Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Setiap Hari

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan itu sudah ada dari sejak jaman dahulu dimana orang terdahulu selalu mengandalkan jalan kaki sebagai transportasi dasar disamping menggunakan hewan seperti kuda, onta dan lainnya. Kita sudah mengerti bahwa berjalan kaki ialah salah satu tipe olahraga yang ringan dan dapat dijalani oleh orang dari segala kalangan dan usia.

ragam manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh

Jalan kaki tak perlu punya keterampilan spesial dan ribet. Sangat berbeda dengan olahraga yang lain misalnya sepak bola yang perlu latihan khusus dalam mengaplikasikannya. Olahraga ini juga tak membutuhkan pakaian dan alat khusus dengan harga yang tak sedikit.

Secara sederhana hanya butuh pakaian biasa dan sandal murah pun dapat memenuhi syarat untuk hanya sekedar berjalan kaki. Jalan kaki bisa disebut olahraga hampir gratis untuk semua orang. Anda mau? Tentunya iya dong.

Walaupun jalan kaki bisa dianggap olahraga biasa-biasa saja, dibalik itu ada manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang tak terhingga nilainya bahkan bisa melebihi uang yang Anda punyai. Jika Anda sering berjalan kaki maka diperoleh manfaat yang tak bisa dianggap kecil. Anda akan menikmati kesehatan pada jantung, tulang, otot, mata hingga pikiran menjadi lebih tenang.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Itu Bisa Didapat dengan Mudah dan Murah

Jadi Anda mulai penasaran kan, apa aja sih manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh kita sekarang dan masa depan. Yuk kita mulai simak informasinya:

Jalan kaki bisa bikin jantung kamu lebih kuat

Rutin berjalan kaki sudah ada buktinya untuk menekan adanya risiko penyakit berbahaya, penyakit jantung dan stroke. Keunggulan jalan kaki ini dapat menjadi cara murah dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dibarengi bertambahnya kolestrol baik selain itu pun mampu melindungi tekanan darah tetap normal. Dengan kata lain, kegiatan dan gerakan dapat menaikkan detak jantung dan memompa darah lebih lancar, melatih kinerja jantung agar baik dan pola aliran darah Anda.

Berdasarkan Asosiasi Stroke, berjalan kaki dengan cepat dalam 30 menit dapat mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi pemicu stroke dan juga menekan adanya risiko serangan stroke sampai 27 %. Ternyata mudah ya untuk dapat menangkal penyakit ganas ini, dengan hanya rutin berjalan kaki 30 menit saja setiap hari. Simpel dan murah.

Jalan kaki itu bisa turunkan timbulnya risiko penyakit tertentu

Tak hanya penyakit jantung, rutinitas jalan kaki dapat meminimalisir risiko mengidap penyakit gula (diabetes) tipe dua, sakit asma dan beberapa tipe kanker. Ada satu kajian yang dilaksanakan di British Medical Journal yang memperlihatkan bahwa berjalan kaki rutin tiap hari bisa menolong untuk pencegahan sakit diabetes. Ada pula berdasarkan satu organisasi amal Walking for Health menyatakan olahraga secara teratur contohnya berjalan kaki mampu memangkas ancaman diabetes sampai 60%.

Bagi orang yang selalu bergerak aktif mempunyai risiko 20% lebih kecil terserang kanker usus besar, kanker payudara dan kanker rahim, bila dibandingkan orang yang kurang aktif bergerak dan berolahraga.

Menormalkan berat badan Anda

Sangat banyak orang yang mendambakan berat badannya tetap normal dan ideal. Masih ada sebagian orang yang berat badannya berlebihan. Agar bisa berat badan turun, orang tersebut harus mampu membakar kalori sebanyak 600 kalori setiap hari dibanding apa yang sudah dimakan.

Jangan cemas, solusi sudah ada disini, yaitu berjalan kaki adalah jalan mudah menuju berat badan ideal. Bagi orang yang memiliki berat badan 60 kilogram dapat melakukan pembakaran kurang lebih 75 kalori dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang (2mph) dalam waktu sekitar 30 menit. Kemudian ditingkatkan kecepatan jalannya menjadi 4 mph yang diperkirakan daapt membakar 99 kalori.

Tidak hanya sampai disitu, kecepatan jalan kaki bisa ditambah lagi menjadi 4 mph yang dapat terbakarnya 150 kalori. Olahraga berjalan kaki juga berpengaruh positif dalam pembentukan massa otot hasilnya otot menjadi lebih banyak terbentuk di tubuh. Proses metabolisme tubuh semakin lancar. Saya juga merasakan hasilnya dan badan jadi segar.

Hal penting adalah banyaknya jumlah kalori yang terbakar saat berjalan kaki sampai seseorang tersebut dalam keadaan rehat atau istirahat.

Bisa menangkal penyakit demensia (kepikunan)

Penyakit pikun merupakan hal yang banyak dialami orang yang sudah berumur tua. Sebenarnya hal ini bisa dihindari dengan mudah dengan cara membiasakan aktivitas fisik. Manfaatnya sangat bagus dalam menjaga fungsi otak secara keseluruhan dan orang yang berolahraga secara rutin dapat menurunkan risiko pikun sebanyak 40%.

Berdasarkan Age UK, orang tua yang melakukan jalan kaki sejauh 6 mil atau lebih setiap minggu dapat mencegah pengecilan otak dan mampu menarik kembali ingatan di masa lalu.

Jalan kaki bisa cegah kerapuhan tulang

Jalan kaki bisa disebut aktivitas menahan beban tubuh, yang memicu dan menguatkan tulang dengan cara menambah massa tulang dan berguna sekali dalam mengantisipasi terkena osteoporosis. Bukan hanya untuk pria saja, namun terlebih untuk wanita yang sangat berisiko terkena osteoporosis. Kegiatan jalan kaki juga baik untuk sendi yang mampu dalam pencegahan terhadap arthritis.

Jalan kaki bisa membantu dalam pembentukan kaki yang lebih kuat

Hal yang wajar jika berjalan kaki tentu saja bagus untuk menguatkan dan menjadikan bentuk kaki Anda menjadi lebih bagus. Selain itu juga membentuk bagian paha, betis, dan bokong. Saat berjalan kaki, usahakan untuk menjaga bentuk postur tubuh, gunanya adalah agar membuat ideal lingkar pinggang.

Jadi bagi siapapun Anda yang bercita-cita memiliki tubuh ideal dan proporsional, bisa Anda wujudkan dengan jalan kaki. Jalan kaki itu simpel dan menyenangkan.

Membantu bahu Anda menjadi baik bentuknya

Gerakan tangan mempengaruhi seberapa cepat langkah kaki Anda saat berjalan. Ada cara yang baik saat berjalan kaki, dengan menahan tangan pada level yang menurut Anda nyaman, tekuk bagian siku, dan cobalah lakukan ayunan ke depan dan belakang waktu berjalan kaki. Ayunkan tangan Anda lebih cepat, disaat itu pula jalan kaki Anda menjadi cepat juga.

Gerakan ini secara total dapat menaikkan bagian bahu, lengan dan punggung atas Anda. Olahraga yang mudah jika ingin membentuk bagian tubuh tersebut dengan cuma-cuma yaitu berjalan kaki.

Mampu mendongkrak jumlah vitamin D untuk tubuh

Sempatkanlah untuk berjalan kaki pada pagi hari sampai mendekati siang hari, dengan cara itu Anda sudah membantu dalam proses peningkatan jumlah asupan vitamin D ke dalam tubuh Anda. Tubuh manusia sangat butuh akan sinar matahari dalam proses pembentukan vitamin D dari apa yang kita makan. Salah satu nutrisi yang punya posisi tinggi dalam kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh adalah vitamin D.

Ada manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang diperoleh dari para pakar kesehatan setuju bahwa membiarkan kulit tersinari matahari sangat baik dalam membantu produksi vitamin D. Sangat direkomendasikan langkah ini dilakukan pada pagi hari dibawah pukul 9 dan diatas pukul 3 sore, lengkapi juga dengan krim pelindung sinar ultraviolet untuk mencegah terjadinya kulit terbakar dan lainnya.

Bisa menambah energi tubuh

Gerakan seperti jalan kaki cepat adalah salah satu diantara sekian banyak cara menghasilkan tenaga alami yang paling bagus. Hal tersebut karena adanya penambahan perputaran dan asupan udara yang diperlukan tubuh (oksigen) ke semua sel dalam tubuh. Tak hanya itu, jalan cepat juga membuat kita bisa lebih hati-hati dan hidup bersemangat.

Gerakan sederhana jalan kaki juga bisa menyembuhkan kekakuan pada sendi dan mengobati otot yang tegang yang berefek pada gerakan yang lebih cepat. Jika Anda sedang merasa lemah dan kurang tenaga, berjalanlah keluar sejenak beberapa menit misalnya untuk beli makanan dan agar terhindar dari kepasifan tubuh yang kurang bergerak menjadi lebih aktif.

Itulah yang membuat siapapun akan tertarik dengan MANFAAT JALAN KAKI bagi kesehatan yang dapat menambah energi gratis buat tubuh. Itu berbeda sekali dimana sekarang ditemukan banyak yang menjual obat atau minuman penambah energi yang pastinya Anda harus mengeluarkan uang dari kantong.

Bisa bikin Anda bahagia

Khasiat dari olahraga dalam menambah baik kondisi emosi tak perlu disepelekan. Riset menyatakan bahwa olahraga dengan gerakan yang banyak dan terpola contohnya jalan kaki cepat sama hasilnya dengan obat antidepresi terkait problem depresi sedang dan ringan. Menarik sekali jika ada manfaat jalan kaki bagi kesehatan mental yaitu membuat Anda bahagia dan senang.

Mengapa olahraga jalan kaki bisa bikin bahagia? Karena saat berjalan kaki tubuh kita akan meluncurkan hormon bernama endorfin atau hormon bahagia ke dalam sirkulasi darah pada tubuh sehingga membuat kita bahagia, stres pun hilang. Lebih asyik jika berjalan kaki bersama dengan teman atau anggota keluarga agar lebih rame dan tidak kesepian. Anda bisa sambil ngobrol santai bersama mereka sambil olahraga jalan kaki. Manfaat jalan kaki bagi kesehatan bisa diraih dengan mengajak orang terdekat Anda dan selalu menyampaikan betapa mudahnya untuk berjalan kaki.

Ada satu tinjauan dari organisasi amal Mind mendapati sekitar 83 persen penderita masalah mental, yang melakukan latihan olahraga dapat menolong hati menjadi lebih baik. Kalau Anda semua mau mendapatkan khasiat luar biasa dari jalan kaki untuk kesehatan, caranya sangat mudah yaitu berjalan-jalanlah di ruangan terbuka dan lokasi yang kebanyakan menampakkan pemandangan yang luas dan kaya akan pepohonan yang rimbun.

Sungguh istimewa dan hebat bukan? Manfaat jalan kaki bagi kesehatan untuk semua orang, semua usia dan semua status sosial bisa melakukan dan merasakannya. Ada hal lain yang lebih penting dari manfaat diatas, yaitu Anda yang saat ini membiasakan jalan kaki rutin akan dapat membantu menjaga lingkungan dari polusi udara dan polusi suara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan