manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari agar tubuh bugar

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Tak perlu bingung lagi jika kita ingin terus memperoleh kebugaran fisik yang baik caranya adalah dengan rajin berolahraga. Adapun salah satunya adalah berolahraga jalan kaki 30 menit setiap hari.Saatnya Anda harus tahu manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari.

manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari agar tubuh bugar

Boleh dibilang jenis olahraga ini sangat simpel dilakukan siapapun, akses tempatna bisa dimana saja, waktu tak terlalu jadi masalah bisa kapan saja, biayanya pun murah dan hampir gratis. Ujungnya bisa membuat badan sehat. Anda pasti suka dengan sesuatu yang murah meriah namun kaya manfaat.

Anda bingung dengan manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari? Apa ada khasiatnya untuk kesehatan?

Pertanyaan tersebut akan ada jawabannya disini.

Faktanya olahraga berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari memiliki manfaat yang luas bagi tubuh. Apa aja sih manfaatnya?

Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bisa disimak dibawah ini:

1. Hanya dalam waktu 10 menit saja bisa mendongkrak hormon endorfin yang berdampak baik pada berkurangnya stres, rasa tegang, marah, lelah dan pikiran yang sedang bingung. Bagi yang belum tahu hormon endorfin adalah hormon yang berfungsi menjadikan seseorang bisa merasakan senang, happy, dan nyaman dalam dirinya. Tak cuma itu saja, endorfin juga bisa membuat kekebalan tubuh terjaga. Keren banget kan?? Anda mau itu? Ayo berjalan kaki.

2. Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bisa meminimalkan risiko sakit glaukoma. Penyakit ini menimpa mata yang bisa memicu kebutaan karena terjadinya kerusakan berkala pada serabtu saraf yang berasal dari saraf optik. Adapun pemicu munculnya glaukoma adalah tekanan darah tinggi serta penyakit gula.

3. Mengurangi risiko sakit flu.

4. Mencegah adanya risiko alzheimer dimana seseorang berkurang dalam daya pikir dan ingatan.

5. Dapat membuat jantung jadi lebih kuat

6. Otot bahu dan lengan akan terbentuk dengan baik

7. Otot perut jadi kuat

8. Mengendalikan tekanan darah agar terhindar dari stroke

9. Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bisa menekan risiko kanker usus bagi wanita

10. Otot kaki akan terbentuk dan kuat

11. Memelihara keseimbangan tubuh

12. Menghindari dari penyakit tulang seperti osteoporosis

Nah dari itu saja sudah banyak sekali MANFAAT JALAN KAKI 30 menit setiap hari. Pada dasarnya adalah itu dapat membuat tubuh sehat, bugar, segar dan tampak awet muda. Mau coba?

Oke, bagi Anda yang ingin mencoba melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit ini sangat diperhatikan dan diperlukan tips panduan agar olahraga akan terasa membahagiakan Anda

1. Olahraga tak akan lepas dari kostum dan pakaian. Jangan sampai Anda berolahraga jalan kaki tidak pakai baju. Pakailah baju yang sederhana saja seperti kaos dan celana panjang. Pilih bahan pakaian penyerap keringat. Bagi Anda yang suka dengan perawatan kulit untuk memakai tabir surya.

2. Gunakan alas kaki (sepatu) yang memang diperuntukkan untuk olahraga jalan kaki. Tujuannya sangat jelas agar kaki Anda selamat dari cedera dan luka. Apabila jalan kaki dilakukan dengan santai dan jarak dekat, bisa pula menggunakan sandal karet yang ringan dan lentur. Silakan pilih sesuai selera dan keperluan Anda.

3. Bawa kelengkapan identitas (KTP), uang secukupnya, dan telepon genggam. Kita tahu apa yang akan terjadi di jalanan, entah itu kecelakaan, kehausan dan kelaparan. Anda sudah membawa barang yang penting nanti di perjalanan. Pentingnya identitas dan alat komunikasi saat ini begtu penting kala situasi bahaya dan darurat.

4. Sebagian orang berolahraga sambil mendengarkan musik memakai earphone. Memang itu mengasyikkan. Tapi perlu diingat juga, jangan sampai telinga Anda hanya terfokus mendengarkan audio favorit. Tapi telinga juga sangat perlu untuk mendengar apa yang terdengar di sekitar. Kewaspadaan sangat diutamakan disini menggunakan indera pendengaran.

5. Selalu melakukan gerakan pemanasan (warming up) dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga jalan kaki.

6. Menyiapkan minuman saat berolahraga. Rasa haus dan lelah sangat dirasakan ketika berolahraga. Jadi, untuk mencegah tubuh dehidrasi, bawalah minuman dalam botol khusus. Pilih air bening biasa saja. Agar mudah terserap ke dalam tubuh Anda.

Dimanakah tempat/lokasi yang akan Anda gunakan untuk berjalan kaki? Tentu saja ada banyak pilihannya, seperti jalan atau gang yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, taman kota, dan tempat lainnya yang nyaman untuk dijadikan lokasi berolahraga. Alangkah bagusnya jika memilih lokasi dengan banyak pohon yang rindang. Udara sejuk pun mudah didapat. Anda akan mudah bernafas dan merasakan kesejukan disana.

Bagaimana dengan waktu? Tenang saja, ada waktu terbaik untuk berjalan kaki 30 menit yaitu pagi hari saat udara masih segar dan sejuk, minim polusi. Anda akan merasakan manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari yang luar biasa dan akan merubah kondisi tubuh Anda lebih baik.

Apa yang saya sampaikan disini tentang manfaat jalan kaki 30 menit adalah bahwa rutinitas berolahraga itu penting sekali karena dapat membuat tubuh jadi sehat dan bugar. Ya, walaupun olahraga yang dilakukan hanya jalan kaki dalam 30 menit tiap hari.

Tak perlu repot memilih olahraga mahal, seperti sepakbola, futsal, basket, badminton, sepeda, apalagi golf. Yang murah saja bisa banyak manfaat. Mengapa pilih yang mahal?