Manfaat Jalan Kaki Bagi Jantung

Manfaat Jalan Kaki Bagi Jantung – Berjalan merupakan bentuk latihan aerobik dan menjadi salah satu cara termudah dalam meningkatkan aktivitas fisik dan juga meningkatkan kesehatan Anda. Aktivitas fisik dapat meningkatkan detak jantung Anda, memperkuat jantung Anda dan juga meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh Anda, membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke organ-organ Anda. Olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dalam mengambil oksigen, membantu mengurangi lemak tubuh, menurunkan tekanan darah dan menormalkan kadar kolesterol dan gula darah.

manfaat jalan kaki bagi jantung kita

Lebih 2.400 tahun yang lalu, Hippocrates pernah mengatakan bahwa berjalan merupakan obat terbaik untuk manusia. Untuk mengetahui apakah ia benar, 2 ilmuwan dari University College London melakukan sebuah meta-analisis dari penelitian yang pernah dipublikasikan antara tahun 1970 dan 2007 pada jurnal peer-review.

Setelah memilah-milah hingga 4295 artikel, mereka mengidentifikasikan 18 studi yang memenuhi kualitas tinggi. Studi ini dievaluasi oleh 459.833 peserta yang bebas dari penyakit jantung atau kardiovaskular saat penyelidikan dimulai. Setiap studi mengumpulkan informasi tentang peserta yang memiliki kebiasaan berjalan bersama dengan informasi faktor-faktor risiko kardiovaskular, termasuk merokok, usia dan penggunaan alkohol dalam banyak kasus. Para peserta dilacak selama 11,3 tahun, di mana kardiovaskular (serangan jantung, angina, operasi bypass arteri koroner, gagal jantung, stroke dan angioplasti,) dan kematian dicatat.

Pada kesimpulanya, berjalan dapat mengurangi risiko jantung sebesar 31%, dan mengurangi risiko kematian dengan periode penelitian sebesar 32%. Manfaat ini sama-sama berpengaruh baik pada pria dan wanita.  Berjalan kaki dapat membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antar sel darah yang dapat mengakibatkan gumpalan darah yang menyumbat pada pembuluh darah. Saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak-gerak sehingga HDL (kolesterol baik) yang menyerap LDL (kolesterol jahat) mengalami peningkatan yang dapat menyehatkan jantung.

Manfaatkan berjalan kaki saat berangkat atau memulai aktivitas di pagi hari seperti ke sekolah ataupun ke kantor agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Jalan kaki merupakan jenis olahraga yang praktis, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. Itulah informasi tentang Manfaat Jalan Kaki Bagi Jantung.

Mungkin Anda juga menyukai