Manfaat Jalan Kaki Pada Pagi Hari

Manfaat jalan kaki pada pagi hari yang bikin tubuh kamu segar banget. Ya, jalan kaki pagi hari tentunya bikin kamu terasa segar dan sejuk. Olahraga ini pun sangat santai dan ringan dilakukan. Siapapun bisa melakukan jalan kaki dari anak kecil sampai orang usia lanjut.
manfaat jalan kaki pada pagi hariKamu pasti tahu kalau pagi hari aalah waktu yang sangat baik mendapatkan udara segar, sejuk dan bersih. Karena saat pagi, belum terlalu banyak polusi udara (asap) dibanding menjelang siang dan seterusnya. Manfaat jalan kaki pada pagi hari akan sangat menyenangkan bisa bersama dengan anggota keluarga dan tempat yang dipilih pun lebih banyak nuansa hijau yaitu yang penuh pepohonan dan rerumputan. Contoh paling mudah adalah area persawahan. Bikin mata kamu makin fresh dan rileks.

Tau gak kalau manfaat jalan kaki pada pagi hari itu bisa secara langsung memasukkan udara oksigen ke dalam tubuh agar paru-paru kamu bekerja lebih optimal. Tidak sebatas itu saja, jalan kaki sangat baik dalam program penurunan berat badan, pembakaran kalori berlebihan dalam tubuh dan meningkatkan kinerja metabolisme tubuh kamu.

Ada lagi lho manfaat jalan kaki pada pagi hari yang bisa kadar glukosa darah kamu menurun sehingga tidak berlebihan atau normal. Darah pun akan beredar lebih lancar tidak terhambat. Yang lebih penting lagi, otak pun akan mendapat oksigen lebih banyak yang berfungsi untuk mendongkrak fungsi kerja otak biar lebih mudah dalam berpikir dan konsentrasi. Nah, sudah tau kan betapa penting dan bermanfaat jalan kaki pada pagi hari. Sayang kalau tidak dicoba dan dibiasakan.

Kalau boleh kami sebut kalau jalan kaki itu adalah jenis olahraga termurah dan bahkan hampir gratis saking mudah dilakukan dan tak perlu persiapan khusus dan berat. MANFAAT JALAN KAKI pada pagi hari ini tentu saja lebih bersemangat jika dibanding dengan jalan kaki siang atau sore yang udaranya sudah tak sebersih di pagi hari.

Pada penjelasan awal tadi, sudah dapat kita simpulkan bahwa jalan kaki termasuk olahraga yang patut dicoba dan dijadikan pilihan utama karena dapat menyehatkan tubuh. Selanjutnya akan kami beberkan lagi lebih jauh apa saja manfaat jalan kaki pada pagi hari yang tentu saja akan memberikan efek positif bagi kesehatan fisik dan mental. Coba bayangkan hanya berjalan kaki saja kita sudah dapat manfaatnya yang begitu banyak. Tidak hanya satu tapi lebih banyak.

Manfaat jalan kaki pada pagi hari yang patut diraih

1. Aliran darah semakin baik dan normal
Melakukan aktivitas jalan kaki pagi hari tentu saja memberikan kamu perubahan pada denyut jantung. Jantung akan lebih terpacu dalam memompa darah ke segala bagian tubuh. Manfaat jalan kaki pada pagi hari ini pun bisa menaikkan kelancaran peredaran darah yang bisa mengontrol tekanan darah dan kaar kolesterol dalam waktu lama. Salah satu bentuk latihan fisik untuk kardiovaskuler terbaik adalah jalan kaki pagi hari yang memperlancar perputaran darah dalam tubuh lebih baik dan cepat. Organ hati pun dapat menjadi lebih sehat karena jalan kaki. Cara menstabilkan tensi darah sehari penuh bisa dilakukan dengan jalan kaki pagi hari.

2. Bikin otot tubuh kamu lebih kuat dan meningkatkan stamina jadi prima
Bagi kamu yang selalu ingin kuat dan berstamina tentunya perlu mencoba olahraga jalan kaki pagi hari. Manfaat jalan kaki pada pagi hari bisa memperkuat dan mempertahankan otot dan menambah oksigen lebih masuk ke dalam darah sehingga stamina makin bertambah. Tak perlu khawatir akan tubuh yang lelah di siang hari, karena kamu sudah berolahraga jalan kaki pagi hari yang mendapatkan asupan baik seperti oksigen dan sirkulasi darah lancar.

3. Gula darah dalam tubuh kamu lebih terkendali dengan baik
Manfaat jalan kaki pada pagi hari pun sangat baik pula dalam mengendalikan gula darah (glukosa) agar mencegah dari diabetes/penyakit gula. Begitu juga bagi penderita diabetes bisa segera mencoba solusi mengatasinya dengan berjalan kaki di pagi hari. Tak harus pergi ke rumah sakit dulu ya. Lebih baik lakukan cara gratis dan aman yaitu jalan kaki pagi hari sebelum kamu mengeluarkan uang besar untuk ke rumah sakit/dokter.

4. Jalan kaki bisa juga menyehatkan kulit
Kulit adalah bungkus dari tubuh. Untuk itu kamu perlu menjaganya agar tetap sehat dan tampak muda. Namun sayang, sekarang menjaga kulit gampang susah karena sudah banyak polusi udara berupa asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor tiap hari. Efek buruk polusi udara itu bisa bikin kulit jadi berjerawat. Kamu pasti gak mau itu terjadi kan? Nah untuk mencegahnya, cara terbaik adalah kembali lagi mengacu pada manfaat jalan kaki pada pagi hari yaitu untuk memberikan kulit kamu oksigen murni di pagi hari. Karena udaranya masih bersih maka sangat bagus untuk kulit kamu. Kelembaban kulit pun bisa dengan mudah didapat. Lambat laun kulit akan sehat dan tampak cerah.

5. Jalan kaki bisa bikin tidur kamu berkualitas baik
Manfaat jalan kaki pada pagi hari biasanya sangat membantu dalam kualitas tidur di malam hari. Tidur akan lebih tenang, nyenyak dan pulas. Kamu pun akan terhindar dari gangguan tidur yaitu insomnia. Bagi orang yang sulit tidur di malam hari sangat dianjurkan mencoba hal ini, berjalan kaki pagi hari. Mumpung gratis dibandingkan dengan mengkonsumsi obat tidur.

6. Dapat tingkatkan proses metabolisme tubuh kamu
Kamu ingin metabolisme tubuh jadi lebih baik dan lancar? Jawabannya gampang kok, cukup pilih manfaat jalan kaki pada pagi hari. Olahraga jalan kaki bisa bikin tubuh kamu lebih sehat dan proses metabolismenya. Sekali lagi cara ini sangat murah dan hampir gratis.

7. Bikin kamu bertambah waspada dan konsentrasi lebih baik
Manfaat jalan kaki pada pagi hari sangat membantu otak kamu agar lebih baik dalam hal kewaspadaan dan kehati-hatian serta dapat menambah daya konsentrasi dalam berpikir dan bertindak. Jalan kaki pagi hari merupakan latihan fisik yang dapat menambah semangat kamu. Coba deh, ini sudah terbukti. Apalagi ditambah ada riset yang menyatakan, bahwa orang yang berjalan kaki pada pagi hari mempunyai daya otak yang lebih tinggi dan tajam serta bisa memutuskan hal dengan lebih jitu.

8. Stres bakal hilang dengan jalan kaki pagi hari
Tubuh sehat tidak ada artinya jika mental tidak sehat. Maka dari itu, manfaat jalan kaki pada pagi hari sangat membantu dalam hal kesehatan mental kamu. Efek udara pagi yang sangat menyegarkan akan membuat tubuh terlepas dari rasa negatif seperti khawatir, cemas dan depresi. Perasaan akan lebh nyaman dan baik. Pikiran akan lebih segar dari waktu sebelumnya. Tahukah kamu ketika berjalan kaki pagi hari, tubuh kamu melepaskan hormon endorfin dan serotonin. Apa fungsi kedua hormon ini? Fungsinya sangat baik bagi tubuh karena dapat membuat hati lebih gembira dan bersemangat. Maka stres yang menimpa pun akan terhapus begitu saja.

9. Vitamin D akan lebih mudah terserap ke dalam tubuh
Jalan kaki di pagi hari sangat mendukung kamu dalam meningkatkan produksi vitamin D ke dalam tubuh. Disamping kamu bergerak olahraga, matahari pagi juga baik buat tubuh kamu sehingga vitamin D akan mudah terserap. Tulang pun akan menjadi kuat dan tidak mudah keropos dan rapuh.

10. Kamu akan terhindar dari stroke
Kamu tau kan stroke sangat membahayakan kesehatan tubuh bahkan bisa menjadi ancaman maut. Bila kita amati di daerah perbukitan dan persawahan yang tentu saja sangat segar dan masih hijau. Disana para orang tua yang lanjut masih terlihat sehat dan terbiasa berjalan kaki di pagi hari dari rumah ke sawah, pasar dan berbagai tujuan dan aktivitas lainnya yang sangat menyehatkan. Sehingga tidak membingungkan lagi jika orang disana sangat jarang atau bahkan tidak ada yang mengalami stroke. Oleh karena itulah manfaat jalan kaki pada pagi hari ini sangat berguna mencegah stroke. Kamu mau coba? Silakan.

Oke, sudah sekian banyak manfaat jalan kaki pada pagi hari yang kami sajikan di artikel ini. Semoga dapat memberi semangat kepada kamu untuk rajin berolahraga yakni jalan kaki. Karena jalan kaki merupakan olahraga simpel dan murah serta kecil risiko terhadap cedera tubuh kamu.

Mungkin Anda juga menyukai