Manfaat Jalan Kaki Bagi Karyawan

Manfaat Jalan Kaki Bagi Karyawan – Setiap orang perlu aktivitas olahraga yang berguna membantu dalam pemeliharaan kesehatan agar tetap menjalani kegiatan sehari-hari seperti bekerja. Khususnya bagi para karyawan atau pegawai yang dituntut untuk selalu segar bugar memenuhi tugas di kantor.

Masalahnya sekarang banyak karyawan sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga waktu kesempatan untuk berolahraga pun menjadi sulit diperoleh.

Padahal aktivitas olahraga sangat penting terlebih manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental. Sebagian orang apalagi karyawan menganggap olahraga adalah suatu hal yang tidak penting, mahal dan ribet.

Saya yakinkan disini, bahwa olahraga itu mudah, murah dan sederhana. Tak perlu membayangkan olahraga yang mahal seperti gym, fitness, sepakbola, sepeda, dan lain-lain.

Di pembahasan kali ini solusi yang paling mungkin Anda lakukan sebagai kegiatan olahraga adalah berjalan kaki. Anda pasti mengira bahwa jalan kaki memang sering dilakukan. Tapi seberapa banyak Anda melangkah setiap harinya? Seberapa jauh Anda melangkah?

Jalan kaki bisa dijadikan life style Anda untuk kesehatan tubuh dan mental. Jalan kaki bisa kelompokkan menjadi tiga yaitu jalan santai, jalan dengan kecepatan sedang dan jalan kaki cepat.

Anda bisa pilih jenisnya. Sebagai permulaan, Anda bisa coba jalan santai dulu kemudian meningkat ke level berikutnya. Jarak yang Anda tempuh pun bisa bertahap mulai jarak dekat sampai jauh.

Jalan kaki merupakan olahraga yang mulai terlupakan namun ini bisa berguna sekali dalam menjaga tubuh tetap segar bugar. Saking sederhananya olahraga ini Anda tidak dituntut membeli berbagai keperluan olahraga seperti peralatan olahraga, tempat olahraga dan tidak melibatkan tim olahraga.

Masalah tempat berjalan kaki pun Anda tak perlu khawatir, mulai di dalam rumah Anda bisa berjalan kaki dari ruangan satu ke ruangan lain. Apalagi di luar rumah, di sekitar rumah bisa Anda jadikan area berjalan kaki yang baik. Anda bisa menyusuri dan berkeliling dari komplek ke komplek, gang ke gang dan sebagainya.

Bagi Anda karyawan yang lokasi tempat kerjanya masih dalam kategori dekat misalnya sekitar 1-2 kilometer. Disarankan untuk berlatih berjalan kaki ke tempat kerja. Berangkat pagi berjalan kaki dan pulangnya memakai angkutan umum. Atau bisa juga berangkat pagi naik angkutan umum dan pulangnya jalan kaki. Terserah Anda.

Anda akan merasakan tubuh semakin segar, bersemangat, bahagia ketika sudah terbiasa berjalan kaki. Olahraga praktis bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan dan upaya pencegahan berbagai penyakit.

Manfaat bagi kesehatan tubuh hanya dengan berjalan kaki adalah meningkatkan kadar hormon endorfin yang berguna sebagai pembasmi stres, menekan risiko glaukoma, mencegah risiko alzheimer, menyehatkan organ jantung, memperkuat tulang, pembakaran lemak tubuh, menjaga keseimbangan tubuh dan banyak lagi yang lainnya.

Jadi, olahraga jalan kaki ini bisa Anda masukkan dalam program harian Anda untuk selalu aktif berjalan kaki.

Demikian ulasan tentang manfaat jalan kaki bagi karyawan yang tentunya akan bermanfaat banyak jika Anda menerapkannya setiap hari.

Mungkin Anda juga menyukai