukan vitamin D yang bermanfaat untuk menguatkan tulang, menyehatkan kulit, dan menguatkan otot.

5. Menyehatkan Paru – Paru
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, di pagi hari, kondisi udara biasanya cenderung masih cukup bersih dan segar. Oleh karenanya, berjalan kaki di pagi hari nantinya juga akan membuat paru – paru menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan udara yang masuk ke paru – paru adalah udara yang bersih, sehingga kinerjanya pun bisa lebih maksimal.

6. Menormalkan Tekanan Darah dan Meredakan Stres
Manfaat jalan kaki di pagi hari yang selanjutnya adalah untuk menormalkan tekanan darah.

Menurut hasil penelitian, jalan kaki di pagi hari telah terbukti dapat membantu menormalkan tekanan darah dan mengurangi tingkat kepekatan darah.

Tidak hanya itu, jalan kaki di pagi hari juga cenderung dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, lebih rileks, dan terbebas dari stres.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki selama 30 menit di pagi hari yang akan Anda dapatkan jika Anda rutin mengerjakannya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memulai kebiasaan ini?