Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Olahraga jalan kaki yang sering kita lakukan setiap hari merupakan jalan mudah untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. Lalu berapakah idealnya waktu yang diperlukan untuk selalu rutin berjalan kaki setiap hari? Agar hasil yang didapat setiap orang menjadi optimal. Manfaat jalan kaki 30 menit adalah sesuatu yang bisa diraih oleh siapapun untuk menunjang kesehatan.

manfaat jalan kaki 30 menit bagi kesehatan Anda

Banyak pilihan untuk menggerakan fisik Anda, namun yang paling direkomendasikan adalah jalan kaki. Jika seseorang bisa rutin dalam hal kegiatan berjalan kaki sesuai aturan maka seseorang tersebut dapat melakukan perubahan penting dari gaya hidup pasif menjadi gaya hidup aktif dan energik.

Aktivitas berjalan kaki yang dilaksanakan dengan jangka waktu tertentu bisa mengurangi risiko penyakit berbahaya diantaranya diabetes, kolestrol, tekanan darah tinggi dan jantung koroner. Agar kegiatan dari berjalan kaki ini menjadi hal positif buat kesehatan, maka Anda disarankan untuk rutin berjalan kaki sekitar 30 menit selama 5 kali seminggu dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Untuk Siapapun

Saran terbaik untuk melakukan aktivitas berjalan kaki perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan hasil kesehatan yang akan diperoleh. Mari simak penjelasannya di bawah ini:

Rekomendasi Jumlah Langkah Kaki

Tak hanya saran mengenai waktu yang diterapkan selama 30 menit saja dalam berjalan kaki, namun ada pula cara dalam perhitungan langkah kaki yang sekarang ini bisa mudah didapatkan dengan menggunakan alat pedometer. Dimana cara ini diperkenalkan oleh negara Jepang yaitu sebanyak sepuluh ribu (10000) langkah kaki per hari.

Sudahkah Anda melakukan langkah kaki sebanyak itu? Jika belum, mari lanjutkan membaca. Rekomendasi diatas pada asalnya sama saja karena setelah dilakukan riset, untuk mendaaptkan sepuluh ribu langkah setiap hari, seseorang wajib berjalan kaki sekitar 8 km.

Mungkin Anda terkejut membaca ini bahwa berjalan kaki sejauh 8 km sangat melelahkan. Anda tak perlu resah, karena hal tersebut tak mungkin dilakukan hanya dalam satu hari. Tambahkan waktu berjalan kaki selama 30 sampai 60 menit sehari. Jadi, kurang lebih dalam 5 hari Anda berjalan kaki selama itu Anda diperkirakan sudah bisa mencapai total sebanyak 10000 langkah.

Jalan Kaki dengan Alas Kaki

Penggunaan alas kaki saat berjalan bisa dibilang hal penting karena dapat berpengaruh dalam proses jalan kaki. Fungsi alas kaki tentu saja bisa mengurangi risiko cedera saat berjalan kaki seperti lecet dan luka serta membuat kaki lebih nyaman saat menginjakkan kaki. Jika Anda menggunakan sepatu, pilihlah dengan karakter sepatu yang memiliki dukungan untuk lengkungan kaki, tumit dan sol tebal lentur namun tidak keras.

Karakter kaki juga akan memiliki pengaruh pada cara kita memilih sepatu. Jika seseorang mempunyai ciri telapak kaki rata, maka disarankan untuk memakai sepatu yang bagian dalamnya ada tambahan lengkungan untuk telapak kaki agar tercipta lengkungan dan itu bisa didapat dengan menaruh bantal agar timbul lengkungan di telapak kaki sepatu.

Sebagaiman kita ketahui bahwa berjalan kaki adalah olahraga yang bersifat aerobik yang enteng dilakukan, risiko rendah dan secara umum disarankan untuk semua orang. Namun sayangnya, lingkungan perkotaan yang banyak polusi, kesibukan dan kondisi trotoar yang tak bagus bisa jadi penghambat kita untuk berjalan kaki.

Tapi ingatlah bahwa jalan kaki tak mesti dikerjakan di luar ruangan tapi bisa juga di dalam ruangan. Pastinya jika dalam situasi seharusnya, berjalan kaki pagi hari di taman hijau adalah keinginan banyak orang, apalagi dalam hal mendapatkan manfaat jalan kaki 30 menit itu sangat singkat dan mudah.

Sangat menyedihkan memang jika di kota besar hal ini sulit dirasakan karena sudah banyaknya polusi. Namun hambatan diatas tak boleh dijadikan penghalang dalam beraktivitas jalan kaki yang bermanfaat besar ini. Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki 30 menit, Anda masih bisa berjalan kaki di alat khusus seperti treadmill, berjalan di lingkungan di sekitar rumah pada waktu subuh atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang mengharuskan Anda berjalan kaki dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Bagaimana? Anda ingin mencobanya? Kami sangat menganjurkan Anda melakukannya karena manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari itu sangat mudah dan murah karena perbedaannya sangat besar jika Anda berolahraga yang lainnya seperti golf, sepeda, lari yang risikonya lebih tinggi dan biaya yang tidak sedikit dibandingkan hanya jalan kaki saja. Oke! Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan