Ketahui khasiat manfaat jalan kaki pagi untuk tubuh Anda agar sehat dan fit

Manfaat Jalan Kaki Pagi Itu Banyak, Beranilah Capek

Apa sih manfaat jalan kaki pagi itu? Banyak yang sudah tahu bahwa olahraga jalan kaki itu adalah olahraga murah meriah, cuma keluar modal sedikit dibanding olahraga lain seperti jogging, lari, dan banyak lagi yang lainnya. Kita sudah mengenal beraneka jenis olahraga. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan. Berbeda jika kita melirik olahraga jalan kaki ini. Cukup berpakaian sopan dan memakai sandal nyaman, kita sudah bisa disebut telah melakukan olahraga. Manfaat jalan kaki pagi pun bisa Anda jadikan pola hidup sehat sehari-hari dengan cara yang mudah, murah, dan praktis

Ketahui khasiat manfaat jalan kaki pagi untuk tubuh Anda agar sehat dan fit

Walaupun asalnya berangkat dari rumah ke warung terdekat hanya untuk beli makanan ringan. Tak banyak yang tahu dengan jelas bahwa manfaat jalan kaki pagi itu bisa menurunkan tekanan pikiran, mengurangi berat badan berlebih bagi penderita obesitas, menekan risiko diabetes dan tentunya ada banyak manfaat lainnya dari berjalan kaki.

Kita sebagai manusia yang sudah diberi oleh Tuhan dua kaki dan anggota tubuh lainnya yang sangat lengkap dan sempurna ini tidak boleh mudah merasa capek dan harus berani bergerak walaupun hanya sekedar berjalan kaki. Karena olahraga jalan kaki ini sudah turun temurun dilakukan oleh manusia. Jadi tak perlu malu bahkan gengsi dengan melkukan jalan kaki kemanapun.

Ada saja orang yang selalu beralasan tidak mau jalan kaki, entah itu capek, sakit pada bagian kaki tertentu. Namun sebenarnya jalan kaki pun dapat kita buat lebih ringan dengan menurunkan kecepatan dalam berjalan kaki atau dengan istilah lainnya adalah jalan pelan atau jalan santai. Jika sudah mulai terbiasa berjalan kaki pelan, kita bisa meningkatkan kecepatan jalan kaki sesuai keinginan.

Disini akan saya berikan informasi penting dan berharga untuk membangun kesehatan tubuh Anda menjadi lebih baik dengan memaparkan apa saja manfaat jalan kaki pagi untuk tubuh dan kesehatan pada khususnya.

Mungkin ada yang masih belum tahu atau bingung berapa lama sebaiknya olahraga jalan kaki ini dilakukan? Apakah 2 jam, 1 jam atau 30 menit? Tenang saja, Anda tak harus melakukan olahraga jalan kaki selama berjam-jam lamanya.

Berbeda dengan jenis olahraga lain yang memerlukan waktu 1 jam lebih. Anda cukup membiasakan jalan kaki hanya setengah jam (30 menit) dalam sehari. Apakah waktu tersebut masih terasa lama buat Anda? Ya, mungkin saja karena Anda masih belum terbiasa berjalan kaki selama 30 menit.

Oke, Anda tak perlu khawatir dengan masalah itu. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki cukup 10 sampai 15 menit dulu dalam sehari dan rasakan apa ada perubahan yang lebih baik dalam tubuh Anda? Apakah tubuh Anda lebih bugar hanya dengan melakukan jalan kaki? Jika ya, maka Anda sudah dapat merasakan MANFAAT JALAN KAKI pagi yang pelan-pelan akan menyehatkan tubuh Anda.

Jadikan berjalan kaki sekitar 15 menit tadi sebagai langkah awal Anda yang baik dalam rutinitas berjalan kaki sehari-hari. Pada saat nanti, Anda akan mulai terbiasa dan ingin segera menambah durasi jalan kaki Anda sedikit demi sedikit. Aktivitas jalan kaki ini sudah tentu bisa Anda masukkan ke dalam pola atau gaya hidup sehat Anda dan suatu saat akan Anda rasakan dan nikmati hidup sehat dari jalan kaki. Anda mau tahu apa saja sih manfaat atau khasiat dari jalan kaki yang sangat sederhana ini? Oke, siapkan diri Anda untuk menyimaknya lebih lanjut dibawah ini:

Anda bisa rasakan Manfaat Jalan Kaki Pagi biar sehat dan bugar

1. Jalan kaki itu baik untuk jantung dan mampu menekan kadar kolesterol.

Jalan kaki dapat memposisikan perannya sebagai obat untuk membuat jantung Anda sehat dan kemampuannya dalam mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.Tahukah Anda ada sebuah kajian ilmiah tentang jalan kaki selama setengah jam dapat mengurangi risiko terjadinya problem pada jantung wanita kurang lebih 40%.

Mengapa itu bisa? Ya, kegiatan jalan kaki adalah gerakan yang dapat meningkatkan denyut jantung, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kekuatan jantung.

Masih mau tahu apa manfaat lain dari jalan kaki? Ya, jalan kaki pun dapat menekan tingkat kolesterol dan kadar gula darah serta berguna buat penderita darah tinggi agar dapat turun normal kembali.

Khusus bagi penderita sakit jantung, disarankan agar dapat berkonsultasi terlebih dulu ke dokter spesialis jantung. Mengapa? Karena ini penting untuk mengetahui dan mengukur seakurat mungkin apa saran dokter kepada penderita sakit jantung untuk melakukan olahraga jalan kaki dalam hal seberapa jauh dan lama Anda berjalan kaki. Hal tersebut berkaitan dengan kekuatan jantung Anda dalam menjalani aktivitas berolahraga yaitu jalan kaki.

2. Jalan kaki bisa menepis penyakit gula tipe 2

Disamping dapat menyehatkan jantung, jalan kaki dapat juga mencegah diabetes tipe 2 dengan pola 30 menit sehari dalam berjalan kaki. Dengan Anda bergerak melakukan jalan kaki, otomatis otot tubuh Anda pun bekerja lebih banyak, akhirnya glukosa yang ada dalam tubuh dapat banyak diserap untuk tenaga.

Ada langkah sederhana untuk mencegah adanya penyakit diabetes tipe 2 ini yaitu cukup lakukan jalan kaki 30 menit saja dalam sehari. Selalu ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan pastinya lebih murah dibanding mengobati. Karena kita tidak tahu pasti berapa besar biaya yang dikeluarkan dan berapa lama penyakit bisa sembuh.

3. Manfaat jalan kaki pagi dapat turunkan berat badan Anda

Masih malas bergerak untuk jalan kaki? Sebaiknya untuk tidak menjawabnya dengan “ya”. Karena manfaat lain jalan kaki bisa menurunkan berat badan. Manfaat ini cocok buat Anda yang mengalami penderita obesitas atau kegemukan. Tak perlu berlari untuk menurunkan berat badan atau memilih olahraga yang berat lainnya dibanding jalan kaki.

Tahukah Anda bahwa dengan berjalan kaki selama 30 menit saja dapat membakar sekitar 150 kalori dalam 1 hari. Jumlah kalori ini cukup banyak dan Anda bisa melakukan pembakaran kalori tersebut dengan rutin berjalan kaki. Tapi ingat juga bahwa jalan kaki adalah salah satu cara dalam menurunkan berat badan, ada hal lain yang harus disertakan dalam program penurunan berat badan Anda yaitu terapkan pola makan yang sehat dan teratur serta tidak makan sembarangan. Hindari makan berlebihan dan makanan yang minim gizi.

4. Jalan kaki sebagai usaha untuk peningkatan kuatnya sistem kekebalan tubuh Anda

Ya, tubuh kita pasti sudah diberi Tuhan sebuah sistem kekebalan tubuh yang luar biasa canggih. Untuk menjaga dan meningkatkan sistem tersebut perlu upaya dari diri kita untuk dapat terus mengelolanya dengan baik. Bagaimana caranya? Dengan berjalan kaki, Anda sudah melakukan upaya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lakukan aktivitas jalan kaki sebentar saja sekitar 30 menit dalam sehari. Insya Allah, tubuh Anda akan lebih kebal dan mampu menangkal penyakit dari luar. Jika Anda rutin melakukan jalan kaki ini, tubuh Anda akan lebih enak dan tidur Anda pun terasa lebih nyenyak dan tidak ada peluang dalam hal kesulitan tidur. Disaat itulah tubuh Anda melepaskan zat kimia khusus agar Anda merasa lebih enak dan baik.

5. Hilangkan stress dengan jalan kaki

Anda mungkin sedikit terkejut dengan fungsi jalan kaki dapat menghilangkan pikiran yang stress atau tertekan. Ini bagus untuk Anda yang sering mengalami masalah dalam urusan pekerjaan, rumah tangga atau pertemanan dan lainnya. Cobalah lakukan jalan kaki sekedar mengurangi pikiran stres atau untuk merangsang timbulnya pikiran positif.

Gerakan tubuh apapun termasuk jalan kaki akan membuat tubuh meluncurkan hormon endorfin yang berkhasiat untuk membuat Anda merasa nyaman, tenang dan bahagia. Segala masalah yang berkaitan dengan pikiran seperti stess, depresi, mood jelek, dan sedih bisa Anda kurangi atau hilangkan dengan berjalan kaki hanya dalam waktu 30 menit saja.

6. Rawat tulang Anda dari osteoporosis

Banyak yang malas jalan kaki dan menggunakan kendaraan seperti sepeda, sepeda motor dan bahkan mobil untuk jarak yang terbilang dekat. Oleh sebab itu, orang menjadi kurang bergerak, khususnya gerakan pada bagian kaki apalagi rutin mendapatkan manfaat jalan kaki pagi.

Padahal kaki itu adalah salah satu bagian tubuh penting yaitu untuk menopang tubuh agar bisa berdiri dan berjalan. Apa hubungannya dengan jalan kaki dan osteoporosis? Nah begini, jalan kaki berarti menggerakan kaki secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Ini berarti kita telah melakukan gerakan untuk kaki dan tidak terkecuali tulang juga.

Jika tulang selalu rutin melakukan gerakan, maka tulang akan semakin kuat dan padat. Disamping itu pula, Anda sudah mempermudah proses penyerapan kalsium ke dalam tulang Anda. Keren kan? Nah untuk itulah kita disarankan untuk sering berjalan kaki agar kaki kita terlatih dan semakin kuat. Tidak cuma itu, otot dan urat syaraf pada kaki pun akan semakin sehat. Olahraga jalan kaki dapat membuat tulang menjadi sehat. Apakah Anda mau tulang Anda sehat? Jawabannya pasti “Ya”.

Masih belum puas dan cukup apa saja manfaat yang telah saya sampaikan diatas mengenai kegunaan penting dari berjalan kaki? Oke, akan saya berikan lagi apa manfaat lainnya dari jalan kaki. Berikut manfaatnya:

Dengan berjalan kaki kita sudah melakukan upaya pencegahan penyakit seperti asma, radang sendi, stroke, dan beberapa tipe kanker. Anda sudah pasti tertarik dengan cara pencegahan penyakit diatas yaitu berjalan kaki. Anda tak perlu malu untuk berjalan kaki. Karena manfaat jalan kaki pagi itu tujuannya untuk sehat bukan semata-mata karena gengsi tidak memakai kendaraan.

Biarlah orang memandang remeh Anda yang berjalan kaki. Toh, kita juga yang akan merasakan manfaat sehat dari berjalan kaki. Kapan lagi Anda bisa melakukan olahraga yang murah meriah dan minim peralatan ini?Khasiat jalan kaki pagi juga bisa Anda jadikan target Anda setiap hari supaya tetap memotivasi Anda untuk bergerak atau berolahraga.

Jika Anda masih sering bepergian memakai kendaraan, ada cara mudah untuk tetap bisa berjalan kaki seperti menaruh kendaraan Anda di tempat parkir yang lebih jauh. Mengurangi penggunaan kendaraan untuk jarak yang masih dekat dan bisa dijangkau dengan jalan kaki jika urusan yang bisa diselesaikan secara santai, seperti belanja dan berkunjung ke rumah tetangga.

Jarak dekat pun bisa Anda tentukan sendiri misalnya kurang lebih 1 atau 2 kilometer. Dengan cara seperti itu, Anda sudah melatih diri Anda berolahraga jalan kaki setiap hari tanpa ada beban di pikiran Anda bahwa jalan kaki itu berat atau bikin capek. Mulailah latihan sedikit demi sedikit, nanti Anda akan merasakan tubuh yang sehat dengan modal sedikit dan murah.

Leave a Reply