Manfaat Jalan Kaki Ke Sekolah

Anda pernah pergi sekolah dengan berjalan kaki? Saya harap pernah atau bahkan sering. Karena ada manfaat luar biasa dibalik itu. Sekarang pun ada fenomena anak sekolah yang memiliki tubuh besar alias obesitas. Ini adalah hal yang membahayakan kesehatan anak. Berbeda kondisi bagi anak sekolah yang terbiasa pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Mereka memiliki tubuh yang normal alias tidak kegemukan. Untuk itulah disini saya akan membahas apa saja manfaat jalan kaki ke sekolah.

manfaat jalan kaki ke sekolah bagi anak

Manfaat Jalan Kaki Ke Sekolah Buat Anak-Anak

Sangat prihatin jika saya melihat anak-anak yang pergi ke sekolah diantar menggunakan sepeda motor bahkan yang lebih parah pakai mobil langsung di depan sekolah. Ini akan berdampak negatif dengan kesehatan fisik dan mental anak. Anak akan malas bergerak, berkeringat dan berjuang untuk mencapai tujuannya setiap hari yaitu sekolah. Apalagi pagi adalah waktu yang baik untuk berolahraga jalan kaki.

Untuk mental, selain bisa bikin malas anak bergerak, sistem antar jemput pakai motor atau mobil bisa membuat anak jadi manja diantar dan dijemput. Latihlah anak untuk bisa berjalan kaki lebih banyak dibanding naik tumpangan motor, mobil, angkot, ojek, becak dan lain sebagainya. Untuk itulah manfaat jalan kaki ke sekolah adalah solusi terbaik agar anak jadi sehat, semangat dan bugar. Proses belajar pun akan membantu mereka memahami mata pelajaran di sekolah.

Ada sebuah kajian yang memperlihatkan bahwa anak sekolah yang sering berjalan kaki atau bersepeda, ternyata mempunyai daya konsentrasi lebih baik dibanding anak yang naik pakai kendaraan. Peredaran darah lebih lancar bagi anak yang berjalan kaki dibanding hanya anak yang duduk saja saat diantar orang tuanya ke sekolah.

Dalam riset tadi yang dilakukan oleh para pakar di 2 universitas yang berada di Denmark. Hasil penemuan ini pun terbilang mengagetkan mereka, karena para periset asalnya membuat hipotesis mengenai efek sarapan pagi dan makan siang pada potensi dan konsentrasi pada murid.

Berdasarkan riset oleh Niels Egelund, para murid yang berjalan kaki atau bersepeda menuju sekolah mempunyai level berpikir dan konsentrasi lebih tinggi dalam waktu 4 jam. Dengan keistimewaan manfaat jalan kaki ke sekolah ini tentu sangat baik diterapkan tiap hari agar anak meraih prestasi belajar di sekolah.

Memang di hasil riset tersebut memperlihatkan bahwa betapa berpengaruhnya sarapan pagi dan makan siang pada konsentrasi anak. Namun lebih dari itu, ternyata jalan kaki dan bersepeda lebih kuat pengaruhnya terhadap konsentrasi anak.

Dalam riset tersebut ada 19527 murid dilibatkan, yang berumur 5 sampai 19 tahun. Mereka ditanyai tentang kebiasaan mereka dalam berolahraga, kemudian dilakukan uji coba mengenai ukuran standar konsentrasi. Kata Niels, sebagian besar orang akan merasakan tubuh yang lebih segar sesudah olahraga, tapi yang membuat terkejut adalah efeknya yang bisa tahan lama.

Pada riset terdahulu, para pakar di Universitas Montreal di Kanada, memperlihatkan bahwa aktivitas olahraga dapat memperbaiki asupan oksigen ke otak. Dengan berolahraga seseorang akan merasakan mental yang lebih baik dan semakin tajam dalam berpikir.

Sehubungan dengan hasil laporan tersebut, sebuah kajian paling baru di Australia sudah memperoleh bukti bahwa anak yang aktif bergerak mempunyai tubuh yang ramping dan sehat daripada anak yang jarang bergerak. Mereka juga mengatakan, akan lebih bagus jika anak dimotivasi untuk aktif berolahraga dibanding mengatur pola makan mereka.

Ada pula riset yang membuktikan bahwa anak yang selalu menjalani kegiatan fisik yaitu olahraga mempunyai rasa bahagia ketimbang anak yang hanya duduk saja.

Begitu luar biasa jika anak selalu bergerak aktif salah satunya dengan jalan kaki. Mari selalu tanamkan MANFAAT JALAN KAKI ke sekolah untuk anak agar mereka selalu sehat dan bugar.

Mungkin Anda juga menyukai