Manfaat Jalan Kaki Di Atas Rumput

Bagaimana kabar Anda hari ini? Sudahkah berjalan kaki? Saya harap sudah ya. Biar sehat dan bugar. Kali ini saya membahas tentang satu topik mengenai manfaat jalan kaki di atas rumput. Hmm ini tentunya menarik, bagi Anda yang masih jarang atau belum pernah berjalan kaki di atas rumput apalagi tanpa alas apapun seperti sandal atau bahkan sepatu.

Manfaat Jalan Kaki di Atas Rumput Telah Terungkap

Terkhusus buat Anda yang di rumah memiliki halaman berupa rumput yang cukup lebat tapi masih bisa dijalani dengan kaki telanjang. Pastinya ini suatu yang menguntungkan buat Anda dalam melakukan olahraga jalan kaki tanpa alas di atas rumput. Halaman yang memiliki rumput kecil-kecil segar di pagi hari cukup bisa membuat Anda menikmati sejuknya saat berjalan di atas rumput tersebut.
manfaat jalan kaki di atas rumput hijau nan segar
Anda tak perlu repot berkeliling jauh dari rumah untuk melakukan jalan kaki. Berjalan di atas rumput pun ternyata ampuh untuk meningkatkan kesehatan dan dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan. Anda tentu sudah penasaran kan apa saja manfaat jalan kaki di atas rumput? Ayo simak tulisan saya selanjutnya di bawah ini.

1. Manfaat jalan kaki di atas rumput bisa memelihara kaki tetap sehat

Salah satu jenis olahraga yang baik buat kaki Anda adalah jalan kaki tanpa alas. Adapun hal tersebut sangat berguna dalam menambah kekuatan dan peregangan otot-otot, ligamen dan bagian tendon di daerah pergelangan betis dan kaki Anda. Tak cuma itu saja, jalan kaki tanpa alas di atas rumput bisa mengantisipasi terjadinya cedera, stres pada lutut dan problem punggung dan menambah daya fleksor serta berkhasiat buat orang yang mempunyai kaki datar.

Disamping itu juga, olahraga jalan kaki tak pakai alas kaki juga bisa memelihara bentuk postur badan Anda supaya stabil dan tegak lurus, artinya disini bisa mencegah tubuh menjadi bungkuk. Kaki pun terhindar dari risiko kapalan dan rasa kaku di bagian tapak kaki Anda.

2. Manfaat jalan kaki di atas rumput dapat menurunkan level stres

Satu lagi yang luar biasa dari manfaat jalan kaki di atas rumput adalah bisa menolong Anda dalam menormalkan fungsi indra dan membuat pikiran jadi lebih tenang dari sebelumnya. Banyaknya asupan udara sejuk segar, paparan sinar matahari yang tentunya terasa hangat, suasana lingkungan hijau asri serta kondisi pagi yang menyejukkan bisa membuat Anda merasakan manfaat bagi tubuh.

Adanya udara oksigen yang masih murni atau segar sangat bagus untuk banyak organ di tubuh Anda, cahaya sinar matahari pagi sangat baik untuk bisa menyalurkan vitamin D dan suasana yang kondusif alias tenang damai juga menjadikan semua bagian tubuh dan mental pikiran Anda dapat lebih santai dan tenang. Pikiran pun bisa jauh dari stres, depresi dan lebih santai. Bahkan tak hanya itu, berjalan kaki tanpa alas di atas rumput hanya 30 menit saja dapat meningkat kinerja Anda dalam beraktivitas sehari-hari seperti ke sekolah bagi pelajar, ke kantor bagi karyawan, dan ibu-ibu yang biasanya pergi berbelanja ke pasar dan lain sebagainya.

3. Manfaat jalan kaki di atas rumput sangat baik untuk mata (penglihatan)

Anda ingin penglihatan Anda makin sehat dan tajam? Ya tentu saja, karena saya juga ingin begitu. Mengapa jalan kaki bisa mempertajam penglihatan? Karena pada kaki khususnya bagian telapak kaki mempunyai wilayah refleksiologi yang cocok terhadap beragam organ pada tubuh manusia, tak terkecuali mata. Saat kita berjalan tidak memakai alas kaki, secara otomatis bisa memberikan suatu tekanan tertentu secara maksimal pada bagian kaki seperti jari kesatu, kedua, ketiga dan seterusnya yang dimana terhubung pada titik tekanan refleksiologi inti terhadap mata Anda.

Daya penglihatan pun akan bertambah dengan adanya stimulus pada titik-titik tersebut. Secara umum itu juga bisa membantu tubuhtetap terjaga kesehatannnya. Tak sekedar itu saja, tahukan Anda bahwa rumput yang pastinya berwarna hijau juga bisa membuat mata jadi lebih tenang. Begitu luar biasanya jika kita selalu melihat suasana pemandangan hijau yaitu dedaunan atau rerumputan.

4. Manfaat jalan kaki di atas rumput bisa menambah jumlah elektron pada tubuh Anda

Dalam tubuh kita ini tekandung elektron. Namun dengan adanya berbagai polusi dan gangguan seperti asap rokok, radikal bebas yang bersumber dari paparan radiasi, stres, lemak trans, racun pestisida dan insektisida membuat elektron jadi terkuras atau berkurang jumlahnya. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun jangan khawatir jika Anda mengalaminya. Ada cara ampuh dan mudah mengatasinya yaitu berjalan kaki di atas rumput tanpa alas kaki.

Mengapa itu bisa? Karena pada dasarnya bumi ini adalah sumber yang sangat bagus yang mengandung elektron yang dapat mengurangi radikal bebas. Berdasarkan ulasan yang diluncurkan dalam Journal of Environmental and Public Health di tahun 2012, saat Anda berjalan kaki tidak memakai alas di tanah, maka elektron yang berada di bumi akan dikirim ke dalam badan Anda dan terjadi perubahan bentuk fisiologis yang mengagumkan. Dimana elektron ini mempunyai dampak antioksidan yang bisa membasmi stres oksidatif yang berkaitan dengan adanya penyakit dan radang.

5. Manfaat jalan kaki di atas rumput bisa meningkatkan suplai vitamin D ke tubuh

Ternyata berjalan kaki tanpa alas di atas rumput yang hijau, disertai dengan munculnya sinar matahari pagi yang menyinari tubuh Anda akan sangat membantu dalam hal kesehatan. Sebagaimana kita tahu bahwa vitamin D sangat baik bagi tulang agar terus sehat dan kuat serta dapat mencegah terjadinya penyakit osteoarthritis dan gangguan sendi. Disamping itu, manfaat vitamin D sangat baik dalam mengurangi risiko kanker, rheumatoid arthritis, bahaya hipertensi (tekanan darah tinggi), alzheimer, serangan jantung, multiple sclerosis, dan diabetes type 1. Satu hal yang tak boleh terlupakan yaitu vitamin D juga sangat baik bagi ibu hamil.

Nah, sangat luar biasa kan MANFAAT JALAN KAKI di atas rumput yang dianjurkan melakukannya pada pagi hari atau sore hari dimana pada waktu itu sinar matahari tidak terlalu terik dan rendah risiko bahayanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan dapat dijadikan inspirasi Anda dalam mendapatkan tubuh yang sehat setiap hari dengan berjalan kaki.

Mungkin Anda juga menyukai