Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari

manfaat jalan kaki pagi hariManfaat Jalan Kaki. Anda tahu manfaat jalan kaki pagi hari? Anda pernah jalan kaki di pagi hari?

Buat Anda pasti pernah melakukan aktivitas jalan kaki saat pagi hari. Karena udara yang masih sejuk dan segar sangat cocok untuk jalan kaki meskipun berjalan beberapa puluh meter dari rumah Anda.

Jalan kaki di pagi hari memang menyehatkan badan, pikiran menjadi segar. Itulah manfaat jalan kaki dalam skala yang kecil, namun besar dampaknya bagi kesehatan.

Waktu pagi adalah saat yang tepat untuk mendapatkan oksigen atau udara segar dibanding waktu siang, sore atau malam. Di sisi lain, ada saja yang masih belum tertarik dan belum bersemangat untuk jalan kaki saat pagi hari.

Yang harus sebenarnya kita ketahui, bahwa ada banyak sekali khasiat dan manfaat yang didapat dari tipe olahraga yang sangat ringan ini yaitu jalan kaki.

Terlebih ada hasil riset yang menunjukkan bahwa bagi seseorang yang yang melakukan jalan kaki sejauh sekitar dua puluh sampai dua puluh lima mil dalam tiap minggu, akan memperoleh potensi besar mempunyai peluang umur yang lebih lama jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak sama sekali melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, ada baiknya kita tahu manfaat jalan kaki pagi hari yang sangat luar biasa:

Pertama. Manfaat Jalan Kaki untuk Cegah Penyakit Tulang yaitu Osteoporosis, yang berarti menurunnya kekuatan tulang baik dalam hal massa tulang, kecilnya arsitektur pada tulang, kualitas pada jaringan tulang merosot dan pada ujungnya akan terjadi kerapuhan tulang.

manfaat jalan kaki bisa cegah penyakit tulang osteoporosis

Ini tentunya tidak ingin Anda alami bukan? Agar tulang menjadi sehat, bukan hanya diperlukan zat kalsium dan keistimewaan vitamin D, tetapi juga kita perlu aktif dalam bergerak melibatkan fisik atau tubuh.

Contoh gerakan tubuh yang bisa dijalani adalah jalan kaki dengan hitungan sekitar 1000 langkah setiap hari dan mendapat paparan sinar matahari pagi yang baik bagi tubuh selama kurang lebih 15 menit.

Jika aktivitas jalan kaki pagi hari ini dijadikan rutinitas pagi, maka struktur dan kepadatan tulang akan menjadi lebih baik dan kuat serta jauh dari ancaman risiko datangnya penyakit osteoporosis.

Kedua. Manfaat Jalan Kaki dapat membantu memperkuat otot tubuh. Khususnya pada bagian kaki, paha dan termasuk bokong, terlebih lagi dapat menambah kekuatan ketahanan otot disebabkan oleh aktivitas tubuh yang selalu bergerak pada saat jalan kaki.

manfaat jalan kaki bagus untuk otot tubuh anda

Maka, tubuh pun akan selalu terjaga kondisi staminanya.

Ketiga. Manfaat Jalan Kaki dapat turunkan berat badan. Banyak sudah orang yang mengalami berat badan yang berlebihan atau berat badan tidak ideal. Tentunya hal ini sangat mengganggu seseorang dan bukan sesuatu yang diinginkan.

Beberapa efek negatif dari kelebihan berat badan diantaranya penampilan yang kurang menarik, serta rentan terhadap penyakit berbahaya sehingga dapat mengancam kesehatan tubuh. Bagi penderita obesitas ada cara terbaik dan aman untuk mengobatinya yaitu dengan olahraga jalan kaki pagi hari.

Jalan kaki sangat mudah dilakukan pada pagi hari dan pastinya termasuk jenis olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Sangat disarankan untuk melakukannya rutin pada pagi hari.

Keempat. Manfaat Jalan Kaki Bisa Lancarkan Peredaran Darah Anda. Sisi baik dari jalan kaki pagi hari bagi Anda adalah mampu meningkatkan frekuensi detak pada jantung dan memperlancar aliran darah ke semua bagian tubuh.

Itu sama halnya berolahraga lainnya seperti misalnya jogging dan lari. Hasilnya, tubuh pun akan selalu terpelihara dalam peredaran darahnya hanya dengan membiasakan olahraga jalan kaki pagi hari.

Kelima. Manfaat Jalan Kaki bisa Kendalikan Gula Darah. Makanan seperti sayur mayur adalah kategori makanan yang dapat menurunkan gula darah.

Berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association yang menunjukkan bahwa, bagi orang yang kerap melakukan aktivitas latihan pada waktu pagi, termasuk di dalamnya yaitu jalan kaki, bisa mengendalikan gula darah lebih baik selama sehari penuh.

Nah, kesimpulannya dalam hal ini adalah, Anda tak perlu repot melakukan olahraga yang rumit, cukup hanya jalan kaki Anda bisa mengontrol gula darah dengan baik.

Keenam. Manfaat Jalan Kaki Agar Jantung Sehat. Kita semua tahu bahwa penyakit serangan jantung merupakan pembunuh terbesar bagi orang di dunia.

Begitu vitalnya organ jantung bagi tubuh manusia karena fungsinya yang penting untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Bayangkan bila jantung tidak berjalan normal, kesehatan pun akan menurun bahkan bisa menyebabkan kematian.

Setiap orang akan berusaha sekuat mungkin untuk menjaga dan mengobatinya agar tetap sehat. Untuk aktivitas sederhana yang berkaitan dengan tujuan agar jantung sehat adalah jalan kaki.

Manfaat jalan kaki ini bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Jantung Anda pun akan bekerja lebih baik dengan meraih manfaat jalan kaki pagi hari.

Selalu biasakan olahraga jalan kaki pagi hari maka jantung Anda pun sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya, serangan jantung.

Ketujuh. Manfaat Jalan Kaki Baik Untuk Paru-Paru. Waktu pagi hari adalah saat yang tepat untuk menghirup udara bersih dan segar. Lakukanlah jalan kaki pagi hari sebelum orang berlalu lalang menggunakan kendaraan bermotor atau bisa lebih pagi agar tidak ada polusi asap mengganggu pernafasan.

Paru-paru pun menjadi sehat dan mendapat asupan oksigen murni dengan hanya jalan kaki pagi hari. Anda mau coba?

Kedelapan. Manfaat Jalan Kaki Mampu Stabilkan Kadar Gula Darah. Betapa luar biasa manfaat jalan kaki pagi hari hingga dapat membuat stabil gula darah.

Ini merupakan kabar baik bagi orang yang mengalami penyakit diabetes. Upaya untuk sembuh dan normal kembali sangat besar dengan rajin berolahraga jalan kaki pagi. Tidak terlepas untuk orang yang ingin terhindar dari diabetes pun dapat menerapkannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, menghasilkan sebuah kesimpulan dengan menempuh jarak sepanjang 6 kilometer per jam serta dijalani kurang lebih dalam 50 menit, dapat menangkal penyakit diabetes dengan cara mudah yaitu berjalan kaki secara berkesinambungan.

Kesembilan. Manfaat Jalan Kaki Dapat Mengurangi Tekanan Darah. Sungguh luar biasa olahraga satu ini, karena manfaat jalan kaki bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Anda tak perlu obat yang mahal untuk menyembuhkannya. Disamping itu, jalan kaki bisa meminimalisir lengketnya sel darah satu dengan yang lainnya.

Apabila sel darah lengket maka akan membuat darah tergumpal dan akibat berikutnya pembuluh darah jadi tersumbat. Jadi, dengan merutinkan jalan kaki pagi hari, tekanan darah Anda jadi baik.

Jalan kaki Anda dapatkan dengan mudah dan minim biaya sedangkan kesehatan terhadap tekanan darah, itu sangat mahal harganya. Pasti Anda ingin merasakannya bukan?

Kesepuluh. Manfaat Jalan Kaki Dapat Turunkan Kadar Kolestrol. Keajaiban dari gerakan jalan kaki saat pagi hari adalah ketika tubuh kita bergerak, selama itulah kolestrol baik akan bekerja aktif dan berperan seperti spons yang mampu melakukan penyerapan terhadap kolestrol jahat. Sangat hebat, bukan?

Dengan gerakan jalan kaki tubuh akan merasakan manfaat yang luar biasa menakjubkan. Bayangkan saja bila kita jarang berjalan kaki, tentu kolestrol jahat yang ada dalam tubuh akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan berisiko datangnya penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lainnya.

Kesebelas. Manfaat Jalan Kaki Sangat Berguna Cegah Penyakit Stroke. Kajian terkini mengungkapkan bahwa orang yang berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam satu minggu dapat mengurangi kemungkinan risiko terkena serangan stroke yang sangat menakutkan.

Tidak heran bila orang zaman dahulu kala sangat jarang mengalami stroke. Disamping itu juga selalu makan makanan sehat diantaranya buah dan sayuran.

Perbedaan pola dan gaya hidup pun sangat jauh, dimana mereka selalu berjalan kaki sebagai sarana transportasi alami. Sedangkan di zaman sekarang, tidak sedikit yang bergantung pada kendaraan bermotor jika pergi ke suatu tempat yang berjarak dekat.

Tentunya apabila ini menjadi kebiasaan, maka tubuh jadi kurang bergerak dan kesehatan pun akan terancam. Jadikan aktivitas jalan kaki sebagai gaya hidup sehat Anda setiap hari.

Keduabelas. Manfaat Jalan Kaki Bisa Memelihara Kesehatan, Kebugaran dan Sistem Kekebalan Tubuh. Olahraga itu tak perlu yang rumit, mulailah dulu membiasakan untuk berjalan kaki. Ada manfaat dari jenis olahraga jalan kaki khususnya yang dilakukan pada pagi hari.

Biasakan berjalan kaki pagi hari dengan pengaturan jadwalnya yaitu tiga kali dalam sepekan. Itu sudah berkhasiat luar biasa dapat memperbaiki tingkat kebugaran tubuh Anda dan lebih baiknya lagi adalah sistem pernafasan pun lebih terjaga.

Apabila tubuh bugar, maka semakin baik pula tingkat kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, gunakanlah kaki yang diberi oleh ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala ini sebagai sarana olahraga untuk menjaga kesehatan, dan tidak kalah pentingnya juga untuk dimanfaatkan untuk tujuan baik dan benar.

Ketigabelas. Manfaat Jalan Kaki Mampu Menaikkan Proses Metabolisme Tubuh. Ya, cukup sederhana cara yang bisa kita lakukan untuk dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh, yaitu dengan berjalan kaki.

Jalan kaki ini bisa membantu dalam pembakaran kalori dalam tubuh. Walaupun kita dalam kondisi diam, metabolisme tetap lancar.

Keempatbelas. Manfaat Jalan Kaki sebagai Olahraga Pembakar Lemak. Di dalam tubuh tiap orang selalu ada lemak.

Apalagi bagi orang yang mengalami lemak berlebihan. Jalan kaki tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan setiap pagi.

Berjalan kaki lah selama 20-30 menit, itu dapat membuat sekitar tujuh pound lemak dapat terbakar.

Kelimabelas. Manfaat Jalan Kaki Juga Ampuh Mengatasi Jerawat. Penyakit jerawat sudah menjadi penyakit kulit yang umum dialami oleh orang.

Jalan kaki pada pagi hari sangat bagus buat kulit agar tetap segar. Terlebih lagi bagus untuk menyembuhkan kulit dari jerawat yang sangat mengganggu penampilan di wajah.

Kesempatan yang baik kulit untuk bernafas tentunya dengan asupan oksigen murni adalah pada pagi hari dan berolahraga jalan kaki. Kulit menjadi segar dan lembab.

Anda tak perlu repot dan keluar banyak biaya untuk menyembuhkan jerawat, hanya membiasakan jalan kaki pagi hari, kulit pun menjadi terjaga kesehatannya. Anda mau coba cara yang simpel ini?

Ketika jalan kaki setiap orang pasti berkeringat. Hal ini merupakan hal normal dan menyehatkan.

Dimana saat kulit berkeringat, disitulah terbukanya pori-pori pada kulit sebagai proses pembersihan dan pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Dalam waktu beberapa hari kemudian, kulit pun akan tampak lebih cerah dan sehat. Anda pasti tertarik dengan olahraga jalan kaki dengan segala kemudahan dan manfaatnya yang menakjubkan.

Keenambelas. Manfaat Jalan Kaki Bisa Membantu Otak Anda dalam Pelepasan Hormon Endorfin. Banyak yang belum tahu apa itu hormon endorfin. Endorfin merupakan jenis hormon yang memiliki senyawa kimia yang dapat menjadikan orang merasa bahagia, tenang dan senang.

Hal tersebut terjadi ketika orang berjalan kaki. Produksi hormon endorfin ini dilakukan oleh kelenjar yang bernama pituitary dimana letaknya berada pada bagian bawah otak manusia.

Layaknya morphine, hormon endorfin mampu melebihi 200 kali dibanding morphine dalam hal fungsinya membuat orang merasa senang, tenang dan nyaman serta memberikan energi yang banyak.

Lakukanlah jalan kaki sebagai pemicu rasa senang Anda setiap hari, terutama pada pagi hari. Tak perlu obat-obatan khusus dari dokter atau rumah sakit. Mudah kan?

Ketujuhbelas. Manfaat Jalan Kaki Menaikkan Daya Konsentrasi. Begitu banyak permainan dan olahraga yang dapat mempertajam otak.

Tak luput dengan olahraga jalan kaki pagi hari yang juga dapat menjadikan diri kita bisa semakin waspada dan hati-hati saat mengamati lingkungan sekitar.

Kegiatan ini pun dapat lebih memperbaiki kekuatan otak kita agar bisa lebih baik dalam memusatkan pikiran atau konsentrasi.

Kedelapanbelas. Manfaat Jalan Kaki Bisa Mengeluarkan Energi Positif. Melakukan gerakan berjalan kaki pada pagi hari mempunyai manfaat positif bagi pejalan kaki.

Saat pagi hari yang sangat banyak udara segarnya bisa memancarkan tenaga positif. Efek lain yang baik dalam hal mental, jalan kaki dapat memperbaiki pikiran serta mengatasi masalah depresi.

Dengan berjalan kaki pun Anda dapat memiliki mental yang sehat dan lebih baik dari sebelumnya.

Kesembilanbelas. Manfaat Jalan Kaki Bisa Cegah Penyakit Pikun. Usia tua rentan dengan pikun atau penyakit lupa.

Problem ini biasanya dialami oleh usia lanjut sekitar 65 tahun lebih. Dengan selalu membiasakan jalan kaki pagi hari, Anda dapat menjaga lebih baik fungsi otak dan juga mengatasi risiko terjadinya pikun yang cukup besar sekitar 40 persen.

Biasakan untuk jalan kaki pagi hari sebagai penangkal pikun sejak dini.

Keduapuluh. Manfaat Jalan Kaki Memperbaiki dan Memelihara Kualitas Tidur Anda. Siapa yang tidak ingin merasakan tidur yang nyenyak di malam hari. Semua orang pasti mendambakannya.

Bagi penderita insomnia sangat bagus untuk berolahraga jalan kaki pagi hari. Sehubungan dengan itu pula, ada satu riset dari Fred Hutchison Cancer Research menyimpulkan orang yang berolahraga pada waktu pagi hari dapat memberikan efek baik yaitu tidur yang nyenyak di malam hari.

Ini pasti sangat memudahkan banyak orang untuk solusi atas masalah yang sering dialami seperti susah tidur pada malam hari.

Olahraga yang dilakukan pun tak perlu yang berat, cukup dengan jalan kaki pagi hari. Tubuh pun akan semakin sehat.

Seiring dengan teknologi dalam bidang transportasi sekarang ini. Banyak sudah yang melupakan alat transportasi alami yaitu jalan kaki.

Teknologi transportasi memang membuat kita manja dan mengabaikan jalan kaki yang sebetulnya juga mampu menggerakkan manusia dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Disamping itu gerakan alami ini juga berdampak positif buat kesehatan tubuh. Jalan kaki dapat membuat Anda lebih aktif bergerak dan tidak seperti menggunakan kendaraan motor yang malah menurunkan aktifitas bergerak Anda sehari-hari.

Berdasarkan pendapat John Fruin, aktivitas jalan kaki merupakan satu-satunya sarana dalam pemenuhan keperluan interaksi tatap muka yang berada dalam kegiatan dagang dan budaya yang ada di area perkotaan.

Selain dalam hal pemenuhan kepentingan interaksi antar manusia, jalan kaki adalah sarana manusia dalam meraih kesehatan tubuh yang mudah dan murah.

Intinya, jalan kaki bisa dijadikan olahraga sederhana tapi menyehatkan bila dibiasakan pada waktu pagi hari.

Semoga informasi mengenai aneka MANFAAT JALAN KAKI ini bisa Anda jadikan salah satu pola hidup sehat sehari-hari.manfaat

Mungkin Anda juga menyukai